fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Ketahui Pentingnya Keamanan Website, Ancaman dan Manfaatnya

Yodik Prastya

Pentingnya keamanan website adalah hal yang wajib diperhatikan oleh para pemilik situs, baik itu situs pribadi apalagi bisnis. Ya, apapun tujuan website dibuat, keamanan saat ini jadi semakin penting mengingat semakin beragamnya ancaman yang hadir. Jika Anda belum yakin mengambil tindakan, berikut ini penjelasan tentang ancaman dan manfaat melindungi website Anda darinya. 

Mengapa Anda Perlu Memahami Pentingnya Keamanan Website?

Pentingnya keamanan website sendiri tak lepas dari website yang memang semakin banyak dimanfaatkan dalam keseharian manusia. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang memiliki atau mengelola website untuk menjaga keamanannya dari berbagai ancaman dan penyalahgunaan. Tak hanya website itu sendiri, namun juga keamanan data pengunjung yang juga bisa saja disalahgunakan. 

Nah, keamanan website sendiri secara umum dapat dijelaskan sebagai upaya memberikan perlindungan terhadap data website, server dan pengunjung dari penyalahgunaan maupun kejahatan di dunia maya.

Dengan kata lain pengamanan website dilakukan untuk mencegah atau menangkal cybercrime serta menekan dampak yang bisa ditimbulkan dari tindak kejahatan cyber. Pengamanan ini bisa dilakukan dengan menerapkan protokol tertentu atau menggunakaan layanan, program maupun plugin keamanan.   

Ancaman terhadap keamanan website sendiri terus berkembang seiring makin masifnya pemanfaatan website dalam kehidupan. Macam-macam serangan yang umum terjadi pada website antara lain:

  • Serangan DDoS
  • Malware dan virus
  • Scareware
  • Blacklist
  • Exploit
  • Deface
  • SQL Injection

Manfaat Keamanan Pada Website

Dari penjelasan di atas, selanjutnya Anda mungkin ingin mempertimbangkan perlindungan website dari apa saja manfaat yang bisa didapatkan. Dengan demikian, Anda bisa mengukur sendiri seberapa intens pengamanan yang diterapkan ke website Anda:

Melindungi pengunjung beserta data mereka

Faktanya, tak sedikit korporasi yang mau membeli data pengguna internet hasil retasan. Tujuannya pun beragam, mulai dari bahan analisis pemasaran hingga kepentingan marketing. Semakin detail data dan semakin tinggi kuantitasnya, maka semakin mahal pula harga yang bisa didapat peretas yang melelangnya.

Nah, website Anda yang memiliki pengunjung potensial, berapapun jumlahnya, patut untuk dilindungi datanya dari intaian peretas. Apalagi jika website Anda berkaitan dengan bisnis, jual beli barang, layanan jasa yang membutuhkan data sensitif mulai dari nama, informasi kartu kredit, email, alamat, tanggal lahir dan sebagainya. Pastikan bahwa website Anda sudah menerapkan enkripsi untuk menangani data semacam ini.

Melindungi aset

Dalam pengelolaan website, tentunya Anda menggunakan aset berupa peralatan fisik, apapun bentuknya. Semakin besar website yang Anda tangani, idealnya makin besar pula aset yang Anda gunakan untuk mengelolanya. Semakin besar aset tersebut, pastinya semakin tinggi pula nilainya.

Salah satu ancaman yang masih banyak terjadi hingga saat ini adalah penyebaran virus yang dapat melumpuhkan hingga merusak perangkat. Tak sedikit pula, hacker yang mengunci data di perangkat untuk kemudian meminta tebusan. Oleh karena itu, lindungi aset Anda dengan pengamanan yang memadai, mencegah virus atau program jahat lainnya menyusup ke website lalu perangkat Anda.

Memastikan reputasi website selalu terjaga

Website yang juga mewakili diri atau bisnis Anda, tentunya memiliki nilai reputasi yang penting untuk dipelihara. Pastinya Anda tak ingin website yang sudah susah payah dibuat, tiba-tiba jadi menyesatkan, memalukan atau bahkan melakukan penipuan pada para pengunjungnya bukan? Maka dari itu, keamanan website dapat mencegah tindak tak bertanggung jawab semacam ini.

Mempertahankan informasi hak milik

Tentunya ada beberapa hal yang hanya menjadi rahasia, paten atau hak milik Anda di website yang Anda jalankan. Dan tentunya hal ini harus dilindungi dari peretas yang mencoba mengintip informasi rahasia tersebut untuk kemudian dimanfaatkan untuk kepentingan mereka. Salah satunya adalah dengan menerapkan pengamanan yang tepat pada website Anda. 

Mencegah performa website

Bagi website yang berhubungan dengan penjualan atau bisnis lainnya, website yang down tentunya dapat mengganggu performa yang diharapkan. Meskipun hanya beberapa menit, bisa saja memicu bisnis merugi hingga puluhan juta rupiah. Lebih parah lagi jika sampai calon pembeli kapok mengunjungi website.   

Kesimpulan

Pentingnya keamanan website sudah seharusnya juga turut diperhatikan oleh pemilik dan pengelola. Tak sekedar membuat, mengisi konten dan memperkenalkannya saja. Terlebih ada tanggung jawab digital yang terletak pada perlindungan data para pengunjung.  

Baca Juga