fbpx

Jangan Panik, Inilah Cara Melacak HP Hilang dengan Email

dengan email bisa Bizzie lakukan ketika kehilangan ponsel yang kini menjadi salah satu benda penting dan harus selalu dibawa kemana saja. Memang kehilangan HP merupakan pengalaman hidup paling buruk untuk siapa saja. Pasalnya kehilangan HP mengartikan uang Bizzie sebesar jutaan rupiah ikut raib sesuai harga ponsel tersebut. Selain itu jika maka ada banyak data penting di dalamnya yang ikut serta.

Sering kali terjadi peristiwa kehilangan HP yang membuat siapa saja selaku pemiliknya kerepotan karenanya. Oleh sebab itulah banyak orang mencari cara bagaimana melacak HP yang sudah terlanjur hilang untuk mengembalikan benda penting tersebut. Tak jarang orang lebih memilih melacak HP karena merasa sayang dengan uang yang sudah mereka keluarkan untuk membelinya. Selain itu data di dalam HP lebih penting dan tidak bisa kembali jika ponsel sudah terlanjur hilang.

Bagaimana Tutorial Melacak HP Hilang dengan Email?

Sebenarnya ada banyak langkah untuk mengetahui posisi ponsel yang raib salah satunya adalah dengan melacak HP hilang dengan email. Cara ini tergolong mudah karena di setiap ponsel terpasang email yang tidak akan hilang dengan mudah kecuali seseorang yang menemukan HP tersebut masuk dan langsung menghapus yang tersemat di dalamnya. Dengan demikian email menjadi sarana efektif dalam melacak keberadaan ponsel yang lepas dari genggaman.

Sebenarnya cara untuk melacak HP yang hilang bukan hanya dengan memanfaatkan email. Masih banyak sarana lain yang sama efektif sehingga meminimalisir ponsel menjauh dan raib entah kemana. Bagi Bizzie yang belum tahu, di bawah ini ada banyak cara untuk melacak HP dengan mudah dan memanfaatkan semua fitur di dalam ponsel. Terapkan cara tersebut ketika ponsel Bizzie tiba-tiba hilang dan ingin mencarinya. 

1. Tutorial Melacak HP Hilang Menggunakan Email

Adapun melacak HP hilang dengan email merupakan salah satu langkah yang paling banyak dikenali oleh kebanyakan pengguna ponsel pintar zaman sekarang. Pihak sendiri sudah menciptakan sistem operasi android yang menetapkan kewajiban kepada para pengguna ponsel untuk memasukkan alamat email mereka pada platform Google Play Store. Dengan email yang sudah terhubung, Bizzie dapat melacak HP yang menghilang.

Baca Juga :  Manfaat Cloud Hosting Bagi Website Bisnis

Cara satu ini bisa Bizzie coba di beberapa merk ponsel pintar antara lain Vivo, Samsung, Oppo dan Xiaomi sekalipun. Agar bisa melacak HP yang sudah hilang melalui email, Bizzie bisa mencoba cara-cara berikut ini:

  • Pertama silahkan Bizzie login email yang sudah terpasang di HP hilang pada ponsel pintar lainnya.
  • Sesudah berhasil masuk ke akun email, Bizzie bisa memilih tampilan dalam versi web.
  • Kemudian pilihlah ikon bergambar 9 titik yang ada di sudut kanan atas layar ponselnya.
  • Selanjutnya tekan Akun Google atau bernama Google Account dan gulir layar ke bawah.
  • Lanjutkan melacak HP hilang dengan email dengan memilih opsi bertuliskan Temukan Ponsel Bizzie dan pilihlah nama HP yang sedang menghilang.
  • Lalu masukkan lagi email HP yang menghilang dan pilihlah opsi Temukan.
  • Jika muncul, Bizzie bisa menekan opsi Tutup.
  • Terakhir pilih jenis HP yang ingin dilacak dan tekan ikon refresh agar bisa memperbarui posisi HP yang sedang menghilang.

Apabila cara melacak HP hilang dengan email di atas sudah dilakukan, segeralah mungkin untuk mendatangi lokasi terbaru ponsel tersebut. Pasalnya cara satu ini akan memakan daya baterai Bizzie yang sedang menghilang dan tidak mungkin dicas jika belum ketemu.

2. Tutorial Melacak HP Hilang Menggunakan Google Maps

Jika cara melacak HP hilang dengan email dirasa kurang efektif, sebenarnya masih ada beberapa langkah yang dapat Bizzie lakukan untuk segera mungkin menemukan ponsel yang menghilang. Kali ini Bizzie bisa memanfaatkan layanan Google Maps yang pastinya secara otomatis terpasang di sistem ponsel tersebut. Cara melacaknya sendiri terbilang mudah, Bizzie bisa mengikuti tahapan berikut ini:

  • Pertama-tama silahkan buka Google Maps di ponsel lain.
  • Setelah itu Bizzie bisa masuk ke menu bertuliskan Pengaturan atau Setting yang ada di dalam Google Maps.
  • Lanjutkan dengan membagi lokasi dan mulai yang berada di sudut kiri atas layar menu Google Maps.
  • Selanjutnya pilihlah waktu untuk memulai pelacakan. Waktu pelacakannya sendiri bervariasi mulai dari selama 1 jam atau sampai dinonaktifkan agar bisa melacak ponsel yang hilang tersebut. 
  • Sebagai informasi, langkah ini  tetap termasuk melacak HP hilang dengan email karena cara selanjutnya adalah tekan pilih orang dan silahkan masukkan alamat email dan nomor ponsel yang ingin Bizzie lacak.
  • Terakhir bagikan dan kemudian pilih aktifkan.
Baca Juga :  Web Server Adalah: Pengertian dan Cara Kerjanya

Dengan cara tersebut,  HP yang tengah Bizzie cari akan terlacak selama 24 jam penuh menggunakan trik tersebut. Tetap saja Bizzie harus sesegera mungkin menuju tempat HP terbaru saat Google Maps menunjukkan sebuah lokasi. Sebab bukan tidak mungkin orang yang menemukan HP Bizzie sudah terlanjur membawa ponsel lebih jauh sehingga memperkecil kemungkinan Bizzie menemukan lagi ponsel yang hilang.

3. Melacak HP dengan IMEI

Selain cara melacak HP hilang dengan email dan Google Maps, Ada cara yang tidak kalah jitu untuk menemukan ponsel hilang. Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan IMEI atau singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI sendiri adalah identitas sebuah ponsel yang biasanya terdiri dari kombinasi 15 sampai 16 digit angka berbeda.

Sebagai informasi, biasanya nomor tersebut berada di bodi perangkat ponsel misalnya ada di bagian baterai. Agar bisa melakukan alternative melacak HP hilang dengan email atau tepatnya menggunakan IMEI, Bizzie bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

  • Pertama silahkan mengurus surat keterangan hilang di dalam kantor polisi serta pihak provider kartu SIM yang Bizzie gunakan.
  • Kemudian hubungi call center atau bisa mendatangi langsung gerap operator yang menyediakan jaringan.
  • Lalu berikan nomor IMEI serta ponsel Bizzie, dan petugas akan segera menginformasikan lokasi HP yang tengah hilang.

Perlu Bizzie ingat, alternatif dari melacak HP hilang dengan email ini hanya berhasil selama ponsel yang menghilang itu dalam keadaan tersambung dengan , GPS dan kondisinya masih menyala. Selain itu cara ini efektif apabila kartu SIM masih terpasang di tempatnya. Karena itulah urus segera mungkin sebelum ponsel Bizzie mati atau parahnya di-restart ulang oleh oknum tidak bertanggung jawab.

4. Melacak HP iPhone yang Hilang

Opsi lain dari melacak HP hilang dengan email di iPhone adalah dengan memanfaatkan akun iCloud. Caranya sendiri antara lain:

  • Pertama silahkan kunjungi situs resmi iCloud.
  • Kemudian sign in memakai Apple ID ponsel yang menghilang.
  • Lewati tahap Two Factor Authentication dan langsung pilihlah Find My iPhone.

Itulah tutorial melacak HP hilang dengan email terlengkap dan bisa Bizzie praktikan secara langsung ketika ponsel menghilang tanpa jejak. Ikuti juga cara alternatif lain agar ponsel bisa segera ketemu.