fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Membuat Jadwal Maintenance Yang Tepat Untuk Website Anda

Yodik Prastya

Tidak bisa dipungkiri lagi proses maintenance website perlu anda lakukan secara berkala. Pastinya proses yang perlu dilakukan cukup memakan waktu bagi anda yang dipenuhi oleh beragam kesibukan. Meskipun begitu jangan merasa khawatir karena sekarang sudah tersedia jadwal maintenance paling tepat pada sebuah website.

Pembuatan jadwal maintenance secara teratur menjadi langkah terbaik agar mampu menjaga kualitas sekaligus keamanan websitenya. Hanya dengan membuat jadwal maintenance pastinya bukan suatu masalah yang mengganggu penggunanya.

Jadwal Maintenance Paling Tepat Untuk Website

Sebetulnya jadwal maintenance yang teratur bisa anda lakukan setiap bulan bahkan tiga bulan sekali. Semuanya sudah pasti tergantung pada kebutuhan sekaligus kompleksitas websitenya. Selain itu jadwalnya juga harus disesuaikan menurut perubahan konten website.

Pada jadwal maintenance, pemilik websitenya mampu lakukan beragam tindakan penting. Seperti halnya backup data, perbarui CMS maupun plugin, perbaiki broken link serta error 404, penghapusan konten tidak relevan bahkan lainnya.

Pembuatan jadwal maintenance website memang perlu diperhatikan sebaik mungkin. Adapun beberapa rekomendasi jadwal maintenance paling tepat untuk website yakni:

Maintenance mingguan

Tujuan dari pemeliharaan website mingguan ini tak lain hanya untuk melakukan pencegahan pada permasalahan yang sering menumpuk dikarenakan tidak mampu ditangani dengan lebih cepat.

Pertama anda harus mampu melakukan pemeriksaan pada seluruh halaman website akankah masih bisa diakses ataukah tidak. Pengunjung website tentu saja bakalan merasa kecewa jika mereka temukan halaman rusak.

Selain itu ada perlu lakukan update komponen website lainnya. Seperti halnya plugin maupun tools yang lain.  Lakukan penghapusan komentar tidak pantas supaya tidak terbaca pengunjung websitenya.

Maintenance bulanan

Website dengan maintenance bulanan ini mampu membantu anda meraih tujuan secara efektif. Baik terkait peningkatan jumlah transaksi, peningkatan trafik blog bahkan pemantauan performa SEO.

SEO tentu saja menjadi kunci peringkat paling tinggi yang berada pada mesin pencari. Dalam maintenance bulanan ini anda perlu melakukan pemeriksaan performa SEO website. Apabila performanya terkesan kurang baik sebaiknya segera perbaiki agar jumlah pengunjungnya mengalami peningkatan. Sehubungan dengan itu maka anda juga perlu melakukan pembaruan konten dalam website. Jangan lupa berikan tambahan deskripsi produk ataupun artikel dengan tema tertentu.

Jangan sampai lupa juga melakukan pengetesan kecepatan load page. Apabila kecepatan dari load page optimal dan cepat tentunya mampu menjadikan pengunjung website merasa semakin nyaman.

Maintenance per kuartal

Melakukan maintenance di sebuah website memang perlu dilakukan setiap satu kuartal tahun. Tentu saja cara ini terfokus dengan beragam aspek jangka panjang. Semisal saja terkait waktu aktif domainnya sampai dengan desain utama dari tampilan websitenya.

Usahakan anda mampu memastikan masa aktif dari domain tetap berjalan. Pastikan pula akankah informasi kontak dalam halaman website terbilang masih aktif atau tidak. Jadi ketika pengunjungnya berkeinginan menghubungi anda mereka mampu melakukannya kapan pun dengan lebih mudah.

Ada baiknya pula anda lakukan pembaruan pada tampilan maupun desain websitenya setiap 3 bulan sekali. Sebab tampilan maupun desain website mempunyai trend sendiri yang mampu menarik perhatian para pengunjungnya.

Jadi usahakan anda mampu membuat jadwal maintenance paling tepat untuk website menurut kebutuhan. Bagaimana pun juga perawatan pada website memang penting dilakukan. Jangan sampai nanti website anda sepi pengunjung hanya karena tidak pernah dimaintenance.

Pentingnya maintenance pada website ini memang dibutuhkan oleh para pengelola web ataupun blog. Apabila ada hal sekecil apapun yang terabaikan nantinya mampu menjadi boomerang untuk anda.

Jika memang semua hal yang tersedia di atas sudah anda lakukan dengan baik da benar. Secara perlahan pun web memperoleh rangking terbaik pada hasil pencarian mesin pencari. Seperti halnya bing maupun google.

Baca Juga