fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Kupas Tuntas! Cara Meningkatkan Seo Website dalam Sekejap

Dhian rama

Dewabiz – Sebagai digital marketer, tentu kamu pernah bertanya, bagaimana cara meningkatkan SEO website?’. Cara-cara SEO secara umum adalah rangkaian proses yang dilakukan untuk meningkatkan bisnis dan volume sebuah website, sehingga dapat memaksimalkan presentase closing suatu produk.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan SEO website kamu? Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan website kamu. Kemudian berikut adalah penjelasan.

Cara Meningkatkan SEO Website di Google

1.      Daftarkan Situs Web di Google Search Console

Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Webmaster Tool Google) adalah platform gratis bagi pemilik situs web untuk membahas bagaimana kinerja situs web di ranah organik Google.

Google Search Console memungkinkan Kamu untuk mengetahui disiplin ilmu yang memberikan link ke website Kamu (berkaitan dengan disiplin ilmu), performa website bias mobile, hingga analisa website runner dengan bisnis termegah.

  • Login Akun Google;
  • Buka Alat Webmaster;
  • Klik Tambahkan Properti;
  • pilih “Situs Web”;
  • Pastikan Kamu mengetikkan URL persis yang muncul di Browser;
  • Klik “Lanjutkan”;

Pilih Metode Verifikasi. Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk menguatkan situs web, mulai dari mengunggah baris HTML, penyedia nama domain, link HTML, atau ID Search Google Analytics.

2.      Instal Google Analytics

Selain dari menginstal Google Search Console, Kamu juga perlu menginstal Google Analytics. Fungsi utama Google Search Console adalah untuk mengecek performa website dalam hasil hunting, sedangkan fungsi utama Google Analytics adalah untuk mengidentifikasi gestur pengunjung website.

Dengan Google Analytics, Kamu bisa mengetahui pergerakan pengunjung dari halaman pertama yang mereka kunjungi hingga halaman mana mereka tutup website Kamu.

Selain dari itu, Google Analytics juga akan membantu Kamu mengetahui halaman mana yang menyebabkan transformasi paling banyak dan dimana poin yang kurang optimal.

3.      Kirim Peta Situs

Cara Meningkatkan Seo Website selanjutnya adalah Kirim Peta Situs atau Sitemap. Sitemap adalah daftar yang berisi semua kumpulan situs web yang dapat ditembus oleh pengunjung dan mesin pencari. Dengan peta situs, situs web Kamu akan lebih mudah ditemukan dan didaftar oleh mesin pencari.

Peta situs juga akan memberi tahu mesin pencari ketika ada perubahan struktural di situs web. Membuat peta situs mencakup cara pengantar SEO tetapi memiliki bagian yang sangat penting.

Ada dua jenis peta situs, peta situs XML dan peta situs HTML. Peta situs XML adalah peta situs yang ditembus oleh mesin crawler, sedangkan peta situs HTML ditembus oleh penelepon.

4.      Riset Kata Kunci

Tidak melakukan eksplorasi kata kunci sebelum membuat konten merupakan kesalahan fatal bagi pemilik website dan blog. Eksplorasi kata kunci akan membantu Kamu menemukan kata kunci yang berlaku untuk ringkasan.

Ada lima petunjuk eksplorasi kata kunci yang perlu Kamu perhatikan, volume pencarian video, kesulitan posisi kata kunci, saran kata kunci, SERP, dan maksud pencarian.

  • Pertama, volume perburuan adalah jumlah pencarian kata kunci dalam periode waktu tertentu.
  • Kedua, posisi kesulitan kata kunci menunjukkan posisi kesulitan suatu kata kunci untuk menjadi halaman pertama dari hasil perburuan.
  • Ketiga, saran kata kunci adalah kumpulan kata kunci yang terkait dengan kata kunci yang Kamu selidiki.
  • Keempat, halaman SERP atau Search Machine Result menampilkan halaman yang memikat peringkat 10 besar dalam hasil pencarian kata kunci yang Kamu selidiki. Akhirnya, maksud pencarian adalah apa yang diinginkan perburuan untuk kata kunci.

5.      Menghasilkan Konten yang Menarik

Saat orang mencari kata kunci di mesin pencari, mereka menginginkan jawaban lengkap yang bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Google juga menyadari persyaratan para pengguna dan mulai memprioritaskan konten lengkap untuk memikat posisi teratas dalam hasil pencarian.

Kamu dapat menambahkan gambar, infografis, atau video yang menjelaskan komposisi. Media visual akan membantu kompendium untuk memahami isi artikel Kamu dengan lancar.

Namun, bukan tidak mungkin mereka akan membagikan konten ini di media sosial, jika mereka puas dengan konten lengkap Kamu.

6.      Maksimalkan Internal Link

Selain dari backlink (external link), internal link juga berperan penting dalam optimasi SEO. Tautan internal adalah tautan dari satu halaman ke halaman lainnya di situs web yang sama.

Tautan internal membantu mesin telusur memahami lingkungan dan hubungan antara kumpulan di situs web. Google memprioritaskan website yang kontennya terhubung dan Kamu dapat menunjukkan hubungan antar konten melalui tautan internal.

7.      Buat Konten Menarik

Ketika orang mencari sebuah kata kunci di mesin pencari, mereka menginginkan jawaban yang lengkap sehingga bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Google pun menyadari kebutuhan penggunanya dan mulai mengutamakan konten-konten yang lengkap untuk menduduki posisi teratas di hasil pencarian. 

Kamu bisa menambahkan gambar ilustrasi, infografik, atau video untuk melengkapi artikel. Media visual akan membantu pembaca untuk memahami isi artikel Kamu dengan mudah. Jika mereka puas dengan konten lengkap Kamu, bukan tidak mungkin mereka akan membagikan konten tersebut di media sosial.

8.      Posting di Medium

Media sosial bukan satu-satunya platform yang bisa Kamu gunakan untuk membagikan konten website/blog. Platform lain yang layak kamu manfaatkan adalah Medium. Medium adalah platform community journalism dengan 60 juta pembaca setiap bulannya.

Medium memungkinkan Kamu untuk menerbitkan kembali (republish) konten website Kamu di platformnya dan memberikan canonical link. Canonical link berfungsi untuk memberi tahu mesin pencari bahwa dua konten yang identik sebagai satu URL yang sama sehingga tidak akan merusak reputasi SEO website Kamu.

Selain fitur import, Kamu juga bisa menerbitkan konten baru yang masih berkaitan dengan website Kamu di Medium dan meletakkan link ke salah satu konten di blog Kamu. Meskipun hanya menyumbang link no-follow, cara kedua tetap layak Kamu coba untuk mempromosikan blog atau website Kamu.

9.      Tingkatkan Kecepatan Website

Salah satu hal yang paling dibenci oleh para pengunjung website adalah loading lambat. Loading website yang lama membuat pengunjung website jengkel dan akhirnya mencari website lain yang bisa memberikan informasi lebih cepat.

Sebagus apa pun konten yang Kamu buat, pengunjung website tidak mempunyai toleransi untuk loading lambat. Menurut Google, 53 persen pengguna internet meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Selain itu, 79 persen orang yang kecewa dengan website loading lama menyatakan tidak akan kembali lagi ke website tersebut. Meningkatkan kecepatan website merupakan teknik SEO On Page yang wajib dilakukan dalam dunia SEO.

10.  Submit Sitemap

Sitemap adalah daftar berisi semua halaman website yang dapat diakses oleh pengunjung dan mesin pencari. Dengan adanya sitemap, website Kamu akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan lebih cepat terindeks.

Sitemap juga akan memberitahu mesin pencari ketika terjadi perubahan struktur di website. Membuat sitemap termasuk teknik SEO dasar namun sangat penting peranannya.

Terdapat dua jenis sitemap, yaitu sitemap XML dan sitemap HTML. Sitemap XML adalah sitemap yang diakses oleh mesin pencari, sedangkan sitemap HTML adalah yang diakses oleh pengunjung.

Nah, itulah Cara Meningkatkan Seo Website yang bisa kamu coba. Selamat mencoba. !

Baca Juga