fbpx

Jenis Jenis Toko Online di Indonesia

Ketika perkembangan di Indonesia melahirkan banyak startup . Buat toko online yang menjual produk sangat lengkap seperti mall dengan keunggulannya masing-masing. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dengan mudah dan cepat tanpa perlu repot hanya duduk di depan perangkat laptop, tablet, atau smartphone yang terhubung dengan internet.

Daftar toko online terbaik dan terpopuler di Indonesia, toko online yang saya sebutkan memiliki model bisnis yang berbeda-beda, ada C2C (consumer to consumer) dan B2C (business to consumer) dll.

1. Tokopedia

Tokopedia.com merupakan salah satu toko online terbaik di Indonesia dengan model bisnis marketplace. Sejak awal hingga akhir tahun 2015, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis. Dengan visi “Membangun Indonesia yang lebih baik melalui Internet”, Tokopedia memiliki program untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan individu untuk mengembangkan usahanya dengan memasarkan produknya secara online.

Tokopedia telah berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia yang paling cepat berkembang. Tokopedia juga berhasil mencatatkan sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc.

2. Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka dan terbaik di Indonesia (alias jaringan toko online) yang dimiliki dan dioperasikan oleh PT. Bukalapak. Layaknya layanan jual beli online dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menawarkan peluang untuk berjualan di mana saja dari consumer-to-consumer.
Siapapun bisa membuka toko online untuk kemudian melayani prospek dari seluruh Indonesia secara individu maupun massal. Pengguna perorangan atau perusahaan dapat melakukan jual beli baik produk baru maupun bekas seperti sepeda, handphone, perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, , tablet, peralatan rumah tangga, pakaian, elektronik dan lain-lain.

3. Shoppe

Shopee adalah toko online dan e-commerce teratas di Indonesia yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena) yang didirikan oleh Forrest Li pada tahun 2009. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015 dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun di atas konsep e-commerce global, Shopee menjadi salah satu dari “5 startup e-commerce paling disruptif” yang diterbitkan oleh In Asia.

Baca Juga :  Apa Itu Email Marketing? Kenali Pengertian dan Strategi Penggunaannya

Shopee sendiri dikelola oleh Chris Feng. Chris Feng adalah mantan aktivis internet Rocket yang pernah mengelola toko online Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura sebagai social, mobile-centric marketplace pertama di mana pengguna dapat menelusuri, berbelanja, dan menjual kapan saja.

Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online menjadi mudah dan aman baik bagi penjual maupun pembeli.
Setelah itu, Shopee yang berbasis di Singapura berekspansi ke negara-negara ASEAN lainnya, membuka Shopee Indonesia, Shopee Malaysia, Shopee Thailand, Shopee Taiwan, Shopee Vietnam dan Shopee Filipina.

4. Lazada

Lazada Indonesia merupakan pusat belanja online yang menawarkan berbagai jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, perlengkapan rumah tangga, serta perlengkapan perjalanan dan olahraga. Didirikan pada tahun 2012, LAZADA Indonesia adalah salah satu cabang dari jaringan ritel online LAZADA di Asia Tenggara.

LAZADA International Group di Asia Tenggara terdiri dari LAZADA_Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand dan LAZADA Filipina. LAZADA Networks, Asia Tenggara adalah anak perusahaan dari perusahaan jaringan Internet Jerman Rocket Internet. Rocket Internet adalah perusahaan inkubator online yang telah berhasil menciptakan bisnis online yang inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek Rocket Internet termasuk Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal), dll.

5. Blanja.com

Blanja.com adalah situs toko online terbaik atau marketplace online murah, aman dan terpercaya. Situs jual beli ini merupakan joint venture antara Telkom Indonesia dan eBay di bawah payung PT. Metra Plasa dan telah memiliki lebih dari ribuan dealer yang menawarkan berbagai produk dari berbagai kategori seperti , gadget, komputer, kesehatan, otomotif, real estate dan banyak lagi.

Toko online ini juga memiliki aplikasi untuk smartphone dengan sistem operasi dan iOS, serta sistem pembayaran yang sangat sederhana dan lengkap, karena memiliki hubungan kerjasama dengan beberapa bank terbaik dan terkemuka di tanah air, seperti Mandiri, BNI, BCA , BRI, BTN , Mega, Niaga. , ANZ, BII dan sebagainya. Jika Anda melihat nama di balik toko ini, Anda dapat yakin bahwa ini adalah toko online yang aman dan terpercaya. Belanja bisa dilakukan dengan proses sederhana, pembayaran dan pengiriman juga mudah.

6. FJB Kaskus

FJB Kaskus adalah forum atau forum jual beli Kaskus dimana para pengguna Kaskus dapat menjual dan/atau membeli barang atau jasa yang mereka inginkan. Kaskus yang didirikan oleh Andrew Darwis ini awalnya hanya sebuah forum komunitas, namun karena banyak pengguna Kaskus atau yang sering disebut Kaskuser memanfaatkannya sebagai tempat transaksi jual beli maka dibuatlah Kaskus FJB.

Baca Juga :  post Menggunakan VPS (Virtual Private Server) Bagian 2

Di forum FJB ini anda bisa menjual atau membeli barang dan jasa dengan mudah dan gratis, ada banyak kategori produk di forum jual beli ini. Untuk menjadi penjual, Anda hanya perlu mendaftar sebagai anggota Kaskus. Dan jual beli di Kaskus juga sangat aman karena menggunakan metode pembayaran dengan sistem akun yang dikelola oleh Kaskus sendiri.

7. OLX Indonesia

OLX Indonesia (sebelumnya tokobagus.com) adalah iklan baris di Indonesia yang berfokus pada tempat jual beli produk dan jasa secara online dan gratis bagi penjual dan pembeli yang menggunakan layanan OLX Indonesia. OLX Indonesia adalah tempat di mana Anda dapat menemukan barang-barang baru atau bekas yang berkualitas seperti Produk Elektronik, Mobil, Alat Olah Raga, Rumah Tangga, Peralatan Rumah Tangga, Aneka Jasa, Peluang Kerja dan Produk Lainnya.

Bahkan ada juga situs seperti ini yang bernama Berniaga yang juga sangat terkenal dan memiliki pengguna yang tidak kalah dengan olx. Namun, pada 14 November 2014, OLX Indonesia mengumumkan bahwa bisnisnya akan bergabung dengan OLX Indonesia pada 2015, dan akhirnya proses merger selesai pada Februari 2015.

8. Bhinneka.com

Bhinneka.com merupakan pionir toko situs e-commerce online yang hingga saat ini terus tumbuh dan berkembang menjadi situs e-commerce terbesar di Indonesia. Disebut Pioneer Troupe karena situs keanekaragaman ini dimulai sebelum abad ke-21, sekitar tahun 1996-1999. Tentunya sebelum adanya Bhinneka.com masih ada yang mengingat toko online pertama di Indonesia yang sudah lama tidak ada yaitu toko buku sanur.co.id, berbeda dengan toko online yang mati sezamannya, maka Bhinneka terus mengembangkan perkembangan berikut hingga sekarang.

Setelah itu, Bhinneka.com dan beberapa situs lain seperti Kaskus muncul dari tahun ke tahun.
Bhinneka.com (Webstore No.1 Indonesia) memiliki visi menjadi pemain “kepemilikan rumah” sesuai slogan, bagaimana menjadi pilihan belanja online bagi masyarakat Indonesia. Seperti yang ditulis oleh pendiri Bhinneka.com Hendrik Tio dalam profil webnya, layanan antusias dari hati inilah yang membangun kepercayaan dan gempuran persaingan yang akan dihadapi di masa depan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.