Cara Instal Mikrotik di VPS

Hi Dewabizer, Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas seputar VPS Mikrotik dan Panduan Cara Instalasi Mikrotik di VPS, Mungkin bagi teman-teman sudah sering mendengar istilah Mikrotik namun belum begitu mengerti, baiklah di bawah akan mimin uraikan secara singkat seputar mikrotik dan cara melakukan Insatalasi di Vps, simak ulasan berikut ini ya !!!

Mikrotik merupakan sistem operasi Linux base yang digunakan untuk network router. Sistem administrasinya bisa diterapkan dengan menggunakan Windows Application (Winbox).  Mikrotik juga tergolong salah satu perangkat jaringan yang sangat popular dikarenakan konfigurasi yang cukup mudah di bandingkan router lain, sebutlah cisco sebagai contoh. Ada beberapa jenis mikrotik yang bisa Anda pilih tentunya seuai kebutuhan yang pasti setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan kabar bagusnya lagi, Mikrotik bisa diinstall di VPS dengan cara yang simple dan mudah tentunya yang sudah mimin rangkup untuk di bagikan ke teman-teman semua, emangnya dengan menginstall Mikrotik di VPS apa hebatnya min ? eps, yang pastinya cukup banyak manfaatnya teman-teman dewabizer, misalnya, untuk untuk kebutuhan pembuatan IP Public, Server VPN, Proxy Server, DNS, dan masih banyak manfaat lainnya.

Hal-Hal Yang Harus Di Pesiapkan

Sebelum melanjutkan ke tahap Instalasi tentunya teman-teman harus memilik VPS dong pastinya, jika Dewabizer belum memilikinya tenang saja kami sudah menyiapkan VPS murah dan berkualitas untuk Dewabizer semua, silahakn merujuk ke https://dewabiz.com/cloud-server/ ataupun https://dewabiz.com/vps-mikrotik/ ada banyak paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Dewabizer, Jika sudah, oke lanjut, Jadi VPS itu singkatan dari Virtual Private Server yang artinya server pribadi dengan resource sepenuhnya di gunakan satu orang pengguna saja tanpa di pengaruhi oleh pengguna yang lain dan Anda sebagai pengguna, dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan bisa melakukan apapun yang anda inginkan.

Cara Instal Mikrotik di VPS

Setelah semua tahap persiapan selesai, sekarang tinggal melakukan instalasi Mikrotik di VPS. Berikut ini adalah langkah-langhak yang harus Dewabizer lakukan;

1. Menghidupkan VPS

Langkah pertama yang harus dewabizer lakukan adalah menghidukan VPS, karena VPS merupakan layanan control penuh oleh pengguna sehingga anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan VPS kapan saja, nah, ini dia salah satu yang membedakan VPS dengan Hosting, untuk menghidupaknya Anda cukup menekan tombol start pada tab overview  dan tombol stop untuk mematikannya. Pada tab overview juga terdapat 2 kolom, yang mana pada Kolom pertama berisi sistem operasi yang sedang digunakan dan kolom kedua berisi tombol start/stop, restart, dan off. pastikan anda menggunakan OS Ubuntu 16.04 x64 jika bukan Os yang disebutkan di atas anda dapat melakukan reinstall Os ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Klik Os Reinstall
  • Pilih Ubuntu 16.04 x64
  • Masukkan Password kemudian klik Reinstall

2. Login VPS

Kemudian, silahkan login VPS sebagai root menggunakan Software PuTTy.

  • Masukkan Ip address dan Port 22 pada Sofware Putty kemudian klik open

  • Isikan root pada bagian login as dan isikan password lalu enter
  • Silahkan copy paste perintah berikut di terminal/ putty
wget https://dewabiz.com/assets/chr/chr-6.38.3.img.zip -O chr.img.zip && \
gunzip -c chr.img.zip > chr.img && \
mount -o loop,offset=33554944 chr.img /mnt && \
ADDRESS=`ip addr show eth0 | grep global | cut -d' ' -f 6 | head -n 1` && \
GATEWAY=`ip route list | grep default | cut -d' ' -f 3` && \
echo "/ip address add address=$ADDRESS interface=[/interface ethernet find where name=ether1]
/ip route add gateway=$GATEWAY
" > /mnt/rw/autorun.scr && \
umount /mnt && \
echo u > /proc/sysrq-trigger && \
dd if=chr.img bs=1024 of=/dev/sda

Berikut Tampilannya

  • Klik enter untuk melanjutkan proses instalasi

Jika proses install sudah selesai akan muncul seperti gambar berikut

  • Restart VPS Anda untuk melanjutkan ke tahap berikutnya

Lalu, Tunggu sebentar hingga muncul keterangan “The VPS has restarted successfully”.

3. Membuka Mikrotik OS di Windbox

Ada beberapa Jenis software yang memungkinkan sahabat dewabizer yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi dengan Mikrotik. Namun, pada kesempatan kali ini mimin gunakan software Winbox yang menurut mimin banyak digunakan dan mudah. Sahabat dewabizer dapat mendownloadnya secara gratis di situs resmi Mikrotik. silahkan Download Winbox, lalu instal Winbox di komputer atau laptop sobat. Jika sudah, silakan buka Winbox, lalu masukkan IP Address VPS Anda. Login: admin, dan password dikosongkan saja dulu. Jika sudah, silakan klik Connect. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini :

Tunggu beberapa saat sampai muncul dashboard Winbox,

jika sudah lanjut ketahap berikutnya yaitu :

  • Klik pada IP Kemudian pilih dan klik pada Services seperti gambar berikut ini

  • Setelah mengklik pada bagian service, silahkan unchek atau tanda silang merah pada seluruh list kecuali Winbox, kemudian close, perhatikan gambar berikut :

  • Tahap selanjutnya, Klik System dan Klik pada bagian password, perhatikan gambar di bawah :

  • Bagian Old Password di kosongkan saja,

Isikan password baru dan konfirmasi password lalu klik change

Nb: Password boleh di samakan dengan password vps agar mudah di ingat.

  • Jika sudah selesai tahap di atas, close winbox lalu buka kembali untuk mencoba login dengan port yang sudah di buatkan sebelumnya yaitu :8291
  • Lakukan login vps dengan ip dan port serta password, perhatikan gambar di bawah ini :

  • Klik Connect
  • Selesai

Selamat Mencoba semoga berhasil.