fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Kelebihan dan Kekurangan Google Domain untuk Website Bisnis

Muhammad Rizqy

Saat Anda memilih layanan pendaftaran domain dari Google, pastikan untuk   memahami apa saja kelebihan dan Kekurangan Google Domain untuk website Anda.

Meski membawa nama besar Google, layanan ini nyatanya masih terdapat kekurangan, salah satunya adalah soal harga yang tidak terlalu ramah di kantong pengelola website pemula.

Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Google Domain dan apa saja dampaknya untuk website Anda.   

Kelebihan dari Google Domain

Terhitung sejak Januari 2015, Google Domain resmi meluncur dengan sejumlah fitur menarik bagi pengelola website terutama website bisnis. Tidak hanya itu, berkat layanan dari Google ini, kredibilitas website Anda akan semakin baik di mata pembaca.

Berikut ini adalah 5 kelebihan Google Domain dibandingkan dengan provider domain lainnya:

  1. Menjamin Perlindungan Data Privasi secara Gratis

Pembelian domain di Google juga akan menjamin perlindungan data pribadi yang Anda isikan saat mendaftar. Apabila di provider lain membutuhkan biaya tambahan namun tidak di Google yang bersifat gratis.

Google juga menyediakan fitur autentifikasi dua langkah berupa pesan teks, aplikasi telepon, atau password untuk menjaga data pada website Anda dari pencurian.

  1. User Interface lebih Mudah Dipahami

Sama seperti aplikasi Google lainnya, user interface pada Google Domain juga sangat mudah Anda pahami. Tampilan pada Google Domain tidak jauh berbeda dengan UI pada Google Analytics dan sejenisnya. 

Domain milik Anda juga bisa langsung tersambung dengan produk-produk Google lainnya sehingga tidak perlu membuat akun baru. Namun Anda tetap harus melalui proses autentifikasi dua langkah dari Google,

  1. Dukungan Google untuk Server DNS

Di Google Domain, Anda bisa menggunakan infrastruktur Google Cloud DNS yang dapat mempercepat proses loading website tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

DNS atau Domain Name System sebenarnya dapat memengaruhi waktu muat halaman web menjadi lebih berat apabila setiap data registrar akan tersimpan di domain. 

  1. Layanan Email yang Menguntungkan

Melalui layanan Google ini, Anda juga dapat membuat hingga 100 email costum sesuai dengan nama domain Anda. Menguntungkan bukan?

Jika ingin membuat lebih dari itu, Anda bisa berlangganan Google Workspace untuk dihubungkan dengan Google Domain Anda.  

Kekurangan Layanan Domain dari Google

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Google Domain juga memiliki kekurangan meski berlabel produk Google. Berikut ini kekurangan Google Domain yang bisa menjadi pertimbangan Anda saat memilih domain ini:

  1. Harga Domain yang Mahal untuk Pemula

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli domain di Google tidaklah sedikit. Mesik transparan, domain yang tersedia di sini memiliki harga yang cukup tinggi untuk pengelola website pemula.

Harga domain yang tersedia untuk ekstensi .com, .org, .net hingga .dev adalah Rp166.000. Sedangkan untuk ekstensi .co memiliki biaya hingga Rp414.810. Di luar itu tersedia juga variasi harga lainnya.

Di luar itu masih terdapat harga lainnya untuk ekstensi domain yang lebih spesifik. Apabila Anda merasa tidak cocok dengan harga domain di Google, tidak ada salahnya untuk mencoba dari provider lain seperti Dewabiz.com.

Di Dewabiz tersedia lebih dari 500 variasi harga domain dengan tambahan promo menarik lainnya.

  1. Ekstensi Domain yang Tersedia Terbatas

Domain yang tersedia di Google jumlahnya lebih terbatas daripada provider lainnya. Jika di Google hanya tersedia 100-an domain, maka di Dewabiz tersedia lebih dari 500 domain yang bisa Anda coba. Bizzie bisa mengeceknya di link Dewabiz.com berikut.

Penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Google Domain di atas bisa menjadi pertimbangan saat memilih domain untuk website bisnis Anda. 

Baca Juga