fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessDigital MarketingMedia SosialPanduanPengetahuanTechnologyWordpressWordpress

Mengenal Jenis Backlink dan Penjelasan Lengkapnya

Yanti puspita

Salah satu faktor yang mendukung keberadaan website atau blog kita di halaman hasil mesin pencari (SERP) adalah backlink. Padahal, membuat backlink di anggap penting dalam membuat website yang SEO friendly.

Oleh karena itu, wajib bagi pemilik website atau blog untuk mengenali berbagai jenis backlink agar halaman website Anda berpotensi muncul di halaman pertama mesin pencari. Sebelum membahas jenis backlink, Anda perlu mengetahui apa itu backlink. Berikut ulasannya.

Backlink adalah istilah dalam SEO yang mengacu pada link yang ada di website lain dan mengarah ke website Anda. Dari sudut mesin pencari, backlink adalah bukti bahwa situs/konten memiliki kualitas yang baik dan layak untuk dijadikan referensi bagi pengguna untuk mencari informasi.

Tidak hanya itu, mesin pencari dapat menemukan website Anda karena telah di jelajahi melalui backlink. Meski terdengar sederhana, pada kenyataannya konsep backlink tidak semudah yang Anda pikirkan karena jika Anda memasang terlalu banyak backlink tanpa pertimbangan, website Anda justru akan di anggap spam oleh mesin pencari, bukannya mendapatkan posisi teratas.

Karena melihat manfaat backlink yang dapat meningkatkan peringkat website di SERP, terkadang pengguna hanya terpaku membuat backlink sebanyak-banyaknya daripada meningkatkan kualitas konten. Apakah Anda tahu jenis-jenis backlink? jika belum Anda perlu menyimak artikel ini sampai akhir. Yuk simak artikel ini.

Sekarang setelah Anda tahu bahwa backlink adalah salah satu dari banyak faktor yang memengaruhi reputasi situs web di SERP, mari kita lihat jenis backlink. Jenis-jenis backlink adalah sebagai berikut:

Pada website yang menyediakan CMS (Content Management System), Anda dapat menulis artikel dan menyisipkan berbagai link dalam tulisan Anda. Jenis backlink ini cukup ampuh untuk membuat backlink di sebuah website.

Berbagai situs yang memiliki CMS seperti Kompasiana, Blogspot, WordPress, Kaskus dan lain sebagainya. Namun, Anda perlu membuat posting yang memiliki konteks yang sama dengan tautan yang Anda arahkan ke situs web Anda untuk menghindari tanda spam dari perayap Google.

Backlink jenis ini menggunakan fitur kolom komentar dari blog atau website orang lain untuk menyertakan link ke website Anda, namun tidak sembarang blog atau website bisa menjadi sarana “mempromosikan” backlink tersebut.

Website yang menjadi target backlink Anda harus memiliki tema yang relevan dengan website Anda, juga semakin sedikit orang yang berkomentar di situs tersebut maka semakin besar peluang situs Anda di lihat oleh pengunjung situs.

Anda dapat menemukan backlink ini di media sosial, situs web komunitas, dan forum yang mengharuskan Anda membuat profil. Tautan balik tersebut dapat di tempatkan di profil akun Anda sehingga tautan balik ini di sebut tautan balik profil tautan.

Untuk memasukkan jenis backlink ini, Anda hanya perlu membuat akun dan menempatkan tautan yang mengarah ke situs web Anda di profil akun yang Anda buat.

Jenis backlink ini adalah backlink yang paling populer di gunakan para blogger dan website developer dalam membangun backlink ke website mereka. Social Bookmarking site merupakan tempat untuk menyimpan dan menandai banyak list website.

Sebagai contoh situs yang dapat di jadikan sebagai social bookmarking sites adalah Reddit, Pinterest, dan Dig. Anda bisa menyimpan backlink pada berbagai situs.

Backlink blogrolls sangat populer di kalangan blogger lama, Blogspot atau pengguna WordPress tepatnya. Pada sebuah halaman website atau blog, terdapat sidebar yang berisi kumpulan blogroll pengunjung. Sayangnya, fungsi blogroll tidak lagi digunakan saat ini karena situs web harus bebas dari widget yang tidak perlu.

Document or Image Sharing Backlink menggunakan fitur seperti berbagi dokumen atau gambar untuk mendapatkan backlink. Tentu saja, dokumen atau gambar yang di simpan harus di unggah terlebih dahulu agar dapat terhubung ke situs web kita.

Saat mengedit dokumen, Anda cukup sertakan tautan yang mengarah ke situs web Anda. Sedangkan ketika kita mengupload sebuah gambar, kita bisa langsung masuk ke website kita di kolom deskripsi gambar.

Seperti namanya, backlink jenis ini adalah backlink yang di dapat dengan cara menempatkan link di halaman beranda media sosial. Backlink ini sangat mudah di dapatkan karena Anda hanya perlu membagikan link tersebut ke media sosial yang Anda miliki.

Namun, beberapa website media sosial menggunakan no-follow, sehingga membuat backlink jenis ini tidak efektif untuk optimasi website.(ADR)

Jika Anda seorang pengembang situs web, Anda dapat menyisipkan backlink di footer situs web yang Anda buat. Namun hal ini jarang di lakukan, karena backlink jenis ini kurang efektif di gunakan, apalagi jika ingin mengoptimasi beberapa link sekaligus.

Namun, jika Anda memiliki wewenang untuk mengedit artikel di Wikipedia, maka Anda memiliki peluang bagus untuk memasang backlink di bagian bibliografi Wikipedia.

Jika backlink komentar blog menyisipkan link di bagian komentar, Guestbook Backlink menyisipkan link di halaman buku tamu atau kontak. Namun, Anda perlu sedikit berhati-hati dalam memposisikan backlink dengan cara ini, karena jika buku tamu penuh dengan backlink spam, backlink yang Anda dapatkan berkualitas rendah dan sangat rentan ditandai sebagai spam oleh crawler Google.

Pada prinsipnya, Image Sharing Backlink sama dengan backlink berbagi dokumen. Saat Anda mengunggah gambar ke situs berbagi gambar, Anda dapat menyisipkan tautan yang mengarah ke situs web dalam deskripsi gambar yang akan Anda unggah.

Karena memiliki kelebihan dan manfaat yang begitu penting, maka tidak ada salahnya jika Anda ingin mendapatkan backlink berkualitas untuk meningkatkan kredibilitas website Anda. Untuk itu, cari tahu cara mendapatkan backlink berikut.

Buat konten berkualitas

Rahasia utama mendapatkan backlink berkualitas adalah menghasilkan konten yang berkualitas. Apa saja kategori konten berkualitas? Salah satunya adalah dengan menggunakan bahasa yang sederhana, penjelasan yang mudah dipahami dan dapat menjawab pertanyaan yang dicari pembaca.

Oleh karena itu, tidak heran jika website lain menggunakan konten Anda sebagai referensi informasi karena kualitas konten yang mereka miliki dan tidak segan-segan memberikan backlink sebagai bentuk apresiasi.

Membuat Guest Post

Membuat konten di website/blog lain juga berpotensi mendapatkan backlink berkualitas tinggi. Untuk mendapatkan akses ke situs yang menawarkan guest post, Anda dapat mencari informasi di forum/grup blogger media sosial. Yang penting untuk di ingat adalah untuk selalu memperbaiki niche Anda dengan blog yang membuka peluang untuk guest post.

Jasa Backlink sekarang menawarkan banyak paket harga backlink di situs yang sudah memiliki kredibilitas baik. Anda dapat memanfaatkan jasa backlink jika Anda ingin mendapatkan backlink, jika Anda tidak ingin meluangkan waktu untuk membangun PBN / guest post. Tentunya Anda harus menyiapkan biaya untuk membayar layanan backlink ini karena harganya yang cukup variatif.

Baca Juga