fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Memperbaiki Masalah Error “Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute” pada WordPress

dewabiz

Saat mengelola situs WordPress, Anda mungkin pernah mengalami masalah error yang muncul dengan pesan “Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute”. Error ini seringkali membuat pengguna panik karena tidak dapat mengakses situs mereka. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas penyebab dan solusi untuk memperbaiki masalah error ini.

Apa yang Membuat Munculnya Pesan Error “Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute”?

Meskipun pesan error ini muncul dengan kata-kata yang cukup mengkhawatirkan, sebenarnya penyebabnya cukup sederhana. Pesan ini biasanya muncul ketika Anda sedang melakukan pembaruan (update) pada tema (theme), plugin, atau WordPress itu sendiri.

Ketika pembaruan sedang berlangsung, WordPress secara otomatis mengunci situs Anda dan menampilkan pesan “Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute”. Tujuannya adalah untuk menghindari adanya gangguan saat proses pembaruan sedang berlangsung.

Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Error “Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute”?

Ketika Anda mengalami masalah error ini, langkah-langkah berikut dapat membantu Anda memperbaikinya:

1. Bersabarlah

Ketika Anda melihat pesan error ini, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah bersabar. Pesan ini biasanya hanya muncul dalam waktu yang singkat, biasanya beberapa detik atau beberapa menit. Tunggu beberapa saat dan kemudian coba akses situs Anda kembali.

2. Bersihkan Cache Browser

Jika Anda masih melihat pesan error setelah beberapa saat, cobalah membersihkan cache browser Anda. Cache browser adalah tempat penyimpanan sementara di komputer atau perangkat Anda yang menyimpan salinan situs web. Pada beberapa kasus, cache browser yang kotor dapat menghalangi akses ke situs yang sedang dalam pembaruan. Membersihkan cache akan memaksa browser untuk memuat ulang situs dengan versi terbaru.

3. Hapus File .maintenance

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, file .maintenance mungkin menjadi penyebab masalahnya. File ini digunakan oleh WordPress untuk mengunci situs selama pembaruan sedang berlangsung. Terkadang, file ini tidak dihapus secara otomatis setelah pembaruan selesai, yang mengakibatkan pesan error muncul.

Untuk menghapus file .maintenance, Anda perlu mengakses situs Anda melalui FTP (File Transfer Protocol) atau melalui file manager di panel kontrol hosting Anda. Cari file .maintenance di direktori utama situs Anda dan hapus file tersebut. Setelah itu, coba akses situs Anda kembali dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.

4. Perbarui Tema dan Plugin dengan Manual

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk melakukan pembaruan tema dan plugin secara manual. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengunduh versi terbaru dari tema atau plugin yang ingin Anda perbarui dan mengunggahnya melalui FTP atau file manager. Setelah itu, aktifkan kembali tema atau plugin tersebut dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

5. Perbarui WordPress secara Manual

Jika masalahnya masih persisten, kemungkinan besar ada masalah dengan pembaruan WordPress itu sendiri. Untuk memperbarui WordPress secara manual, Anda perlu mengunduh versi terbaru dari situs resmi WordPress (wordpress.org) dan mengunggahnya melalui FTP atau file manager. Pastikan untuk membuat backup situs Anda sebelum melakukan pembaruan ini.

Penutup

Error “Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute” pada WordPress memang dapat membuat pengguna khawatir, tetapi sebenarnya masalah ini dapat diatasi dengan langkah-langkah yang sederhana. Bersabarlah, bersihkan cache browser, hapus file .maintenance, perbarui tema dan plugin dengan manual, atau perbarui WordPress secara manual. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memperbaiki masalah error ini dan kembali mengakses situs WordPress Anda dengan normal.

Baca Juga