fbpx

Langkah Pendaftaran Domain Website Bagi Pemula

Jika Anda ingin ditemukan di , Anda perlu mendaftarkan nama dan memiliki situs web. Sebelum Anda memiliki website, Anda harus terlebih dahulu menentukan nama domain yang akan digunakan.Setelah bertemu dengan Anda, daftarkan nama domain situs web baru dengan registri domain pilihan Anda.

Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP pada sebuah .Ibarat nama domain ini seperti alamat rumah, jadi domain yang satu dengan domain yang lain memiliki alamat yang berbeda. Siapapun dapat mendaftarkan nama domain, bahkan seorang individu dapat memiliki nama domain sendiri. Anda dapat mendaftarkan nama domain baru untuk sebuah situs web selama belum digunakan oleh orang lain.

Domain membuat situs web dapat diakses oleh semua pengguna internet di belahan dunia mana pun.Jadi domain ini sangat penting, jadi inilah beberapa alasan mengapa penting untuk memiliki nama domain sendiri

1. Tanda Identitas

Website dapat memperkuat branding perusahaan Anda karena mudah ditemukan melalui mesin pencari di Internet. Tidak hanya tersedia secara lokal, tetapi di seluruh dunia. Usahakan untuk menggunakan nama domain yang sesuai dengan nama merek perusahaan agar perusahaan Anda semakin dikenal.

2. Mudah diingat

Pada penjelasan sebelumnya, domain pada awalnya merupakan alamat IP server, kemudian diganti dengan nama domain. Hal ini memudahkan pengunjung website untuk mengingat domain, karena nama domain tidak lagi ditampilkan, melainkan alamat IP. Saat memilih nama domain yang mudah diingat, hindari penggunaan simbol atau angka.

3. Lebih profesional

Ada versi domain gratis. Agar tetap terlihat profesional, gunakan domain TLD seperti .com agar situs Anda lebih mudah ditemukan.

4. Buat email profesional

Pernahkah Anda menerima email kolaborasi menggunakan alamat email domain? Jadi ini adalah email profesional. Anda bisa mengaktifkannya secara langsung, tujuannya untuk membangun kepercayaan saat berkomunikasi dengan melalui email.

5. Meningkatkan pendapatan bisnis

Website dapat meningkatkan pendapatan bisnis untuk merek yang semakin dikenal, sehingga pendapatan meningkat. Anda mungkin membuat situs web dengan tujuan menghasilkan uang dari penempatan konten atau iklan berbayar.Langkah-langkah untuk mendaftarkan nama domainSetelah Anda memahami pentingnya memiliki nama domain bisnis, Anda bisa langsung mendaftarkan nama domain yang sudah Anda miliki.

Namun langkah-langkahnya tidak semudah itu, untuk detailnya silahkan ikuti langkah demi langkah cara mendaftar nama domain:

1. Pilih penyedia domain

Langkah pertama dalam mendaftarkan nama domain adalah memilih penyedia terlebih dahulu. Memang banyak sekali penyedia domain murah di Indonesia saat ini, namun Anda bisa mencari-cari domain yang sudah berpengalaman. Jika bisa, carilah pengalaman puluhan tahun dalam bisnis hosting domain dengan puluhan ribu pelanggan.

Baca Juga :  Produk Jualan Online Terlaris 2022, Paling Banyak Dicari!

2. Periksa ketersediaan domain

Setelah mendapatkan penyedia domain terpercaya, cek saja ketersediaan nama domain. Jika belum digunakan oleh pelanggan lain, Anda dapat langsung membelinya, tetapi jika demikian, Anda dapat mencari alternatif dengan menggunakan ekstensi domain yang berbeda. Alternatifnya kita menggunakan domain Portofolioku.id, juga ada beberapa alternatif lain seperti Portofolioku.net, Portofolioku.org dan lain sebagainya.

3. Pilih perlindungan ID dan server nama

Setelah Anda mendapatkan nama domain, Anda dapat memilih perlindungan whois ID. Fungsi perlindungan Whois ini melindungi data pribadi Anda agar tidak diketahui oleh peretas. Ini opsional apakah Anda dapat menambahkannya atau tidak, tetapi saran kami untuk keamanan yang lebih baik akan ditambahkan sekaligus.Jika anda membeli domain hosting dari salah satu provider maka akan terisi secara otomatis untuk nameserver, namun jika anda memiliki provider lain silahkan masukkan nameserver hosting yang anda gunakan.

4. Selesaikan proses pendaftaran domain

Kemudian silahkan isi semua prosedur administrasi pembelian domain, mulai dari nama dll.

5. Lakukan Pembayaran

Setelah semuanya selesai, Anda hanya perlu membayar domain yang dibeli. Tipsnya, untuk mendapatkan domain yang lebih murah bahkan domain gratis, Anda bisa membeli paket hosting sekaligus. Tetapi jika Anda hanya membutuhkan domain, silakan beli nama domainnya saja. Ada banyak pilihan pembayaran di Qwords, antara lain transfer bank, e-wallet, Alfamart, Indomaret, kartu kredit dan .

6. Konfirmasi kepemilikan domain

Jika pembayaran berhasil, harap verifikasi kepemilikan domain Anda. Biasanya, penyedia domain mengirimkan link verifikasi melalui email.

7. Domain siap digunakan

Terakhir, setelah menyelesaikan proses propagasi DNS, nama domain siap digunakan. Biasanya 1-24 jam setelah domain dibeli dan diteruskan ke server hosting, domain sudah siap digunakan. Ini adalah langkah-langkah untuk mendaftarkan nama domain baru untuk sebuah situs web. Jika Anda mengalami masalah selama proses pendaftaran nama domain, Anda dapat menghubungi penyedia layanan domain secara langsung.

Jangan lupa cek juga masa aktif domain, jangan perpanjang masa aktif agar domain tersebut ditempati orang lain.Saat memilih nama domain, usahakan agar tetap sederhana, mudah diingat, dan terkait dengan bisnis Anda. Tuliskan daftar semua kemungkinan nama yang Anda miliki. Saat mencoba mencari nama yang bagus, pikirkan ide-ide yang berkaitan erat dengan layanan yang Anda tawarkan. Anda juga dapat mencari frasa yang menarik dari brosur atau pamflet .

Baca Juga :  5 Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo Yang Perlu Diketahui

Anda dapat mencoba semua kombinasi yang tersedia dan melakukan pencarian domain di Whois atau salah satu registrar terakreditasi ICANN untuk melihat apakah domain telah diambil. Jika demikian, Anda dapat mencoba yang baru, atau jika Anda benar-benar menginginkan nama domain, Anda dapat mencoba menghubungi pemilik situs web dan menanyakan apakah mereka bersedia menjual domain tersebut kepada Anda. Jika Anda ingin pengguna internet tertentu mengunjungi situs web Anda, pilih nama domain yang terkait dengan kata kunci yang diketik pengunjung.

Mungkin tidak banyak orang yang mengenal konsep subdomain, meskipun mereka menggunakannya hampir setiap hari. Subdomain dibuat di tempat lain, tetapi di server DNS yang memberi daya pada situs web Anda. Perbedaan antara domain biasa dan subdomain adalah bahwa subdomain tidak perlu didaftarkan ke registrar.

Subdomain hanya dapat dibuat setelah domain utama terdaftar sepenuhnya.Anda dapat membuat subdomain sebanyak yang Anda inginkan sesuai dengan pedoman penyedia hosting. Pelanggan harus memahami bahwa jika mereka tidak memperpanjang dalam waktu 24 jam dari tanggal kedaluwarsa, mereka dapat kehilangan kepemilikan domain. Setelah pendaftaran domain kedaluwarsa, itu disimpan dengan domain kedaluwarsa lainnya dan domain dapat dipesan ulang atau dibeli melalui lelang.Jika domain kedaluwarsa tidak diambil, itu akan tersedia lagi untuk pendaftaran ulang.

Jadi, jika Anda lupa memperbarui domain sebelum masa tenggang, masih ada peluang bagus untuk mendapatkannya kembali selama masa tenggang tersebut. Tapi mungkin registrar Anda akan mengenakan biaya tambahan untuk mendapatkannya kembali.Mendaftarkan nama domain yang menyertakan nama merek seperti “Sony”, “Hyundai” atau “Microsoft” tidak dianggap ilegal. Tapi Anda masih bisa melihat jutaan domain seperti itu sepanjang waktu dan digunakan oleh webmaster untuk menipu orang awam, ini tidak diperbolehkan. Memang untuk tujuan rekreasi atau untuk menjalankan hobi blog.

Apple digugat tahun lalu oleh iCloud, sebuah perusahaan berbasis cloud yang berbasis di Phoenix, karena menggunakan nama merek “iCloud”, dan ada ribuan kasus pelanggaran hak cipta nama domain, jadi Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak melanggar apa pun