fbpx

Cara Memilih Lokasi Server Terbaik untuk Hasil Maksimal

Banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum menyewa/membeli , misalnya soal kualitas atau harganya. Tidak kalah penting adalah pertimbangan . Untuk itu, penting mengetahui cara memilih lokasi server terbaik.

Memilih Lokasi Server Terbaik

lokasi server terbaik

Ada beberapa cara memilih lokasi server terbaik untuk meraih hasil terbaik pula. Berikut tips selengkapnya untuk Anda.

1. Target Audiens

Mengenal target audiens menjadi cara pertama untuk memilih tempat server . Pastikan Anda mengetahui lokasi calon visitor yang akan berkunjung ke website Anda.

Visitor website sebagai target audiens harus masuk dalam kalkulasi yang cermat untuk memastikan Anda tidak salah memilih lokasi server.

Bila perlu, coba Anda buat kelompok target audiens berdasarkan asal mereka. Misalnya, jika target visitor kebanyakan orang Indonesia maka lokasi server terbaiknya tentu di Indonesia.

Sebaliknya, jika yang menjadi target audience website Anda adalah pengunjung luar negeri, memilih server yang berlokasi di Singapura adalah paling recommended.

Pertimbangan menggunakan server Singapura tentu bukan hanya karena lokasi yang tepat namun juga punya akses yang  jauh lebih cepat ketimbang server di Indonesia.

2. Jenis Website

Setelah mengenali target audiens tips memilih lokasi server terbaik selanjutnya adalah dengan mengenali jenis website. Hal ini penting untuk memastikan website yang Anda buat sesuai target yang Anda harapkan.

Ada banyak pilihan jenis website yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya company profile, toko , sistem informasi, atau website/ pribadi.

Memilih jenis website yang tepat sekaligus mempermudah Anda saat Anda harus memilih lokasi server yang menguntungkan dari sisi .

Baca Juga :  Cara Order Semi Dedicated Hosting di DewaBiz

3. Kecepatan Akses

Untuk Anda yang akan mengelola website, soal kecepatan akses ini harus Anda perhatikan dengan baik. Sebab, akses yang cepat akan sangat menentukan keberhasilan website Anda ke depan.

Untuk itu, Anda harus tepat dalam memilih IP server agar kecepatan akses tetap maksimal. Dalam hal ini, pemilihan lokasi yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses.

Misalnya, jika target pengunjung website Anda tinggal di Indonesia, sebaiknya Anda menggunakan IP Indonesia.

Sebaliknya, jika yang menjadi target adalah pengunjung luar negeri, menggunakan server luar negeri adalah pilihan tepat. Sebab, semakin dekat server dengan pengunjung semakin tinggi pula kecepatan aksesnya.

4. Dekat dengan Internet Exchange

Keberadaan exchange di Indonesia semakin mempercepat akses internet bagi para pengguna di Indonesia.

Sebab, sebagai penghubung internet dari berbagai ISP di Indonesia, internet exchange akan menghubungkan internet secara langsung. Jadi, tidak perlu connected ke luar negeri dulu baru connected di Indonesia.

Konsep internet exchange ini kini makin populer karena punya dampak yang lebih besar terhadap kecepatan akses ke lokasi server hosting di Tanah Air.

5. Budget

Tips memilih tempat server terbaik yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan dengan isi kantong Anda. Jadi, sesuaikan budget Anda, sebab lokasi server akan menentukan biaya sewa.

Untuk Anda yang punya target pengunjung visitor Indonesia, pilihan terbaiknya adalah server Indonesia. Memang harganya lebih mahal, tapi punya akses yang lebih cepat.

Di pasaran, harga Indonesia sedikit lebih tinggi dibanding server Amerika Serikat (USA) dan Eropa.

Kecuali untuk target pengunjung luar negeri, server USA punya akses lebih cepat lantaran berlokasi di pusat server dunia.

Baca Juga :  Apa itu SEO Off Page? Pengertian, Manfaat dan Cara Optimasinya

Perlu Anda ketahui, saat ini terdapat tiga lokasi server hosting yang banyak digunakan pengguna internet, yakni server yang ada di USA, Singapura, dan Indonesia.

Untuk Anda yang sedang memilih lokasi server terbaik, beberapa tips diatas bisa Anda lakukan. Jika Anda tidak mau repot-repot, bisa menghubungi DewaBiz untuk pilihan jasa server hosting terbaik.