fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Kumpulan Cara Atasi Masalah Control Panel Windows 10 Tidak Bisa Dibuka

Wiliam

CP atau Control Panel telah masuk sebagai alat yang amat berguna bagi user komputer / laptop. Kegunaan dari CP sendiri adalah untuk dapat mengubah serta mengontrol segala macam pengaturan penting pada file sistem. Walau begitu, kadang kala ada saja kemungkinan yang menyebabkan Control Panel Windows 10 tidak bisa dibuka. Perihal teknis pemakaiannya, para pengguna hanya dapat membuka CP dalam kurun waktu sebentar saja.

Setelah terbuka, nantinya Control Panel langsung tertutup lagi dengan sendirinya. Sudah pasti ini menjadi masalah serius bagi orang awam. Karena, nantinya dapat mencegah segala macam akses dalam beberapa pengaturan di dalam komputer. Untuk itulah, bizzie mulai dari sekarang harus bisa mencari tahu seperti apa cara dalam mengatasi masalah tersebut.

Kumpulan Cara Mengatasi Masalah Control Panel Windows 10 Tidak Bisa Dibuka dengan Cepat

Alasan umum masalah seperti ini bisa terjadi adalah terdapatnya bug pada saat melakukan pembaruan Windows. Jadi, pada saat bizzie sedang melakukan install pembaruan maka bisa saja itu faktor utama kenapa CP tidak bisa dibuka. Adapun alasan lainnya yang membuat CP Windows bermasalah, contoh kecilnya seperti masalah pada File Panel Control.

Dimana File tersebut bisa menjadi konflik atas masalah yang terjadi pada Control Panel. Selain itu, layanan pelaporan pada kesalahan Windows juga mampu menjadi dalang atas masalahnya. Dikarenakan memiliki banyak sekali masalah, maka bizzie harus memiliki solusi dalam menanggulanginya. Nah, solusi tersebut sudah dapat bizzie ikuti sesuai dengan urutan langkah-langkahnya.

1. Atasi Control Panel Windows 10 Tidak Bisa Dibuka dengan Memperbarui Windowsnya

Bizzie bisa mulai dengan memastikan Windows 10 pada komputer sudah diperbarui ke versi baru, atau belum. Dan tidak lupa memeriksa semua pembaruan apakah telah terinstall dengan baik atau belum. Hal ini lantaran, sebagian besar dari pengguna secara otomatis mendapati masalah tersebut dan mengatasinya dengan memperbarui Windowsnya. Jadi, jika bizzie belum melakukan update terbaru pada Windows 10. Maka sekarang lakukan pembaruan dan memulai instal pada Windows tersebut.

2. Atasi Control Panel Windows 10 Tidak Bisa Dibuka dengan Mencopot Pemasangan Atas Panel Audio IDT

Bagi sebagian orang, Panel Audio IDT telah menjadi suatu masalah atas Control Panel yang tidak bisa dibuka. Dengan bizzie mencopot Panel Audio IDT nya, maka masalah kerusakan pada Control Panel bisa diperbaiki. Untuk bisa melakukannya, maka bizzie bisa ikuti beberapa tahapannya berikut : 

  • Tekan tombol dengan ikon Windows + R.
  • Selanjutnya, ketik tulisan appwiz.cpl dan OK / ENTER.
  • Nantinya, langkah tersebut akan membawa bizzie untuk membuka layar bertuliskan Uninstall atau dikenal juga dengan Change Program pada CP.
  • Kemudian, dapatkan tulisan Panel Audio IDT dan langsung di klik.
  • Jika sudah, langsung saja di Uninstall dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Apabila pada tahapan tersebut bizzie tidak bisa menemukan adanya Panel Audio IDT. Atau tidak bisa membiarkan Control Panel terbuka dalam waktu yang lama. Coba saja ikuti cara ini : 

  • Pertama ikuti poin sebelumnya ( Windows + R di tekan bersamaan ).
  • Selanjutnya tulis devmgmt.msc dan OK / ENTER.
  • Kemudian bisa langsung di cari dan klik sebanyak 2x pada bagian Pengontrol Suara , Video dan Permainan.
  • Setelahnya, cari dan langsung di klik kanan di Panel Audio IDT / IDT High Definition CODEC.
  • Next, klik UNinstall dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Nantinya, panel kontrol tersebut bisa berfungsi secara normal setelah bizzie mencopot Panel Audio IDT.

3. Atasi Control Panel Windows 10 Tidak Bisa Dibuka dengan Hapus / Ganti Nama IDTNC64.cpl

Ini merupakan file Control Panel, yang kemungkinan besarnya akan mengalami bentrok dan membuat CP menjadi mogok dalam beberapa waktu. Banyak sudah para pengguna yang mampu menyelesaikan masalahnya dengan cara menghapus atau bahkan mengganti nama filenya. Saran terbaik yang bisa bizzie lakukan adalah mengganti nama filenya saja, karena jauh lebih aman.

Perihal cara menggantinya, bisa bizzie ikuti mulai dari : 

  • Menekan tombol Windows + R sesuai pada poin pertama sebelumnya.
  • Kemudian, bisa mulai mengetik tulisan C:\Windows\System32 pada kolom yang tersedia di layar dan pilih OK / ENTER.
  • Selanjutnya, bisa menemukan file dengan nama IDTNC64.cpl, lalu klik kanan dan langsung choose Rename.
  • Dari sanalah, bizzie bisa langsung mengubah namanya menjadi nama yang diinginkan. Namun untuk saran mudahnya, ganti menjadi IDTNC64 dengan ujung oldcpl.

Jika semua tahapannya sudah dilakukan, maka buka langsung Control Panelnya. Agar bizzie bisa melihat, apakah Control Panel ini sudah bisa berjalan dengan baik atau belum.

4. Atasi Control Panel Windows 10 Tidak Bisa Dibuka dengan Menonaktifkan Layanan Laporan Kesalahan pada Windows

Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, maka pastikan bizzie sudah mengikuti tahapan berikut : 

  • Lakukan hal yang sama pada beberapa poin atas sebelumnya ( WIndows + R ).
  • Lalu ketik tulisan MSCONFIG dan OK / ENTER.
  • Kemudian pilih saja tulisan Tab Layanan , temukan kata Windows Error Reporting Service, dan hilangkan tanda centang kotaknya.
  • Setelah itu, langsung saja OK dan APPLY.
  • Nantinya, bizzie bisa melihat tanggal pada kolom dan langsung diNonaktifkan.
  • Apabila nantinya masalah masih diterima, maka mulai ulang dan kembali periksa sesudahnya.

5. Atasi Control Panel Windows 10 Tidak Bisa Dibuka dengan Bantuan Run

Apabila 4 poin sebelumnya tidak dapat mengatasi masalah tersebut, maka coba cara terakhir dengan bantuan Run. Memang hal ini bukanlah sebuah solusi, paling tidak masih bisa membantu bizzie dalam membuka Control Panel. Caranya seperti : 

  • Secara bersamaan tekan tombol gambar Windows + huruf R.
  • Selanjutnya ketik saja tulisan appwiz.cpl dan OK / ENTER.
  • Nantinya, bizzie akan langsung membuka layar utama Uninstall pada Control Panel.
  • Kemudian, bisa ketik tulisan Control Panel\ All Control Panel Items\. Dalam hal ini, jangan klik ENTER / OK, cukup ditulis saja.

Itulah kumpulan cara atasi Control Panel Windows 10 Tidak Bisa Dibuka yang mampu diikuti oleh bizzie. Jika nantinya tidak dapat teratasi, maka gunakan bantuan alat perbaikan seperti Restoro.

Baca Juga