fbpx

Langkah Membuat Domain Untuk Sekolah

Di zaman yang semakin maju ini, beberapa pekerjaan dilakukan dengan komputer, semua orang seharusnya sudah mulai mengenal internet dan online di sini. Tak terkecuali lembaga pendidikan seperti sekolah.Pada mendukung kegiatan belajar-mengajar untuk mempromosikan keunggulan sekolah, banyak dari mereka telah mulai membuat sekolah.

Selain itu, sejak Indonesia dilanda pandemi Covid-19, keberadaan sangat membantu baik bagi institusi sekolah itu sendiri maupun bagi para siswa.Namun sebelum itu, mari anda kenali dulu apa itu website sekolah, seperti apa website sekolah dan kenapa harus membuat website sekolah dengan domain .sch.id.

Website sekolah adalah website khusus untuk institusi sekolah. Website sekolah juga digunakan sebagai media informasi bagi siswa, orang tua, pendidik bahkan masyarakat luas.Selain berfungsi sebagai media informasi, website sekolah juga dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh atau e-learning.

Saat pandemi Covid-19 datang, sekolah yang sudah memiliki website bisa dengan tenang memantau semua siswanya dan mengatur kegiatan sekolah dari rumah, namun yang tidak membuat website sekolah bingung dan baru menyadari peran penting website sekolah.Oleh karena itu, institusi sekolah saat ini perlu mengetahui betapa pentingnya membuat website sekolah.

Ingatlah bahwa membuat website sekolah sebenarnya mudah dan sekali membuat website akan memberikan banyak manfaat di kemudian hari.Selain membuat website sekolah yang berisi informasi umum tentang sekolah, institusi sekolah juga membuat website sekolah untuk jenis keanggotaan dan untuk sekolah online untuk mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar.

1. Website Sekolah

Website sekolah jenis ini umumnya memberikan informasi tentang sekolah mulai dari alamat, akreditasi, foto terbaik sekolah, informasi penerimaan siswa baru, berita terkini tentang sekolah, serta data siswa, staf pengajar dan kelas/fakultas yang tersedia. / departemen

2. Website Anggota Sekolah

Website sekolah jenis ini memudahkan siswa untuk mengetahui mata kuliah apa yang mereka ambil semester ini, serta menyampaikan informasi nilai dan tugas jika ada mata kuliah online. Pendidik juga dapat dengan mudah memantau siswa dan mengelola kegiatan belajar mengajar.

3. Portal Sekolah

Bagi institusi sekolah yang merasa tidak aman dalam mengadakan kelas offline, sangat disarankan untuk membuat website sekolah seperti itu. Website pembelajaran online sekolah dapat berisi materi untuk dipelajari siswa, mengadakan kursus online langsung hingga upload tutorial untuk siswa.

Anda tidak hanya perlu mengetahui pentingnya membuat website sekolah, tetapi Anda juga perlu mengetahui kriteria penting yang harus dicantumkan pada website sekolah. Salah satunya adalah dengan menggunakan domain terbaik di website sekolah.Domain adalah alamat yang dimasukkan ke dalam bilah agar pengguna dapat mengunjungi tersebut. Jadi nama domain website sekolah harus mudah diingat agar tidak tertukar dengan website sekolah lainnya. Struktur domain adalah ekstensi, biasanya diakhiri dengan alamat situs web seperti .com, .co.id, atau .net.

Baca Juga :  Cara Form Data Input ke PHP

Nah, khusus untuk website sekolah sebaiknya menggunakan ekstensi domain .sch.id. Sebelum mempelajari domain .sch.id, ada baiknya Anda mengetahui apa itu domain. Singkatnya, domain adalah nama untuk identitas situs web apa pun di Internet, yang diketik pengguna di bilah URL saat mencari situs web atau saat mencoba mengunjungi situs web.Domain sch adalah domain yang menandakan bahwa website ini adalah website sekolah. Diambil dari kata “School”, yaitu sekolah dalam bahasa Inggris.

Sedangkan penambahan .id menunjukkan bahwa lembaga sekolah tersebut berada di Indonesia. Oleh karena itu jelas ada domain sch.id di baliknya, yaitu website yang ditujukan untuk sekolah.Membuat website sekolah dengan domain .sch.id menawarkan banyak keuntungan dan oleh karena itu juga sangat direkomendasikan untuk institusi sekolah selain universitas.

Salah satu kelebihan domain .sch.id adalah website dengan domain .sch.id cepat dikenali sebagai website sekolah karena mendapat persetujuan resmi. Website sekolah tampil lebih kredibel dan terpercaya dengan menggunakan domain .sch.id yang secara resmi digunakan oleh banyak website sekolah lainnya.

Selain itu, pengguna website sekolah berdomain .sch.id, baik dosen maupun mahasiswa khususnya yang memiliki email khusus sekolah .sch.id, dapat menggunakan layanan software yang dirancang untuk memudahkan kegiatan sekolah, seperti: B. G Suite For Education , Canva for Education hingga Github for Education. Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang Anda butuhkan, saatnya untuk beralih ke diskusi tentang cara membuat situs ! Berikut langkah-langkahnya:

1. Instal WordPress

2. Masuk ke dasbor WordPress

3. Memasang tampilan situs web sekolah

4. Menambahkan fitur situs web sekolah

5. Buat dan pesan halaman

6. Optimasi Situs Web

Cara membuat website sekolah :

1. Instal WordPress

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menginstal WordPress. Namun, Anda dapat melakukan ini hanya dengan beberapa klik jika panel kontrol yang ditawarkan oleh penyedia web Anda memiliki penginstal otomatis Softaculous.Mudah. Pertama, login ke akun Anda di Area Anggota Dewabiz. Dari halaman beranda, pilih tab Hosting dan klik tombol Kelola untuk akun hosting tempat Anda ingin menginstal WordPress.

1. Instal WordPress

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menginstal WordPress. Namun, Anda dapat melakukan ini hanya dengan beberapa klik jika panel kontrol yang ditawarkan oleh penyedia hosting web Anda memiliki penginstal otomatis Softaculous.Mudah. Pertama, login ke akun Anda di Area Anggota Niagahoster. Dari halaman beranda, pilih tab Hosting dan klik tombol Kelola untuk akun hosting tempat Anda ingin menginstal WordPress.Untuk menginstal WordPress, klik ikon di halaman utama penginstal Softaculous. Jika tidak muncul di halaman, Anda dapat mencarinya menggunakan bilah pencarian di sudut kiri atas.

Baca Juga :  10 Cara Optimasi SEO Dasar Untuk Anda

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi yang diperlukan untuk instalasi WordPress. Anda dapat melihat contohnya pada tangkapan layar di bawah ini.Setelah Anda selesai mengisinya, yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol Install di bagian paling bawah halaman untuk memulai instalasi WordPress. Situs web pertama Anda sekarang sudah selesai. Mudah, bukan?

2. Masuk ke dasbor WordPressDashboard adalah nama untuk panel admin WordPress.

Panel ini memungkinkan Anda untuk mengelola semua aspek situs web termasuk konfigurasi, tampilan, fitur, dan konten.Ada dua cara untuk login atau masuk ke dashboard WordPress. Pertama, Anda dapat mengetikkan nama domain situs web di bilah alamat browser web dengan akhiran /wp-admin. websiteschool.sch.id/wp-admin misalnya.

Metode ini akan membawa Anda langsung ke halaman login WordPress. Masuk dengan alamat email dan kata sandi yang Anda berikan sebelum instalasi. Masuk ke Area Anggota dan klik tombol Kelola di akun hosting web Anda. Pada halaman pengaturan akun hosting, pilih tab Manajemen WordPress dan klik Login WordPress. Dengan cara ini, Anda tidak perlu memasukkan kredensial apa pun dan langsung masuk ke dasbor WordPress.

3. Mengubah tampilan situs web

Tutorial cara membuat website sekolah tentunya belum lengkap jika kita tidak membahas cara memasang tema website sekolah.Faktanya, WordPress menawarkan beberapa tema bawaan. Namun, temanya mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda.Nah, bagian ini mengajak Anda untuk mengganti tema WordPress yang sudah ada. Kabar baiknya adalah semua tema di repositori WordPress gratis untuk digunakan.

Cukup masuk ke dashboard WordPress dan pilih Appearance > Themes dari menu di sisi kiri layar. Kemudian klik tombol “Tambah Baru” yang ditunjukkan pada gambar di bawah untuk menelusuri tema yang diinginkan. Untuk mempermudah menemukan topik, Anda dapat memasukkan kata kunci di bilah pencarian yang tersedia di kanan atas halaman. Misalnya, kami mencari topik dengan kata kunci “sekolah”.

4. Menambahkan fitur

Di WordPress, Anda dapat menambahkan fungsionalitas dengan menginstal plugin. Pilihan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari plugin hingga formulir tampilan hingga sistem pembayaran.Selain itu, semua plugin di repositori WordPress gratis, seperti juga temanya.Untuk menemukan plugin yang Anda inginkan, Anda hanya perlu mengklik Plugins > Add New dari dashboard. Selanjutnya, masukkan kata kunci plugin yang diinginkan ke dalam bilah pencarian di halaman.