fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

GeneralBusiness

7 Langkah Mudah Dalam Membuat Website Toko Online

Yanti puspita

Membuat Website Toko Online – Internet membuat banyak hal menjadi lebih mudah. Dulu produk hanya dijual di toko fisik saja, kini siapapun bisa menjual produk tanpa menyewa toko. Sekarang, Salah satunya adalah dengan membuat website e-commerce.

Bahkan, kini Anda tidak perlu lagi menyewa jasa web developer atau desainer untuk membuat website toko online. Dalam dunia website dari pemula hingga profesional, Anda bisa membuat toko online secara instan, mudah dan tanpa programming.

Itu sebabnya kami menyiapkan artikel ini yang menjelaskan 7 langkah mudah dalam membuat website toko online sendiri. Mari kita mulai penjelsannya dibawah ini!

Membuat Website Toko Online

Di bawah ini kami membahas bagaimana Anda dapat dengan mudah membuat website toko online Anda sendiri.

Ada 7 langkah untuk membuat situs web e-niaga atau toko online: 

  • Beli nama domain dan hosting web.
  • Instal WordPress.
  • Instal plugin toko online.
  • Perbaiki desain toko Anda.
  • Mulai memasukkan produk.
  • Perkenalkan bisnis Anda dan mulailah menjual produk.

Kami menjelaskan poin-poin tersebut di bawah ini. Pastikan Anda mengikutinya dengan cermat dan tidak meninggalkan apa pun, penjelasan dari kami? 

1.      Beli nama domain dan hosting web

Tentu saja, untuk membuat situs web e-niaga pertama Anda, Anda harus memiliki nama domain dan berlangganan situs web.

Banyak penyedia layanan saat ini menawarkan layanan ini baik secara individual maupun paket. Tapi tentu saja Anda harus mencari yang terbaik, terutama dalam hal dukungan.

Pastikan hosting yang Anda pilih dapat ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan bisnis online Anda. Lebih baik lagi jika hosting Anda mendukung WordPress. Selain itu, dalam tutorial ini, kami akan menggunakan platform tersebut untuk membuat situs web e-niaga.

Jika Anda bingung memilih nama domain, coba tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan:

  • Akankah nama ini mampu menarik perhatian calon pembeli?
  • Dapatkah nama domain saya mewakili pasar atau produk yang saya targetkan?
  • Apakah nama yang saya pilih memang memiliki arti lain yang biasanya negatif?

Kami juga menyarankan untuk tidak terpaku pada satu ekstensi. Misalnya, jika tokoonlinesaya.com sudah tidak tersedia, Anda dapat mencoba ekstensi lain seperti tokoonlinesaya.online atau tokoonlinesaya.shop.

Setelah Anda membeli nama domain dan memilih layanan hosting web, Anda dapat melanjutkan untuk membuat toko online berikutnya yang menginstal WordPress.

2.      Instal WordPress

Lanjutkan untuk membuat situs web e-niaga berikutnya yaitu: instal WordPress, yang akan digunakan sebagai platform dasar untuk situs web dan toko Anda. Anda dapat dengan mudah menginstal WordPress! Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke hPanel dan temukan menu “Instalasi otomatis” di bawah bagian “Situs Web”.
  • Klik ikon WordPress lalu masukkan informasi yang diminta.
  • Setelah memasukkan informasi, klik Instal.
  • Setelah siap, Anda telah berhasil menginstal WordPress. 

Setelah WordPress berhasil diinstal, Anda akan menerima email dengan kredensial WordPress Anda. Gunakan informasi ini setiap kali Anda masuk ke dasbor WordPress Anda. Beberapa halaman lain yang harus ada di situs web e-niaga Anda adalah:

  • Home atau Beranda
  • Pengiriman Informasi
  • Pertanyaan yang Sering Diajukan
  • Pelayanan pelanggan
  • blog

Untuk situs web yang lainnya seperti: halaman belanja, halaman pembayaran, dll. Platform elektronik Anda akan menyiapkannya secara otomatis. Platform yang kami gunakan di sini adalah WooCommerce, yang membantu Anda membangun halaman yang dibutuhkan situs web toko online Anda agar berfungsi dengan baik.  

3.      Instal plugin toko online (WooCommerce)

Langkah selanjutnya adalah menginstal WooCommerce, plugin WordPress gratis yang akan mengubah situs web Anda menjadi situs web bisnis yang lengkap.

Plugin ini sudah dimuat dengan banyak fitur, jadi Anda tidak memerlukan plugin lain. Selain itu, WooCommerce memiliki pustaka plugin berbayar yang dapat Anda beli untuk mengaktifkan lebih banyak fungsi di toko Anda.

Setelah itu, semua file WooCommerce yang diperlukan akan dibuat. Faktanya, WooCommerce memungkinkan Anda mengaktifkan pemroses pembayaran seperti Stripe dan PayPal. Sejauh ini mudah bukan cara membuat toko online dengan WooCommerce? Sekarang mari kita lanjut ke langkah selanjutnya yaitu mendesain layout website toko online Anda.

4.      Perbaiki desain toko Anda

Untuk merancang situs web e-niaga dengan opsi penyesuaian tema WordPress. Karena WooCommerce merupakan plugin WordPress yang cukup populer, sebagian besar tema WordPress kompatibel dengan perangkat lunak ini.

Namun, perlu diingat bahwa ketika Anda sedang membangun toko online, Anda harus memilih tema khusus untuk WooCommerce.

Berbagai tema WordPress dirancang untuk memaksimalkan potensi dan kinerja WooCommerce. Selalu ada tema yang sempurna untuk situs web belanja Anda, berapa pun harganya. Berikut ada tiga link yang bisa Anda jadikan referensi untuk memilih tema website sesuai toko online Anda:

  • Tema ThemeForest WooCommerce.
  • Pustaka tema WooCommerce.
  • Perpustakaan Tema WooCommerce WordPress.

Untuk panduan dalam membuat website toko online ini, kami akan menggunakan tema etalase WooCommerce gratis. Untuk informasi selengkapnya tentang menyiapkan tema toko, lihat tutorial WooCommerce di situs web resmi. 

5.      Mulai memasukkan produk

Setelah menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya untuk membuat website toko online, Anda sudah siap untuk memulai menambahkan produk.

Anda dapat menambahkan produk sebanyak yang Anda inginkan ke WooCommerce. Namun, jika Anda baru mencoba dalam membuat website toko online, coba masukkan produk terlebih dahulu. Setelah terbiasa, Anda dapat membuat daftar produk dengan penyesuaian tambahan sesuai keinginan Anda. 

6.      Perkenalkan bisnis Anda dan mulailah menjual produk

Ketika semua langkah di atas telah berhasil diselesaikan, saatnya untuk mulai mempromosikan toko online Anda dan mulai menjual produk! Tetapi setelah membuat situs web e-commerce Anda, apakah Anda terlebih dahulu memastikan semuanya sudah beres?

Periksalah kembali website toko online Anda untuk memastikan tidak ada yang error dan proses checkout atau order dapat berjalan dengan lancar.

7.      Gunakan Payment Gateway

Ketika Anda telah menyelesaikan semua metode pembuatan situs web penjualan di atas, toko online Anda siap digunakan. Namun, untuk mempermudah proses pembayaran konsumen, Anda dapat mencoba plugin gateway pembayaran WooCommerce terbaik.

Payment gateway adalah alat pembayaran yang digunakan untuk transaksi online. Saat ini, banyak pasar dan toko online menggunakan gateway pembayaran. 

Kesimpulan

Membuat toko online sendiri membutuhkan usaha dan kerja keras. Untungnya, artikel ini memberikan informasi dan ikhtisar tentang 7 langkah mudah dalam membuat website toko online dari awal. Dengan memanfaatkan toko online atau E-niaga memungkinkan Anda membangun kerajaan bisnis dari modal kecil dan kemudian mengembangkannya menjadi situs e-niaga dengan pendapatan jutaan rupiah. Karena e-marketing tidak pernah mati dan terus berkembang, ini adalah jaminan bahwa bisnis Anda dapat berkembang di tahun-tahun mendatang.

Sebelum kita mengakhiri artikel ini, ingatlah bahwa pelanggan adalah “roda” bisnis Anda. Mereka juga memutuskan apakah perusahaan Anda dapat terus beroperasi atau bahkan bangkrut. Jadi perlakukan mereka seperti orang spesial.

Bangun hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda dan bantu mereka saat mereka memiliki masalah. Jangan tinggalkan pelanggan setia Anda.

Jadi kapan waktu terbaik untuk membuat toko online? Sekarang! Teliti dan kumpulkan ide produk. Temukan petunjuk tentang cara membuat toko online. Buat produk MVP. Kemudian dapatkan toko online Anda dan lakukan penjualan pertama Anda!

Baca Juga