fbpx

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Website

Saat ini, jualan online menjadi salah satu pilihan menguntungkan bagi banyak pebisnis sebagai media promosi maupun jualan. Era digital memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk memajukan usahanya. Salah satunya dengan website.

Jualan online di website tentu saja juga memiliki keuntungan dan juga kelemahan. Apa saja keuntungan dan kelemahan dari jualan di website? Berikut ini akan dipaparkan beberapa diantaranya. 

Kelebihan Jualan di Website

Berikut ini beberapa kelebihan yang akan menguntungkan Ada jika berjualan melalui website: 

1. Tidak Wajib Memiliki Toko Fisik

Kelebihan berjualan di website yang pertama adalah penjual tidak wajib memiliki toko secara fisik. Sebab segala transaksi dilakukan secara online, maka toko fisik bukanlah sesuatu yang harus dimiliki. Selama ada tempat untuk menyimpan barangnya maka aman-aman saja tak memiliki toko. Sebab, website sudah menjadi toko bagi penjual di dunia maya. 

2. Biaya yang Dikeluarkan Minim

Kelebihan selanjutnya adalah biaya yang dikeluarkan saat jualan di website bisa lebih minim. Jika melakukan di website, biaya yang butuh dikeluarkan misalnya untuk membeli domain maupun yang biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan sewa toko. 

Selain itu, toko yang biasanya memerlukan banyak pegawai untuk menjalankan bisnisnya, jika dilakukan secara online hanya membutuhkan 1 atau 2 orang saja. Tak hanya itu, promosi yang dahulu memerlukan biaya besar misalnya untuk memperadakan brosur, pamflet dan tenaga besar dapat diminimalisir.

 Dengan kata lain Biaya operasional toko pun bisa diminimalisir, baik itu untuk biaya pemeliharaan, promosi maupun biaya pegawai. 

3. Jangkauan Lebih Luas Dibanding Berjualan Secara Offline

Jualan online di website semakin menjadi primadona bagi penjual karena dapat menjangkau lebih luas. Beda dengan toko offline yang jangkauannya hanya sebatas area atau lokasi di sekitar toko saja, dapat menjangkau seluruh tempat asal memiliki sambungan internet. 

Baca Juga :  Ide Bisnis Rumahan, Cari Cuan Via Sistem Afiliasi Marketing

Dengan adanya internet, semua transaksi jual beli online dapat dilakukan dengan lebih fleksibel dan cepat. Dengan memiliki jangkauan yang lebih luas akan meningkatkan penjualan dan keuntungan penjualan.   

Promosi di Website juga memiliki banyak cara, misalnya dengan menggunakan konsep seperti SEO, copywriting untuk  mendeskripsikan produk, foto dan , iklan digital, media sosial dan lain-lain. 

4. Harga Jualan Bisa Lebih Murah

Untuk menentukan harga jual, dilakukan dengan mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan dan keuntungan yang diharapkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jualan di website yang dilakukan secara online dapat meminimalisir biaya, sehingga harga jual yang diberikan bisa lebih rendah dibandingkan dengan berjualan secara offline. 

Konsumen yang biasanya lebih tertarik dengan harga yang lebih rendah secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan dan juga keuntungan Anda.  

5. Mudah Dilakukan dan Waktu Fleksibel

Kelebihan terakhir yaitu dapat dilakukan dengan lebih mudah dan waktunya fleksibel. Anda bisa melakukan jual beli maupun promosi dimana saja asal Anda memiliki sambungan internet. Sehingga jualan di website juga dapat dijadikan sebagai sampingan. 

Kekurangannya Jualan Bisnis Online 

Setelah mengetahui beberapa kelebihannya, Anda juga perlu tahu apa saja kekurangan berjualan melalui website. Berikut ini informasinya:

1. Resiko Penipuan Lebih Besar 

Penipuan bagaikan penyakit mematikan bagi para penjual maupun pembeli yang dilakukan secara online sebab penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Banyak modus-modus penipuan yang tak jarang merugikan dengan nominal yang besar. 

Kasus yang biasa terjadi yaitu adanya konsumen yang memberikan bukti pembayaran palsu ke penjual. Ada pula yang sudah sepakat untuk melakukan transaksi namun tak kunjung melakukan pembayaran.

 Atau jualan dengan sistem bayar ditempat / Cash On Delivery (COD) namun ternyata tidak dibayar dan dikembalikan. Semua hal tersebut tentu membuat penjual dirugikan, baik dalam segi materi maupun waktu dan tenaga. 

Baca Juga : Berikut Tips Bisnis Online di Website, Dijamin Lebih Menguntungkan

Baca Juga :  Pengertian Website dan Fungsi Website

2. Teknik Jualan Sulit Dilakukan Jika Tidak Memahami

Dalam berjualan secara online di website, yang digunakan harus sesuai dengan media dan target . Walaupun terlihat gampang dilakukan, namun berjualan online membutuhkan trik dan kemampuan khusus dalam aplikasinya. 

Misalnya bagaimana Anda melakukan promosi  toko, menarik perhatian pengunjung website dan alur pemesanan jualan. Semua teknik tersebut bisa  dipelajari baik secara otodidak maupun melalui kelas khusus. Intinya tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini. 

3. Harus Selalu Memiliki Sambungan Internet

Kekurangan jualan online di website selanjutnya yaitu penjual harus selalu memiliki sambungan internet yang stabil agar pelayanan yang diberikan kepada pelanggan maksimal dan cepat. Respon penjual yang  lama dapat menyebabkan calon konsumen malas bahkan batal melakukan transaksi. 

Sebab dalam berjualan, pembeli adalah raja, maka penjual perlu memberikan pelayanan terbaiknya. Jaringan internet yang seperti senjata jitu dalam berjualan secara online perlu selalu dipantau dan menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis. 

4. Butuh Kesabaran dan Ketekunan Lebih 

Resiko memperoleh komplain dari pelanggan jauh lebih besar ketika berjualan secara online daripada offline. Komplain yang paling sering terjadi adalah ketidaksesuaian gambar dengan produk yang dikirim atau dijual ke pelanggan, lama dalam proses pengemasan dan pengiriman, atau barang yang rusak saat pengiriman. Sebagai penjual yang bertanggung jawab, tentu komplain tersebut perlu ditanggapi dan dijawab sesuai adanya. 

Selain itu, saat jualan di website terutama jika baru pertama kali merintisnya, perlu tenaga ekstra untuk meyakinkan calon konsumen tentang yang sedang dirintis. Promosi harus dilakukan terus menerus dan jika tidak dapat bersaing dengan penjual lain, maka kemungkinan bisnis tidak akan berjalan dan tidak dikenal oleh orang lain. 

Pelanggan yang biasanya mengandalkan review pembeli lain sebelum membeli produk tertentu secara online membuat penjual yang baru pertama kali menjual harus memutar otak agar jualannya dapat dipercaya. 

Itulah kelebihan dan kekurangan jualan di website. Sebelum memutuskan di mana Anda akan berjualan, ada baiknya untuk mempertimbangkan segala aspek dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. 

Baca Juga : Cara Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.