fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Layout Website? Unsur, Elemen dan Tujuan Pembuatannya

Yanti puspita

Tentu saja, jika Anda berkecimpung di dunia blogger, istilah layout website sudah tidak asing lagi. Sederhananya, layout adalah tata letak. Oleh karena itu, dunia desain membutuhkan layout website yang menciptakan tata letak antara teks dan gambar yang enak dipandang.

Beberapa elemen diperlukan untuk membuat sebuah layout . Misalnya: teks, gambar, bentuk, garis, margin, dll. Selain elemen-elemen tersebut, layout terdiri dari beberapa bagian, dimulai dari header, konten, sidebar, dan diakhiri dengan footer.

 Ingin tahu lebih banyak tentang tata letak situs web? Simak informasinya di artikel ini.

Apa Itu Layout Website dan Unsur Layout Website

Layout website adalah sekumpulan elemen atau variabel desain yang terkait dengan media tertentu untuk mendukung konsep pembuatan situs web. Pada dasarnya, tujuan penggunaan layout website adalah untuk menggabungkan elemen-elemen seperti gambar dan teks dengan cara yang mudah dipahami.

Hal ini memungkinkan pengguna internet yang mengakses layout tersebut dapat dengan mudah memahami data dan informasi yang terdapat dalam website.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat mendesain tata letak ini. Jika layout ini tidak terbaca dengan baik oleh pengguna, maka desain layout menjadi kurang menarik dan kurang efektif.

Pada dasarnya, layout website ini berfungsi sebagai template untuk konten, yaitu bentuk desain tampilan website yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sekarang tinggal membeli nama domain dan hosting yang dapat diandalkan untuk diakses oleh pengguna.

Unsur yang Terdapat Dalam Tata Letak Situs

Tata letak situs web anda harus menyertakan beberapa elemen selain elemen di atasnya, mulai dari header, navigasi, sidebar, hingga footer. Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk membantu anda memahami perbedaan antara elemen-elemen tata letak situs web.

Header

Pada header, perancang tata letak dapat menempatkan logo situs, navigasi situs, ikon media sosial, menu pencarian di ruang ini.

Navigation

Navigasi dapat didefinisikan sebagai papan petunjuk. Navigasi situs dapat berupa menu yang ditampilkan di bagian atas halaman situs hingga menu pendukung lainnya yang biasanya ditampilkan di bagian bawah situs.

Content/Body

Selain itu, ada elemen konten/badan, biasanya diisi dengan informasi produk, fitur produk, dan deskripsi produk yang dijual.

Sidebar

Unsur selanjutnya adalah sidebar. Faktanya, para penyelenggara telah berhenti menggunakan unsur ini. Hal ini di karenakan sidebar hanya membuat website-nya terlihat buruk. Namun, beberapa halaman artikel masih menggunakan sidebar yang terisi dengan informasi produk, produk terpopuler, dan navigasi tambahan.

Footer

Unsur terakhir adalah footer. Pada bagian footer, penyelenggara membaginya menjadi 2-4 bagian. Pertama, logo dan deskripsi singkat tentang situs. Bagian kedua, informasi kontak. Ketiga terisi dengan ikon media sosial. Dan bagian keempat penuh dengan navigasi situs tambahan.

Elemen Dalam Layout Website

Berikut ini adalah elemen-elemen yang terdapat pada layout website yang perlu anda ketahui:

Layout

Elemen pertama dari layout website tentu saja adalah layout. Elemen ini adalah tata letak atau susunan utama di mana halaman web terbentuk. Selain itu, elemen ini juga merupakan yang paling penting karena mengatur seluruh tata letak desain web untuk pengalaman pengguna.

Whitespace

Spasi digunakan untuk membuat informasi data lebih mudah di baca oleh mata manusia. Spasi juga mencakup arti ruang yang memisahkan bagian layout dari elemen atau unsur layout lainnya. Hal ini tidak terlepas dari situs webnya, ruang informasi pengguna.

Ada fungsi jeda di dalam ruang kosong ini untuk memungkinkan informasi ini di proses secara efisien oleh mata pengguna. Bahkan, item ini juga bisa di sebut sebagai penetral mata pengguna.

Font

Selanjutnya Font, yakni jadi faktor penting berikutnya yang akan menjadi bagian utama dari tata letak situs web anda. Font adalah jenis huruf yang anda pilih untuk teks lisan dalam desain web anda. Selain itu, anda harus sangat berhati-hati dalam memilih font dan mempertimbangkan keterbacaannya.

 Jangan memilih font yang sulit dibaca oleh pengguna. Hal ini hanya akan membuat pengguna merasa tidak nyaman saat mengakses informasi di website.

Teks

Teks adalah elemen yang berisi karakter. Setelah memilih font yang sesuai, elemen teks ini menampilkan informasi dan data tulisan tangan di halaman web sehingga pengguna dapat membacanya saat dipanggil.

Gambar

Elemen terakhir dalam layout website anda adalah gambar. Gambar yang di sertakan akan di tampilkan pada halaman web. Untuk menghindari kerusakan gambar, pastikan gambar anda beresolusi tinggi sehingga pengguna dapat melihatnya dalam kualitas terbaik.

Tujuan Dari Pembuatan Layout Website

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, layout website berguna untuk membantu anda membuat informasi lebih mudah di akses oleh para pembaca. Tetapi apakah anda berencana untuk membuat tata letak situs web yang berbeda? Berikut ini adalah informasi lebih lanjut yang harus anda ketahui.

Meningkatkan Tampilan Website

Fungsi utama dari layout ini adalah untuk meningkatkan tampilan dan nuansa desain website sehingga pengguna dapat mengaksesnya dengan nyaman. Dengan tampilan yang menarik, pengguna akan merasa lebih nyaman berada di halaman tersebut, terutama ketika menggunakan elemen dengan pola desain kubus.

Selain itu, tampilan web yang menarik akan meningkatkan nilai interaksi audiens untuk mengakses informasi penting yang terdapat pada konten web.

Mempermudah Akses Dari Pengunjung

Salah satu tujuan dari layout website untuk sebuah situs web adalah untuk memudahkan pengunjung dalam membaca informasi dan mengisi formulir tertentu (user experience). Bayangkan jika anda membuat website dengan user interface yang rumit dan fitur-fitur yang sulit di akses, tentu akan berpengaruh pada kepuasan pengguna.

Jadi saat mendesain website anda, pastikan user interface atau tata letaknya sederhana dan mudah di mengerti. Tujuannya adalah agar pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi dan data yang di sajikan dalam website.

Mempermudah Penyampaian Informasi Kepada Pengunjung

Ketika seseorang menggunakan situs web, itu di maksudkan untuk mendapatkan informasi berharga tentang topik tersebut. Dengan menggunakan tata letak situs web di situs web, semua informasi mudah di komunikasikan dan dibaca oleh masyarakat umum.

Mempermudah Pemeliharaan Website

Tentu saja, ada faktor lain yang perlu di pertimbangkan saat membuat situs web anda, seperti: Perbaikan dan Pemeliharaan Situs Web. Selain itu, kecepatan akses pengguna akan menjadi lambat jika situs web ini tidak di optimasi secara teratur.

Pengaturan ini menyederhanakan pemeliharaan rutin dan perbaikan jaringan. Hal ini tidak terlepas dari proses pembuatan layout yang sangat sederhana dan ramah pengguna untuk situs webnya. Ini berarti anda tidak perlu memasukkan kode yang rumit saat melakukan pemeliharaan rutin.

Anda hanya perlu mengubah beberapa tata letak dan tag utama untuk memperbarui tampilan situs anda dan membuatnya lebih menarik bagi audiens anda.

Menyederhanakan Proses Pembuatan Website

Tentu saja, membuat situs web secara manual atau memprogramnya satu per satu akan memakan waktu dan tidak efisien. Jika anda hanya memiliki satu bagian yang rentan terhadap kesalahan, anda harus mengubah pengkodean beberapa bagian lain untuk membuat halaman anda bebas dari kesalahan.

Hal ini sangat berbeda dengan membuat situs web menggunakan layout website. Tata letak ini memungkinkan anda untuk menggabungkan beberapa bagian dari situs web anda sehingga bagian inti adalah variabel utama.

Tentu saja, hal ini menyederhanakan proses pengkodean dan implementasi situs web. Selain itu, hal ini merampingkan proses pembuatan website agar mudah dan cepat.

Kesimpulan

Layout adalah peletakan elemen-elemen desain pada suatu bidang media tertentu untuk mendukung konsep atau pesan yang ingin di sampaikan. Tujuan dari layout website adalah untuk memastikan bahwa pesan yang ingin anda sampaikan di website anda tersampaikan dengan baik kepada pengunjung.

Baca Juga