fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Manfaat Menerapkan Accelerated Mobile Pages atau AMP Pada Website

Yodik Prastya

Bagi pengelola website, kamu pasti tahu kalau sekarang Google sudah memasukkan mobile-friendliness sebagai kriteria yang menentukan ranking suatu website. Selain itu, Google pun mengenalkan Accelerated Mobile Pages (AMP) yang memberi banyak manfaat. Lantas, apa manfaat menerapkan Accelerated Mobile Pages?

Tentu saja, Google mengenalkan AMP ini bukan tanpa tujuan. Jadi saat menerapkannya, kamu bisa mendapatkan cukup banyak keuntungan dari AMP ini. Kalau ingin tahu AMP secara lebih detail, baiknya simak sini!

Manfaat Menerapkan Accelerated Mobile Pages

Kamu pasti sudah tahu kalau ada hubungan yang signifikan antara kecepatan website, ranking, dan page views. Jadi, ketika website loadnya cepat, maka orang akan lanjut melihat laman lain yang ada di website.

Bounce rate pun bisa berkurang dengan hal tersebut. Saat bounce rate rendah, Google akan menambahkan poin pada laman website. Dengan begitu, kamu bisa dapat ranking yang tinggi di laman pencarian.

Sebenarnya, ada cukup banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh memakai AMP. Berikut ini keuntungannya:

1. Waktu Loading Lebih Cepat

Siapa sih yang nggak suka kalau website yang kamu kunjungi bisa lebih cepat? Seperti yang telah sering dibahas, kecepatan website merupakan faktor signifikan pada SEO.

Konten yang bagus juga penting, tapi kalau laman websitemu lambat dan susah diakses, maka siapa juga yang mau membacanya.

Menurut sebuah studi, delay 1 detik di browser saja bisa ngurangin conversion rate sampai 3,50% dan pageviews juga berkurang. Maka dari itu, kamu wajib memastikan kalau laman browser harus cepat.

AMP bisa bantu kamu untuk mencapai hal tersebut. Ingat, setiap orang saat ini punya cara yang berbeda untuk mengkonsumsi konten.

Sudah ada berbagai konten baru setiap hari. Kalau laman mobile browsermu kelamaan, mereka akan mencari konten di website lain.

2. Meningkatkan Ranking SEO

Walaupun AMP bukanlah faktor ranking, tapi karena AMP meningkatkan waktu loading serta mobile friendly, maka nantinya ranking SEO pun bisa meningkat.

Jadi, website yang memakai AMP pasti dapat poin lebih dari Google jika dibandingkan dengan website yang lambat dan juga nggak responsif.

3. Visibilitas yang Lebih Tinggi

Google menandai hasil pencarian yang punya AMP. Umumnya mereka pun muncul pada bagian atas hasil pencarian. Dengan gitu, artikel juga website milikmu bisa dapat visibilitas lebih tinggi.

Selain itu seperti yang telah disebutkan, SERP Google juga menampilkan AMP pada format carousel serta gambar yang cukup besar. Hal ini tentunya bisa menarik perhatian user serta konten yang muncul pada carousel akan memperoleh traffic yang tinggi.

4. AMP Mendukung Ads

AMP pun juga mendukung Ads. Tujuannya yakni agar bisa menampilkan Ads dengan loading cepat serta punya konten yang bagus dan juga menarik perhatian dari user. Hal ini tentu bisa bantu advertiser meningkatkan influence serta meningkatkan ROI.

5. Analytics untuk Pengunjung AMP

Sekarang, hampir semua pemilik website tentu ingin untuk melacak perilaku pengunjung websitenya. Kamu tidak perlu khawatir karena AMP ini juga mendukung hal tersebut.

Kamu bahkan bisa memilih satu dari dua tag yang tersedia. Tag ini pun bekerja untuk melakukan pelacakan data pengunjung website seperti conversion, jumlah pengunjung, tracking video, link, dan lainnya.

Penutup

Itulah beberapa manfaat menerapkan Accelerated Mobile Pages yang harus kamu dapatkan. Sudah terpikir untuk menerapkan AMP-nya?

Baca Juga