4 Jenis Lisensi VPS MikroTik CHR – Kenali CHR Lebih Jauh Yuk!

4 Jenis Lisensi VPS MikroTik CHR – Kenali CHR Lebih Jauh Yuk!

Hai Bizzie, kali ini kami akan share 4 jenis lisensi VPS MikroTik CHR. Sejak tahun 1996, industri router jaringan mendapatkan angin segar dengan munculnya MikroTik. Hingga hari ini, MikroTik telah menjadi solusi routing terbaik dan dapat diakses oleh semua orang.

Bagi Bizzie yang belum tahu, MikroTik merupakan perusahaan asal Latvia. Suatu negara berukuran kecil yang ada di bagian utara Eropa. MikroTik sendiri dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi hardware dan software yang dapat mengubah komputer biasa menjadi network routing.

Ada banyak kelebihan MikroTik jika dibandingkan dengan perangkat network routing lainnya. Untuk penggunaan utamanya, Mikrotik ini bisa dijadikan sebagai pengendali jaringan. MikroTik ini menggunakan sistem operasi Linux base, dimana dalam penggunaanya yaitu menggunakan RouterOS dan RouterBoard, atau salah satunya saja.

Baca juga: Cara Instal Mikrotik di VPS

Sebagai network routing, MikroTik bisa melakukan banyak hal seperti firewall, penentuan akses wireless, pengaturan bandwidth, hotspot gateaway, server VPN, dan tentunya routing langsung. Anda bisa mengetahui berbagai fungsi dari MikroTik setelah meng-install Winbox.

Winbox merupakan ‘pasangan serasi’ MikroTik karena dapat menjadi tool administrasi MikroTik RouterOS. Nah selain RouterOS, MikroTik juga memiliki produk yang lain yaitu CHR. Apa itu CHR? Anda akan menemukan ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

Beberapa Jenis Lisensi VPS MikroTik CHR

Sebelum kita membahas mengenai beberapa jenis lisensi VPS MikroTik CHR, ada baiknya Bizzie paham dulu apa itu CHR. CHR ini merupakan jawaban MikroTik atas kebutuhan akan efektivitas routing jaringan. Ya betul sekali, CHR lahir berdasarkan kebutuhan akan routing jaringan berbasiskan cloud. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki CHR, banyak perusahaan yang akhirnya menggunakan RouterOS CHR ini dibanding router standar.

Baca juga: Cara Mengamankan VPS Mikrotik

Karena merupakan sistem operasi, CHR ini bisa di-install di berbagai platform, termasuk VPS. Bagi Anda yang memiliki VPS, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai fungsi CHR MikroTik di VPS Anda. Namun perlu Anda ketahui, CHR ini ada yang free dan ada yang berbayar.

Nah mengenai jenis VPS MikroTik CHR ini berkaitan dengan beberapa opsi lisensi CHR. Di bawah ini kami akan share beberapa jenis lisensi VPS MikroTik CHR!

  • Free

Pada dasarnya, Anda bisa mendapatkan lisensi CHR tanpa biaya sama sekali alias free. Namun sayangnya, kecepatan network dibatasi hanya sampai 1 Mbps saja. Jika keperluan jaringan Anda tidak terlalu besar, Anda bisa kok pakai jenis VPS MikroTik CHR yang satu ini.

  • Perpetual-1 (P1)

Jenis VPS MikroTik CHR selanjutnya yaitu Perpetual-1 (P1). Nah apa sih CHR dengan lisensi Perpetual-1 (P1) ini? Pada dasarnya, Perpetual-1 (P1) ini memungkinkan routing jaringan dengan speed hingga 1Gpbs. Selain itu Anda ‘pun bisa mengakses semua layanan yang diberikan MikroTik. Nah jika speed jaringan masih kurang, Anda bisa melakukan upgrade ke level selanjutnya.

  • Perpetual-10 (P10)

Jika Perpetual-1 (P1) masih kurang cepat, Anda bisa upgrade level lisensi ke Perpetual-10 (P10). Jika Perpetual-1 (P1) hanya bisa sampai 1Gbps saja, nah Perpetual-10 (P10) ini kecepatannya bisa sampai 10Gbps. Cepat banget kan?

  • P-unlimited

Jika Anda butuh speed dengan kecepatan tanpa batas, maka Anda bisa membeli P-unlimited. Tidak ada batasan kecepatan jaringan disini dan Anda bisa mengakses semua fitur yang diberikan oleh MikroTik.

 

Perlu Anda ketahui, apapun jenis lisensi VPS MikroTik CHR yang Anda pilih, Anda bisa mendapatkan lisensi free trial selama 60 hari. Jadi selama 60 hari itu, Anda bisa menggunakan CHR tanpa biaya sama sekali. Setelahnya, maka Anda bisa menentukan apakah akan menggunakan layanan free atau berbayar.

Nah untuk mendapatkan lisensi free trial ini, Anda mesti membuka akun MikroTik terlebih dahulu. Perlu Bizzie ketahui, untuk lisensi Perpetual ini bersifat lifetime. Jadi setelah Anda membeli VPS MikroTik CHR minimal P1, Anda bisa menggunakannya selama-lamanya. Bagusnya lagi, lisensi CHR ini bisa ditransfer ke CHR lainnya, namun mesti dilakukan renew lisensi.

Perlu Bizzie ketahui pula, setelah Anda mengaktifkan lisensi CHR free, maka Anda mesti melakukan renew lisensi secara manual agar tetap aktif. Jika Anda tidak melakukan renew, maka sistem tidak akan mengetahui kalau itu merupakan akun Anda.

Perlu dicatat, jika Anda tidak melakukan renew lisensi setelah deadline berlalu (60 hari), maka Anda mesti melakukan instalasi CHR dari awal.

 

Nah itulah beberapa jenis lisensi VPS MikroTik CHR, bagaimana sudah jelas bukan? Jika Anda butuh MikroTik CHR dengan tambahan fitur yang jauh lebih lengkap, Anda bisa menggunakan jenis VPS MikroTik Indonesia dari DewaBiz. Ya betul sekali, DewaBiz menyediakan VPS CHR dengan harga paling murah dan terbaik di Indonesia. Anda bisa mengakses CHR dengan kontrol penuh lewat Winbox.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan lisensi Perpetual-1 (P1), dengan melakukan pembelian minimal 3 bulan. Tentu Anda bisa menghemat budget lebih banyak, karena Anda ‘pun bisa mendapatkan Cloud VPS dengan fitur yang super lengkap. O ya, VPS MikroTik CHR DewaBiz ini juga support koneksi ke beberapa platform seperti Alibaba, Netflix, Cloudflare, Facebook, dan lainnya.

 

Related Posts