fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Ketahui Penyebab Pengunjung Blog Turun Secara Cepat

Yodik Prastya

Pengunjung blogmu tiba-tiba menurun? Coba deh ketahui beberapa penyebab pengunjung blog turun secara cepat. Memiliki jumlah pengunjung yang rendah tentu akan mempengaruhi penghasilanmu.

Saat mendapatkan pengunjung yang rendah, penghasilanmu dari blog bisa menurun. Berbeda saat kamu memliki trafik pengunjung blog yang tinggi. Kamu bisa mendapatkan cukup banyak keuntungan dari blog tersebut.

Perlu kamu ketahui, banyak dan sedikitnya pengunjung website atau blog ternyata dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Bisa faktor internal dan faktor eksternal. Kalau faktor internal yakni tentang bagaimana kamu mengelola blog. Dan faktor luar adalah hal yang mungkin nggak bisa kamu kendalikan.

Penyebab Pengunjung Blog Turun Secara Cepat

Nah kalau sekarang visitor blog atau websitemu menurun dengan cepat, mungkin kamu harus segera mengetahui penyebabnya untuk segera mengatasinya. Cek sini penyebabnya!

1. Blog Memakai Kata Kunci Musiman

Mungkin kamu pernah bikin artikel musiman seperti kata-kata hari raya dan berbagai keyword momentual. Ya, artikel itu memang amat ramai dicari ketika momen tertentu. Tapi saat momennya sudah habis, maka jarang yang mencarinya.

Visitormu bisa anjlok dan bahkan nggak bakal dapat pengunjung sama sekali. Kata kunci musiman ini memang bisa jadi penyebab utamanya. Maka kalau kamu nggak ingin visitor dan pengunjung menurun, kamu bisa pakai keyword evergreen atau yang selamanya dicari.

2. Perubahan Algoritma Google

Penyebab lain yang bisa menurunkan visitor blog dengan cepat adalah karena ada perubahan algoritme Google. Update algoritma yang dilakukan Google memang sering terjadi.

Jika lagi update atau ada pembaruan, maka visitor blogmu yang menggunakan algoritme Google yang lama bisa mengalami visitor anjlok atau pengunjungnya turun. Ini pun bisa terjadi meskipun kamu sudah membuat artikel SEO Friendly.

Intinya, algoritme Google ini mengalami update serta pembaruan untuk memperbaiki berbagai kelemahan dalam Google. Selain itu setiap ada update algoritma juga berbeda-beda.

Contohnya saja ketika tahun 2015. Para blogger harus mengganti template agar bisa mobile friendly agar ada banyak visitor yang berkunjung kembali.

3. Terkena Penalty Google

Mungkin ada di antara kamu yang mengalami visitor tiba-tiba turun drastis dan anjlok. Coba deh koreksi mungkin saja ada kesalahan. Contohnya sering bikin artikel plagian, pakai alat spin, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu melakukan hal itu, maka biasanya ada penalti dari Google dan bikin pengunjung hilang entah ke mana.

Biasanya pemilik artikel asli yang kamu plagiasi akan melaporkannya. Setelah itu, DMCA akan melakukan take down terhadap artikel. Google pun akan melakukan sanksi Deindex yang bikin blog milikmu jadi mengalami penurunan visitor.

4. Optimasi SEO Berlebihan

Yap, segala hal yang berlebihan tentu saja kurang baik. Termasuk dalam melakukan optimasi SEO. Jika kamu melakukan optimasi SEO berlebihan, hal ini juga bisa mengurangi visitor atau pengunjung dari website atau blog milikmu.

Kamu yang berlebihan saat mengoptimasi SEO off page ataupun on page akan mengalaminya. Maka dari itu, harap ketahui batas di mana kamu harus berhenti mengoptimasi agar tidak terlalu berlebihan.

5. Jarang Bikin Konten

Alasan lainnya adalah kamu jarang bikin konten. Konten itu ibarat pilar yang menyangga suatu website. Kalau jarang bikin, websitemu bisa roboh alias kehilangan pengunjung dan visitor dengan cepat.

Penutup

Itulah beberapa penyebab pengunjung blog turun secara cepat yangbisa kamu ketahui. Kalau mau mengatasi, sesuaikan dengan penyebabnya, ya!

Baca Juga