fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Apa Itu Facebook Creator Studio

Yodik Prastya

Apa itu Facebook Creator Studio jadi salah satu pertanyaan yang sering muncul di kalangan social media marketer. Tak salah karena alat yang satu ini menjanjikan sebagai asisten untuk pengelolaan media sosial yang lebih efisien. Tak hanya itu, fitur ini juga dapat membantu pekerjaan content creator.   

Fitur yang bisa diakses di Facebook ini semakin banyak diminati belakangan ini seiring makin pesatnya pemasaran di media sosial.

Hal ini didukung dari kecenderungan orang untuk mencari informasi tentang produk maupun jasa secara online. Pemasar pun berlomba untuk menyediakan konten seperti video maupun livestream untuk mengenalkan produk.

Apa Itu Facebook Creator Studio dan Apa Saja Fiturnya?

Facebook Creator Studio adalah fitur di Facebook yang dihadirkan dengan tujuan memudahkan creator untuk mengelola halamannya.

Meskipun pertama diluncurkan pada 2017, tool manajemen konten khusus Facebook ini baru diumumkan pada 2019. Konon, fitur ini berangkat dari aplikasi Facebook Creator

Beberapa bulan kemudian, Facebook juga menambahkan fitur baru yaitu Instagram Creator Account yang tak jauh berbeda dari Facebook Creator Studio.

Artinya, pengguna tak sekedar bisa mengatur konten di Facebook saja, tetapi juga di Instagram. Mengingat bagaimana pamor kedua media sosial yang masih satu atap tersebut, tak salah jika penguasaan tool ini wajib dimiliki social media marketer.

Facebook Creator Studio hadir dengan sejumlah fitur andalan, antara lain:

Content Library

Dalam pustaka konten ini, pengguna bisa memilah konten berdasarkan tipenya sehingga lebih mudah mengetahui jenis konten mana saja yang sudah diunggah dan mana yang dijadwalkan untuk diunggah.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menyusun konten berkelanjutan, seperti series ataupun playlist.

Insights

Pengguna bisa melihat data analitik yang berguna untuk tujuan marketing di bagian ini. Pengguna bisa menganalisis kinerja konten yang sudah diunggah baik di halaman Facebook maupun Instagram. Selain itu, bagian ini juga memudahkan pengguna untuk melacak income untuk konten yang sudah monetize.

Monetization

Pengguna bisa melihat apa saja syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan penghasilan dari halaman Facebook.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengakses berbagai hal yang diperlukan untuk monetisasi di bagian ini. Tentu saja apabila konten telah disetujui untuk dimonetisasi oleh Facebook.

Live Dashboard

Bagian ini berguna untuk mengelola livestream yang akan dilakukan maupun stream yang selesai. Tentu saja, bagian ini akan sangat bermanfaat bagi kreator yang menggunakan strategi livestream untuk pemasaran mereka.

Sound Collection

Fitur yang ada di menu Creative Tools ini memungkinkan pengguna untuk mengakses koleksi musik yang telah diunduh dan digunakan.

Konten audio ini tentu saja bisa dipergunakan secara gratis dan bebas copyright. Seperti yang diketahui bahwa konten akan lebih berkesan dengan musik.

Inbox

Bagian ini memuat pesan di kotak masuk Facebook Messenger maupun Instagram di satu tempat. Lebih dari itu, pengguna juga bisa mengelola komentar dari fungsi ini yang memungkinkan interaksi dengan audiens jadi lebih mudah.

Bagian ini bisa sangat berguna mengingat engagement dengan audiens adalah hal yang penting di media sosial.

Rights Manager

Fungsi ini membantu kreator dalam melindungi kekayaan intelektual atau hak cipta atas konten yang telah dibuat.

Seperti yang diketahui bahwa copyright dalam proses produksi konten masih menjadi masalah serius. Rights Manager secara otomatis mengenali adanya konten yang mirip sehingga memudahkan kreator untuk segera merespon.

Instagram Content Management

Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk cross-posting ke IGTV sekaligus memantau pesan dan metrik krusial Instagram.

Kesimpulan

Jadi apa itu Facebook Creator Studio bisa dijelaskan sebagai alat yang memudahkan social media manager dan bisnis dalam mengelola konten, baik di Facebook maupun Instagram.

Pengguna bisa mengatur postingan, melihat analitik hingga monetisasi konten di kedua platform tersebut. Tool yang bisa diakses di business.facebook.com/creatorstudio ini juga terbilang mudah digunakan.

Baca Juga