Cara Membuat Website Dari Nol Sampai Jadi – Lengkap dan Mudah

Cara Membuat Website Dari Nol Sampai Jadi – Lengkap dan Mudah

Anda masih pemula dan masih bingung caranya membuat website? Yes, DewaBiz akan share cara membuat website dari nol sampai jadi dalam artikel ini! Website memang menjadi suatu kebutuhan di era digital ini. Jika Anda punya bisnis dan berniat scale up, maka Anda wajib membuat website.

Perlu Bizzie ketahui, Anda tak perlu menjadi seorang developer dengan setumpuk pemahaman coding untuk membuat website. Dengan panduan membuat website, tool, dan resource yang tepat, Anda bisa membuat website dengan mudah dan cepat.

Bagi pebisnis pemula, membuat website memang dapat menjadi pondasi untuk keberlangsungan dan keberhasilan bisnis Anda. Anda tak perlu menyewa jasa pembuatan website atau freelancer, karena Anda bisa membuatnya sendiri! Selain jadi paham metode membuat website, Anda ‘pun bisa meminimalisir budget berkali-kali lipat banyaknya.

Sebagai bonus, jika Anda sudah menjadi ‘mastah’ dalam pembuatan website, maka Anda ‘pun bisa mendapatkan pundi-pundi uang lewat jasa pembuatan website. Namun tentu saja, semuanya dimulai dari artikel ini. Jadi simak terus artikel dari DewaBiz ini ya agar Anda paham!

 

Cara Membuat Website Dari Nol

Cara Membuat Website Dari Nol

Kami yakin bahwa Anda ada disini, memang karena Anda butuh cara membuat website dari nol! Tenang ya, karena kami akan memandu Anda dari awal hingga akhir. Bagi newbie, memang membuat website ini seperti memasuki hutan belantara. Ada banyak hal yang belum diketahui, sehingga butuh panduan yang tepat agar tidak tersesat.

Sebelum menyimak cara membuat website dari nol di bawah ini, tanamkan dalam diri Anda bahwa Anda bisa membuat website. Selain itu penting juga, Anda jangan berhenti di tengah jalan dan tetap fokus. Pastikan bahwa Bizzie berhasil mempraktekan apa yang ada dalam panduan, sehingga Anda sukses mendapatkan website pertama Anda. Jika Anda sudah bisa membuat website dengan tangan Anda sendiri, maka ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan yaitu:

  • Anda tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk menyewa developer dan desainer website karena Anda bisa membuatnya sendiri.
  • Tanpa bantuan programmer atau developer, Anda bisa merealisasikan ide-ide Anda sendiri kedalam website.
  • Anda bisa lebih cepat melakukan update berdasarkan tren yang sudah ada, sehingga Anda bisa selangkah lebih maju dibanding kompetitor.
  • Jika Anda mau, Anda bisa membuka jasa pembuatan website.

Kabar baiknya, membuat website tidaklah semenyeramkan seperti yang dibayangkan. Anda sangat beruntung sekali, karena di bawah ini DewaBiz akan memberi step-by-step cara membuat website dari nol sampai jadi.

 

Fase 1 Cara Membuat Website Dari Nol: Tentukan Pondasi Dalam Pembuatan Website

Terkait cara membuat website dari nol sampai jadi, step pertama yang mesti Anda lakukan yaitu menentukan pondasi. Sama seperti rumah, Anda ‘pun mesti memastikan bahwa pondasinya kokoh sehingga tidak gampang roboh. Untuk membuat pondasi pembuatan website, maka Anda mesti melakukan brainstorming mengenai tujuan pembuatan website.

Apa yang Anda inginkan dari pembuatan website? Dengan menemukan jawabannya, hal ini dapat mempermudah dalam pembuatan website. Oke coba perhatikan beberapa poin berikut ini!

  • Identifikasi Target Audience Anda

Hal pertama yang mesti diperhatikan terkait cara membuat website dari nol yaitu menentukan target market. Penentuan target market ini berhubungan erat dengan rencana bisnis secara keseluruhan. Misalnya Anda punya produk skincare, maka jika Anda membuat website, maka berbagai elemen mesti sesuai dengan target market produk skincare.

  • Kecenderungan Audience

Setelah Anda berhasil mengidentifikasi audience, maka analisa pula kecenderungan audience. Misalnya target market Anda masyarakat perkotaan, maka desain website mesti terlihat modern dan fungsional. Selain itu, kecenderungan juga bisa dicek lewat pemakaian perangkat.

Jika target audience Anda masyarakat perkotaan, maka kecenderungannya bisa jadi pemakaian perangkat desktop dan smartphone. Maka sesuaikanlah desain website agar cocok dengan visual dekstop dan smartphone.

  • Perhatikan Kompetitor

Sebelum membuat website, Anda ‘pun mesti cek ‘tetangga sebelah’. Perhatikan beberapa website kompetitor yang hampir mirip dengan business plan Anda. Jangan tiru mentah-mentah! Pastikan Anda mengambil yang baik-baiknya, dan menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding website kompetitor.

  • Berpikir Layaknya Audience

Jika Anda ingin agar website nantinya bisa mendapatkan lebih banyak visitor dan konsumen, sebaiknya letakan sejenak idealisme Anda. Ya betul sekali, saat membuat website, pastikan mindset Anda layaknya audience.

Misalnya jika menurut Anda penambahan fitur-fitur canggih didalam website itu dibutuhkan, maka bukan berarti hal tersebut serupa bagi audience Anda nantinya. Misalnya target audience Anda para peternak bebek, ya masa mesti ada fitur virtual reality didalamnya. Gak banget bukan?

 

Agar semakin memudahkan Anda dalam menentukan tujuan pembuatan website, DewaBiz akan kasih beberapa kategori website dan tujuannya, yuk lihat di bawah ini!

  • Tujuan Pembuatan Website E-commerce

Tentu tujuan dari pembuatan website e-commerce yaitu menjual produk pada pelanggan. Maka didalam website e-commerce terdapat katalog produk, keranjang belanja, berbagai visual produk, dan lainnya. Berbeda dengan jenis website lain, website e-commerce ini lebih banyak berisikan produk dan layanan daripada artikel yang sifatnya informatif.

  • Tujuan Pembuatan Website Entertainment

Untuk website entertainment, umumnya tujuannya yaitu mempublikasikan info-info yang sifatnya entertaining/menghibur. Beberapa jenis website entertainment yaitu website film, website musik, website olahraga, website kabar selebritis, website gosip, majalah online, dan lainnya. Website entertainment ini fokus pada engagement, sehingga banyak memasukan konten-konten dinamis sepert video, slideshow, podcast, dan lainnya.

  • Tujuan Pembuatan Blog

Nah selanjutnya yaitu tujuan pembuatan blog. Blog ini pada dasarnya bersifat personal namun juga bisa grup. Namun umumnya, blog ini dibuat untuk memberikan informasi mengenai info-info umum atau sifatnya personal. Jenis konten yang paling banyak dimasukan yaitu artikel yang dibuat dengan berbagai style, bisa itu formal maupun kasual.

  • Tujuan Pembuatan Website Media Sosial

Nah tujuan pembuatan website media sosial yaitu untuk memudahkan orang-orang untuk berkomunikasi via online. Dari segi desain, tentu website media sosial bisa dibilang yang paling kompleks. Ada banyak elemen yang mesti dibuat seperti fitur post, story, penyimpanan file, integrasi akun, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Tujuan Pembuatan Website Bisnis

Untuk website bisnis, maka tujuannya yaitu berusaha agar visitor jadi lebih mengenal produk atau layanan. Selain sifatnya branding, website bisnis juga bisa digunakan untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.

 

Fase 2  Cara Membuat Website Dari Nol: Tentukan Platform Website

Nah cara membuat website dari nol sampai jadi selanjutnya yaitu menentukan platform website. Pemilihan platform ini memang cukup membingungkan, khususnya bagi newbie. Ada banyak sekali platform pembuatan website seperti WordPress, Joomla!, Drupal, Wix, dan lainnya. Nah untuk memudahkan Anda dalam membuat website, kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan WordPress!

Ya, WordPress merupakan tool pembuat website yang sifatnya open-source, jadi Anda bisa mengkostumisasi website dengan mudah. Ada beberapa alasan, kami sangat merekomendasikan WordPress. Berikut Anda dapat menemukan poin-poinnya di bawah ini!

  • Sangat Fungsional

Apapun kebutuhan Anda, WordPress bisa menyediakannya untuk Anda. Anda bisa meng-install berbagai plugin sesuai kebutuhan, membuat fitur log in, membuat form kontak, dan lainnya.

  • Mudah Digunakan

Dibanding platform pembuatan website lain, WordPress unggul dalam hal penggunaan. Tak perlu jadi developer handal untuk setup WordPress.

  • Gratis

Setelah Anda membeli hosting dan domain di DewaBiz, Anda langsung bisa meng-install WordPress tanpa biaya sama sekali. Ya betul sekali, CMS satu ini memang bisa didapatkan secara gratis. Jadi Anda bisa membuat website profesional dengan budget yang sangat rendah. Jika Anda ingin setingkat lebih pro, Anda bisa membeli theme dan plugin premium.

  • Full Kostumisasi

Beberapa platform pembuatan website tidak memungkinkan untuk full kostumisasi. Nah beda cerita dengan WordPress, dimana Anda bisa create website sesuai desain yang Anda inginkan. Anda bisa membuat berbagai jenis website dengan mudah. Untuk e-commerce, Anda bisa menggunakan WooCommerce. Selain itu, Anda ‘pun bisa menggunakan plugin Elementor, dimana Anda tinggal drag & drop saja.

  • Cocok Juga Untuk Kebutuhan Teknis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, WordPress ini cocok untuk semua kalangan. Selain newbie-friendly, WordPress ini juga cocok bagi developer atau programmer yang ingin melakukan berbagai coding secara manual.

 

Fase 3 Cara Membuat Website Dari Nol: Membeli Domain dan Hosting

Cara membuat website dari nol selanjutnya yaitu membeli domain dan hosting. Ya, keduanya ibarat sepasang kekasih. Tanpa salah satunya, maka tidak ada yang namanya website.

Anda bisa saja menghemat budget dengan menggunakan domain dan hosting gratis, namun kami sangat tidak merekomendasikannya. Mengapa? Karena hosting gratisan sudah pasti rentan suspend dan loading website Anda nantinya akan sangat lemot.

Di sisi lainnya, Anda bisa saja menggunakan domain gratis. Namun domain gratis biasanya bukan merupakan ekstensi domain populer, sehingga terlihat sangat tidak profesional. Jadi untuk kesuksesan bisnis Anda kedepan, pastikan Anda membeli domain dan hosting berbayar.

Sebenarnya Anda bisa mendapatkan domain dan hosting murah yaitu lewat DewaBiz. Ya betul sekali, DewaBiz menyediakan domain dengan harga murah dan juga paket cloud hosting dengan diskon fantastis hingga 75%!

Tips Memilih Domain Yang Tepat Untuk Website

Dari keseluruhan cara membuat website dari nol sampai jadi, mungkin memilih nama domain merupakan fase yang paling menyenangkan. Anda bebas memilih nama domain yang Anda mau! Namun jika Anda memang ingin scale up bisnis, maka ada beberapa aspek yang mesti diketahui terkait pemilihan domain.

  • Terdapat Kata Kunci

Domain yang didalamnya terdapat kata kunci lebih SEO-friendly dibanding yang tidak. Misalnya Anda menargetkan kata kunci ‘jasa backlink’, maka domain www.jasabacklinkdewabiz.com dapat menjadi opsi terbaik. Namun domain dengan kata kunci hanyalah salah satu aspek dalam SEO. Anda ‘pun bisa skip cara ini, khususnya jika tidak sesuai dengan brand Anda.

  • Brandable

Saat memilih nama domain, sebaiknya pilih nama domain yang brandable. Brandable disini berarti domain terdengar unik dan original.

  • Mudah Diingat

Sebaiknya Anda memilih nama domain yang mudah diingat. Nama domain seperti dewabiz123.com sangat tidak disarankan karena susah diingat. Pilihlah nama domain yang mudah diingat seperti dewabiz.com.

  • Pendek

Masih berkaitan dengan daya ingat manusia, sebaiknya pilih nama domain yang pendek agar mudah diketik di browser dan tentunya mudah diingat.

Tips Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Website

Nah setelah Anda regist domain, maka langkah selanjutnya memilih hosting. Hosting ini ibarat rumah, dan domain itu alamat rumah. Hosting merupakan tempat file-file yang digunakan dalam pembuatan website.

Sama seperti domain, sekilas memilih hosting ini terdengar mudah. Namun faktanya bagi pemula, ada banyak hal yang mesti diketahui. Memilih hosting yang salah tak hanya dapat mempersulit pembuatan website, namun potensi crash di masa depan sangatlah tinggi. Agar Bizzie tidak salah pilih, coba cek beberapa poin di bawah ini!

  • Hindari Hosting Free

Kebanyakan pemula sering salah langkah dengan menggunakan hosting free. Kami sangat tidak menyarankan Anda untuk menggunakan hosting gratisan karena beberapa alasan. Hosting  gratis memang membuat budget pembuatan website jadi murah, namun efeknya justru dapat membuat bisnis Anda bangkrut.

Hosting gratisan ini sangat rentan suspend tanpa alasan yang jelas, sehingga website tidak bisa diakses. Selain itu, penyedia hosting gratis tidak menyediakan layanan konsumen yang layak. Jadi jika hosting mengalami masalah, Anda sendiri yang mesti menyelesaikannya.

Perlu Bizzie ketahui, hosting free ini juga tidak didesain untuk traffic banyak. Jika traffic website Anda sudah ribuan, maka website tiba-tiba jadi down. Pasti kesel banget kalo kejadian seperti itu! Selain itu, hosting gratis pada umumnya merupakan shared hosting, dimana space sangat kecil. Alhasil loading website jadi sangat lambat dan sering terjadi lag.

  • Pilihlah Cloud Hosting

Bagi pemula, opsti hosting yang paling cocok memang shared hosting. Hal tersebut karena kebutuhan akan space besar belum ada. Memang sah-sah saja memilih shared hosting, namun performanya kurang bagus jika dibandingkan dengan cloud hosting. Harga cloud hosting tidak jauh berbeda dengan shared hosting namun memiliki performa yang jauh lebih powerful dibanding shared hosting.

Cloud hosting ini menawarkan sistem shared namun dengan sistem virtual, jadi resource-nya lebih besar dan stabil. Selain itu performa cloud hosting ini hampir sama dengan VPS dari segi performa, namun dengan harga yang lebih murah. Anda bisa mendapatkan cloud hosting di DewaBiz dengan harga super murah.

DewaBiz menyediakan cloud hosting yang sangat berkualitas dengan harga terjangkau. Perlu Anda ketahui, DewaBiz menggunakan SSD disk 20cx lebih cepat. Alhasil, Anda ‘pun bisa membuat website secepat kilat. Nah DewaBiz juga menggunakan server terbaru, dengan dukungan teknologi super modern. O ya bagi pemula, Anda ‘pun bisa mendapatkan akses cPanel yang dapat mempermudah dalam instalasi WordPress dan berbagai tool lainnya.

Anda juga bisa mendapatkan plugin dan theme premium secara cuma-cuma genks! Jika Anda punya pertanyaan, butuh bantuan teknis, atau bahkan komplain, Anda bisa menghubungi layanan customer support kami selama 24 jam setiap hari. Oke jika itu belum cukup, Anda ‘pun akan mendapat uang kembali jika Anda tidak puas dengan layanan DewaBiz. Tentunya Anda mesti cek syarat dan ketentuan terlebih dahulu ya!

 

Langkah-langkah Membeli Domain dan Hosting di DewaBiz

  • Setelah Anda fix dengan nama domain dan juga hosting DewaBiz, maka saatnya Anda on the way ke website DewaBiz! Nah di bawah ini kami akan memandu Anda untuk membeli domain dan hosting di DewaBiz!
  • Pertama silakan masuk ke website dewabiz.com.

  • Setelah itu scroll ke bawah, lalu klik Cloud Hosting. Pemula sangat disarankan untuk menggunakan Cloud Hosting.

  • Setelah itu ada beberapa opsi paket hosting, pilih salah satu. Misalnya paket Starter Pro.

  • Setelah itu, baru deh Anda daftarkan domain yang Anda inginkan. Anda ‘pun bisa transfer domain, atau bisa juga menggunakan domain yang sudah Anda beli di DewaBiz.

  • Nah di gambar diketahui bahwa ekstensi .com tidak tersedia, jadi Anda bisa merubah nama domain atau bisa memilih ekstensi domain lainnya, misalnya .org.

  • Klik Lanjutkan.

  • Pada laman Konfigurasikan, Bizzie bisa cek spesifikasi paket hosting dan juga total biaya sebelum check out.

  • Scroll ke bawah, lalu pilih masa tagihan dan tambahan layanan. Klik Lanjutkan di bagian Ringkasan Pesanan.

  • Nah sekarang masuk ke Konfigurasi Domain, sebaiknya ceklis semua opsi yang ada agar maksimal. Lalu klik Lanjutkan.

  • Sekarang masuk ke laman Tinjau & Checkout. Anda bisa cek total biaya yang ada di bagian Ringkasan Pesanan.

  • Jika Anda belum memiliki akun di DewaBiz, isi kolom Buat akun baru. Pastikan Anda memasukan data yang valid ya!

  • Lalu masuk ke Menu Pembayaran, pilih metode pembayaran yang Anda mau.

  • Lalu ceklis pada persetujuan syarat dan ketentuan.

  • Setelah itu, Bizzie akan melihat invoice. Catat dan simpan nomor invoice Anda. Lalu transfer sejumlah uang yang tertera di Total Hutang ke nomor rekening yang tertera.

  • Jika sudah transfer, maka konfirmasi ke bagian sales DewaBiz dengan nomor referensi pembelian Anda.

 

Fase 4 Cara Membuat Website Dari Nol: Instalasi dan Pengaturan Website

Langkah selanjutnya terkait cara membuat website dari nol sampai jadi yaitu instalasi dan pengaturan website. Fase ini merupakan langkah awal dalam pembuatan website secara teknis. Di bawah ini Bizzie akan menemukan langkah detailnya!

Instalasi SSL

Cara membuat website dari nol juga mesti fokus pada sistem keamanan. Ya betul sekali, setting dahulu sistem keamanannya ya. Nah untuk meningkatkan sistem keamanan, Anda bisa menggunakan SSL (Secure Sockets Layer). SSL merupakan tool yang digunakan untuk mengenkripsi data-data penting yang ada didalam website. Jadi kesempatan orang untuk mengakses data-data penting seperti username/password, file penting, hingga data kartu kredit.

Selain itu, SSL juga juga menjadi alat autentikasi antar perangkat sehingga konten terdistribusi ke user yang tepat. Nah terkait SSL ini, Anda bisa mengecek di artikel di bawah ini.

Baca juga: Cara Pasang SSL Certificate Gratis

Instalasi WordPress

Cara membuat website dari nol berlanjut ke instalasi WordPress. Sesuai namanya, WordPress merupakan platform CMS terbaik di dunia. Tak perlu khawatir jika Anda masih newbie, WordPress ini mudah banget instalasinya.

Kabar baiknya, kebanyakan server hosting sudah menyediakan CMS satu ini. Termasuk DewaBiz yang memang khusus menyediakan WordPress untuk semua klien DewaBiz. Oke langsung saja, Bizzie bisa menemukan step-by-step instalasi WordPress di bawah ini!

  • Nah Bizzie, langkah pertama log in ke cPanel Anda.

  • Lalu scroll ke bawah, Anda akan menemukan Softaculous Apps Installer, klik oleh ikon WordPress.

  • Nah setelah itu Bizzie bisa menemukan dashboard Softaculous dengan WordPress didalamnya. Klik Install Now untuk meng-install WordPress.

  • Ada beberapa kolom, silakan Anda isi sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan.

  • Jika sudah, klik Save Installation Details.

  • Lalu klik pada ikon Admin.

  • Lalu Bizzie akan diarahkan ke dashboard WordPress. Disinilah awal Anda mendesain website.

  • Untuk mendesain website, Anda bisa meng-install theme tertentu yang disediakan WordPress. Pada menu Appearance klik Themes.

  • Nah pilih salah satu theme yang disediakan oleh WordPress.

  • Dalam panduan ini, Anda bisa memilih theme Twenty Twenty. Klik Activate.

  • Nah setelah ter-install, Anda bisa melakukan kostumisasi dengan mengklik Customize.

  • Di laman Customize, Anda bisa melihat berbagai fitur desain. Disinilah imajinasi Anda dipertaruhkan. Misalnya seperti menentukan identitas situs, pemilihan warna, penambahan background, pengaturan menu, dan lainnya.

  • Jika Bizzie sudah merasa puas dengan desainnya, tinggal klik Publish yang ada di bagian atas.

Page

Apapun platform website Anda, termasuk WordPress, pasti ada dua jenis konten yaitu Page dan Post. Nah Post ini digunakan untuk membuat artikel, sedangkan Page digunakan untuk membuat konten yang bukan bagian dari postingan website yang terjadwal. Jadi Page atau halaman ini merupakan halaman khusus mengenai berbagai layanan, fitur, atau informasi yang ada didalam website.

Saat pertama kali membuat website, Anda mungkin agak bingung, fungsinya Page untuk apa. Nah fungsi Page pada dasarnya membuat beberapa informasi khusus yang dibutuhkan website. Apa saja sih kira-kira halaman yang dibutuhkan untuk website, Anda bisa menemukannya di bawah ini:

  • About

Pastikan Anda membuat halaman About yang menjelaskan secara detail perusahaan, brand, produk, atau layanan Anda.

  • Contact

Jangan lupa, Bizzie juga mesti membuat halaman Contact untuk memudahkan visitor menghubungi Anda.

  • Disclaimer

Halaman disclaimer ini dibuat dengan tujuan agar visitor tahu cara Anda mendapatkan uang dari website. Penggunaan disclaimer ini juga bagus untuk SEO, jadi Anda mesti membuatnya ya!

  • Privacy Policy

Halaman privacy policy ini digunakan untuk menginformasikan data yang Anda masukan didalam website dan caranya pihak lain menggunakan data yang ada di dalam website.

  • Terms of Service Page

Jika website yang Anda buat berbasiskan layanan atau online shop, maka Anda wajib membuat halaman Terms of Service atau TOS. Nah TOS ini merupakan dokumen legal yang berisikan syarat & ketentuan yang terkait dengan bisnis Anda.

  • Arsip

Untuk memudahkan visitor dalam menemukan seluruh konten yang ada di dalam website, sebaiknya buat page Arsip.

  • Produk atau Layanan

Jika Bizzie membuat website online shop, pastikan Anda membuat halaman yang khusus membahas produk atau layanan.

Untuk memudahkan Bizzie dalam membuat beberapa opsi halaman di atas, DewaBiz akan memberikan panduan membuat halaman di bawah ini:

  • Pertama, Bizzie klik Page.

  • Lalu di bagian atas, klik Add New.

  • Lalu masukan judul dan isi konten.

  • Jika sudah oke, maka Anda tinggal klik Publish.

Post

Jika Anda bertanya, apa fitur terpenting dari WordPress? Nah salah satu yang terpenting dan Anda mesti fokus mengerjakannya yaitu Posts. Posts atau publikasi ini merupakan tempat dimana Anda membuat konten (biasanya kombinasi artikel dengan gambar).

Anda bisa membuat postingan setiap hari, sehingga website Anda jadi lebih trusted, baik di mana banyak orang ataupun search engine. Nah di bawah ini Bizzie akan menemukan step-by-step membuat postingan di WordPress:

  • Klik Posts yang ada di bawah Home.

  • Selanjutnya klik Add New untuk membuat postingan baru.

  • Silakan Anda masukan judul postingan. Lalu masukan artikel beserta gambar. Untuk gambar Anda bisa menggunakan Add Media. Jika sudah oke, tinggal klik Publish.

Di bagian kanan Posts, Anda bisa menemukan beberapa widget. Berikut DewaBiz akan beri penjelasan satu persatu:

  • Di bagian paling atas, Anda bisa menemukan widget Publish. Publish digunakan untuk mempublikasi konten yang Anda buat. Save Draft berarti Anda menyimpan konten. Sedangkan Preview digunakan untuk melihat postingan secara privat (hanya user akun WordPress yang bisa melihatnya), sebelum dipublikasi secara online.
  • Di bagian bawahnya, Anda bisa menemukan widget Tags. Tags ini sama sepert label, jadi Anda tinggal memasukan tag yang Anda mau.
  • Untuk Post Attributes, Anda bisa memilih tampilan postingan tertentu.
  • Jika Anda ingin menghilangkan elemen tertentu, Anda bisa ceklis salah satu opsi yang ada di widget Disable Elements.
  • Nah di bagian yang paling bawah yaitu Featured Image, tempat Anda mengunduh gambar utama untuk postingan yang Anda buat.

Karena sangat vital perannya, pastikan Anda membuat postingan yang berkualitas. Mengapa? Selain untuk meningkatkan kredibilitas website, postingan berkualitas juga bagus untuk SEO. Bagi Bizzie yan belum paham, SEO merupakan teknik untuk meningkatkan ranking website di mesin pencari. Nah jika Bizzie ingin membuat postingan artikel yang berkualitas, bisa cek di artikel di bawah ini ya!

Baca juga: 5 Cara Menulis Artikel SEO yang Berkualitas

Plugins

Salah satu pemicu mengapa WordPress menjadi CMS nomor satu di dunia yaitu karena banyaknya plugin yang tersedia. Lewat bantuan berbagai plugin yang disediakan WordPress, Anda bisa menciptakan website dengan desain, fitur, hingga menu yang Anda butuhkan.

Perlu Bizzie ketahui, WordPress memiliki koleksi plugin lebih dari 47.000 plugin. Terdengar menyenangkan bukan? Namun dengan melimpahnya plugin ini, justru menjadi problem bagi user WordPress pemula. Betapa tidak, pemula pasti bingung memilih plugin yang benar-benar dibutuhkan. Apa saja sih plugin yang cocok untuk pemula? Temukan beberapa opsinya di bawah ini!

  • UpdraftPlus Backup

WordPress memang bisa dibilang sempurna, namun tidak dengan penggunanya. Bisa saja gara-gara Anda salah setting, maka Anda tidak bisa mengembalikan website ke kondisi semula. Nah agar mimpi buruk itu terjadi, sebaiknya Anda melakukan backup secara rutin. Nah plugin backup yang paling newbie-friendly yang bisa Anda pasang yaitu UpdraftPlus Backup.

  • Akismet

Salah satu masalah yang dapat memperburuk kondisi website yaitu spam. Jika spam score website tinggi, maka traffic menurun, begitupun dengan peringkat di search engine. Nah untuk menangkal serangan spam, Anda bisa memasang plugin Akismet.

  • Yoast SEO

Suka atau tidak, Anda mesti memikirkan SEO agar website bisa scale up. Namun bagi pemula, SEO ini seperti hutan belantara. Pemula belum paham dan tak tahu harus memulainya dari mana. Nah ada satu plugin yang dapat memudahkan pemula untuk SEO yaitu Yoast SEO. Yoast SEO merupakan plugin yang berfungsi sebagai insight tool, sehingga penggunanya bisa membuat konten yang SEO-friendly.

  • LiteSpeed Cache

Agar loading website secepat kilat, maka Anda bisa meng-install plugin bernama LiteSpeed Cache. Plugin satu ini berfungsi sebagai manajemen caching, jadi sangat bermanfaat untuk kecepatan loading website.

  • Jetpack

Ada beberapa fungsi lain yang diperlukan website WordPress selain beberapa fungsi yang ditawarkan beberapa plugin di atas. Nah sisanya bisa dihendel oleh plugin bernama Jetpack.

 

Users

Menu lainnya yang bisa Bizzie temukan di dashboard WordPress yaitu Users. Sesuai namanya, menu ini digunakan untuk menambahkan user, mengakses profil user, hingga menentukan peran user. Jika Anda orang pertama yang membuat WordPress, maka akan muncul username Admin.

Anda ‘pun bisa menambahkan user baru dengan mengklik Add New. Lalu isi setiap kolom yang ada, termasuk Role (peran). Nah setelah Anda masuk ke halaman Profile, Anda tinggal mengisi setiap kolom sesuai dengan data diri Anda. Anda juga bisa setting foto profil dengan bantuan Gravatar.

 

Tools

Cara membuat website dari nol sebenarnya bisa dimulai dari menu Tools. Ya betul sekali, terdapat opsi Import didalam menu Tools yang dapat digunakan untuk migrasi data website/blog lama ke website baru Anda. Selain itu, Anda ‘pun bisa menggunakan tool Export jika sewaktu-waktu Anda ingin memindahkan data website ke website baru. Tool keren lain yang bisa Anda temukan yaitu Site Health! Lewat tool ini, Bizzie bisa mengetahui kondisi website dari berbagai sisi.

 

Settings

Menu dasar terakhir yang bisa diakses yaitu Settings. Sesuai namanya, menu ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai pengaturan. Misalnya jika Anda mengklik opsi General, maka disitu Anda bisa mengatur judul website, tagline, URL, bahasa, dan lainnya. Lewat menu ini, Bizzie juga bisa menemukan opsi Disable Comments. Ya, Anda bisa menentukan apakah akan mengaktifkan komentar atau tidak.

Kesimpulan Cara Membuat Website Dari Nol Sampai Jadi

Nah Bizzie, itulah cara membuat website dari nol sampai jadi. Lewat panduan di atas, Anda bisa memiliki website tanpa perlu menyewa developer website lagi. Anda tak perlu jago coding agar membuat website, khususnya website dengan CMS WordPress.

O ya, jika Anda ingin membuat website, maka langkah pertama yaitu membeli hosting di DewaBiz. DewaBiz punya banyak paket hosting dengan harga terjangkau dan spesifikasi dewa. Untuk pemula, Bizzie bisa memilih cloud hosting. Dengan harga mulai dari Rp.9.900 saja setiap bulannya, Anda sudah bisa mendapatkan hosting terbaik di Indonesia.

 

Related Posts