fbpx

Kenali Apa Itu DNS Leak dan Cara Mencegahnya

Dalam penggunaan terdapat istilah Domain Name System () leak. Istilah ini cukup familiar, tetapi banyak orang yang sebenarnya belum memahami apa itu DNS Leak. DNS Leak adalah kebocoran anonimitas IP pengguna internet ketika menggunakan .

Ya, meskipun VPN menjanjikan enkripsi yang cukup ketat, selalu ada celah kekurangan. Contohnya yang membuat log pengguna bisa dilacak oleh . Untuk memahami lebih dalam tentang kebocoran ini, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu DNS Leak?

Ketika membuka sebuah browser yang terblokir atau dilarang, biasanya seseorang menggunakan bantuan VPN. VPN merupakan jaringan yang menghubungkan dengan server browser. Sebelum masuk ke browser, VPN terlebih dahulu mengenkripsi data pengguna. Sehingga tidak bisa dilacak oleh server .

Namun secanggihnya sebuah , terdapat celah kelemahan yang menyertai. Salah satu kelemahan dari VPN yaitu rentan mengalami kebocoran data atau disebut juga dengan DNS Leak. Pada saat kebocoran terjadi, pengguna biasanya tidak menyadari dan terus melanjutkan penelusurannya. Kondisi ini tentu sangat berbahaya, mengingat log dan lokasi pengguna telah terlacak.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui VPN telah mengalami kebocoran? Cara ampuh mendeteksi terjadinya masalah ini yaitu menggunakan alat tes online melalui dnsleaktest.com. Berikut tutorial tes kebocoran DNS Leak;

  • Masuk ke dnsleaktest.com dan masukan akun
  • Untuk tes pertama, kunjungi website dengan komputer yang tidak tersambung dengan VPN. Kemudian dnsleaktest.com akan menampilkan informasi lokasi dan alamat IP komputer anda yang asli.
  • Tes kedua bisa dilakukan dengan mengunjungi website menggunakan komputer yang tersambung dengan VPN. Jika tidak terjadi, maka website akan menampilkan alamat IP dan lokasi yang berbeda. Begitu pun sebaliknya, jika terjadi kebocoran maka informasi yang tertera adalah alamat IP dan lokasi yang sebenarnya.
Baca Juga :  Alasan Menggunakan Teknologi Web Reactjs, Yuk Simak Informasinya

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu DNS Leak dan cara mendeteksinya. Sebagai pengguna internet, tentu anda tidak ingin mengalami kebocoran informasi atau DNS leak.

Langkah Mencegah Terjadinya DNS Leak

Untuk mencegah hal ini terjadi, terdapat beberapa langkah antisipatif yang bisa diambil, diantaranya;

1. Menggunakan Kompatibilitas IPv6

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah DNS Leak yaitu menggunakan kompatibilitas IPv6. IPv6 merupakan kompatibilitas terbaru dari versi terdahulu yaitu IPv4. Dibanding versi yang lama, IPv6 dinilai lebih unggul, khususnya pada masalah keamanan.

2. Mengubah Server DNS

Meskipun bukan langkah perlindungan kompleks, tetapi mengubah server DNS bisa dijadikan solusi dari masalah ini. Mengubah server DNS bertujuan agar ISP tidak bisa melakukan perekaman dan pelacakan aktivitas internet.

Sebelum diubah, terlebih dahulu pengguna harus mencari tahu jenis server yang digunakan oleh VPN. Setelah itu, baru bisa dilakukan update dan pembaruan pengaturan internet di komputer anda. Jika tidak bisa mendapatkan informasi ini, alternatifnya adalah menggunakan server DNS publik. Seperti Open DNS, Public DNS, dan lainnya.

3. Gunakan Aplikasi Pencegah Kebocoran

Langkah antisipatif yang terakhir yaitu menggunakanaplikasi pencegah kebocoran DNS. ini memiliki fitur kill switch yaitu pemutusan koneksi lalu lintas internet ketika VPN dimatikan. Sehingga informasi perangkat menjadi nol termasuk informasi pribadi, lokasi, dan alamat IP.

Pengelola aplikasi juga berkomitmen untuk tidak merekam segala kebiasaan maupun aktivitas internet pengguna.

Penutup

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai apa itu DNS Leak, cara mendeteksi, dan cara pencegahannya. Kebocoran ini sendiri adalah kebocoran informasi IP komputer ketika menggunakan VPN. Kebocoran ini harus ditangani dengan segera agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti pencurian data untuk dijual kepada pihak yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga :  Cara Membuat Website Sekolah, Mudah Kok!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.