fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Ketahui Bagaimana Cara Ganti Nameserver Domain

Yodik Prastya

Anda berencana untuk beralih layanan hosting namun terkendala oleh bagaimana menyesuaikan domain? Tentunya Anda ingin agar domain Anda tersebut bisa digunakan di layanan hosting yang baru bukan? Untuk itu, tak ada salahnya Anda belajar bagaimana cara ganti nameserver domain sebagai opsi yang paling direkomendasikan.

Bagaimana Cara Ganti Nameserver Domain?

Tak salah jika cara ganti nameserver domain menjadi salah satu pilihan metode yang paling disarankan untuk kasus yang seperti Anda alami saat ini. Dibanding opsi lainnya saat ini, pointing domain dianggap sebagai cara yang paling mudah namun tetap efektif. Dan tentu saja, opsi ini juga dinilai lebih ideal bagi para pemula.

Untuk bisa melakukan penggantian nameserver domain ke hosting ini, tentu saja Anda memerlukan akses ke:

  • control panel registrar (tempat dimana Anda membeli domain), dan
  • akun layanan hosting yang nantinya digunakan

Sementara langkah yang harus Anda lakukan yaitu:

1. Dapatkan Nameserver  

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan alamat nameserver baru. Alamat ini umumnya berupa ns1.companyname.com, ns2.companyname.com, dan seterusnya. Sedangkan companyname.com tersebut umumnya adalah nama layanan hosting yang Anda gunakan.

Untuk 1 nama domain, biasanya akan memiliki 2 nameserver yang terkait dan keduanya perlu Anda catat. Kedua nameserver ini bisa Anda dapatkan di email yang dikirim oleh layanan hosting ketika Anda membelinya, atau melihat dokumentasi yang disertakan saat pembelian, atau dengan menghubungi petugas layanan pelanggan.   

2. Tambahkan Nameserver  

Masuk ke tahap inti, silakan Anda login ke Control Panel Domain di registrar Anda yang baru. Setelah Anda mengakses halaman untuk manajemen domain, silakan Anda lihat terlebih dahulu untuk menemukan bagian pengaturan nameserver domain. Masing-masing penyedia layanan mungkin menerapkan interface atau navigasi yang berbeda, namun pada dasarnya proses yang dilakukan tak jauh berbeda.

Berikutnya, langkah yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut: 

  1. Carilah bagian pengaturan domain yang biasanya berupa halaman atau tab Domain atau Domain Manager
  2. Setelah ketemu, silakan pilih domain yang ingin diganti nameserver-nya. Biasanya Anda hanya perlu klik pada Manage DNS atau Set Nameserver
  3. Anda akan melihat kolom-kolom untuk memasukkan nameserver. Jika masih belum muncul, mungkin ada tombol atau menu yang Anda lewati dan silakan coba kembali
  4. Jika sudah, Anda juga akan menemukan semacam form untuk memasukkan nameserver pertama (nameserver#1), nameserver kedua (nameserver#2) dan seterusnya
  5. Berikutnya, silakan isi nameserver#1 dengan ns1 yang Anda dapatkan pada langkah pertama di atas. Lanjutkan pula dengan nameserver#2 dengan isian ns2 dan seterusnya
  6. Selesai

Apabila Anda merasa kurang yakin dengan apa yang Anda lakukan, tak ada salahnya untuk mengakses kembali Help atau FAQ sebagai panduan. Atau jika Anda enggan mengutak-atik pengaturan, silakan hubungi layanan pelanggan registrar baru Anda tersebut. Minta agar mereka membantu Anda dalam mengganti nameserver domain.

Apabila penggantian nameserver telah selesai, silakan Anda tunggu hingga konfigurasi tersebut bekerja. Proses ini biasanya hanya membutuhkan waktu selama beberapa jam. Jika prosesnya sudah selesai, Anda pun bisa mengakses situs dari nama domain Anda yang baru.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah Anda sudah semakin jelas tentang bagaimana cara ganti nameserver domain ini? Tentu saja Anda bisa mengandalkan layanan bantuan untuk melakukannya. Namun tak ada salahnya pula jika Anda ingin mengaturnya sendiri bukan?

Baca Juga