fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Jangan Panik Dulu, Begini 7 Cara Mengatasi Admin Bar WordPress Tidak Muncul

Yodik Prastya

Mencari cara mengatasi Admin Bar WordPress tidak muncul? Ya, sesaat setelah berhasil login dan akan masuk ke homepage, Anda mungkin menyadari bahwa admin bar Anda biasanya, tidak ada di tempatnya. Ambil nafas, tenangkan diri Anda dulu karena masalah semacam ini tergolong umum dialami.

Bagaimana Cara Mengatasi Admin Bar WordPress Tidak Muncul?

Cara mengatasi Admin Bar WordPress tidak muncul ini perlu Anda ketahui jika Anda tak ingin hanya mengakses fitur yang ada di bagian Menu Bar. Tentunya Anda akan terbatas dalam menyesuaikan website atau untuk melakukan posting dan sebagainya. Kalau sudah begini, tentu saja Anda akan direpotkan dan mau tak mau harus mencari cara untuk mengembalikannya lagi.

Perlu Anda ketahui bahwa penyebab hilangnya Admin Bar WordPress ini bisa saja bermacam-macam. Penyebab yang umum antara lain adalah adanya plugin atau theme yang tiba-tiba error atau tidak cocok, adanya perubahan di theme yang memicu terhapusnya salah satu kode, hingga masalah widget yang berhenti bekerja dan sebagainya.

Lantas, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencoba keluar dari situasi yang merepotkan ini?

1. Non-aktifkan plugin dan widget satu per satu

karena menjadi salah satu penyebab umum, maka tak ada salahnya Anda mulai dari plugin dan widget. Silakan buka dashboard website lalu masuk ke menu Plugin dan nonaktifkan plugin aktif satu persatu. Begitu pula dengan widget yang juga bisa Kamu coba cara yang sama.

Tak menutup kemungkinan setelah salah satu plugin atau widget Kamu nonaktifkan, admin bar bisa kembali muncul.

Apabila sudah Anda temukan elemen yang jadi penyebabnya, mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk menggantinya dengan alternatif lain. Atau jika Anda tidak bisa berganti, maka masih ada opsi kedua ini. 

2. Coba theme lain

Selain kedua elemen di atas, tak menutup kemungkinan pula bahwa theme yang Anda gunaka saat ini sedang bermasalah. Maka dari itu, setelah menonaktifkan theme saat ini, lanjutkan dengan coba menginstal dan megaktifkan theme WordPress lain terlebih dahulu.

3. Periksa footer.php

Perlu Anda ketahui pula bahwa adanya script yang kurang sesuai penulisannya, juga bisa membuat bar admin menjadi tidak muncul. Hal ini bisa terjadi pada elemen tulisan, widget maupun pada file php lain yang dapat memicu footer tidak dapat dipanggil. Pada saat footer tidak tampil, maka admin bar pun juga ikut tidak muncul.

Untuk mencoba memperbaikinya, Anda bisa masuk ke halaman dashboard lalu temukan file footer.php. Setelah itu, silakan buka file tersebut kemudian pastikan bahwa kode wp_footer ada di dalamnya menggunakan fitur pencarian (Ctrl+F). Kode ini biasanya berada sebelum penutup body tag:

<?php wp_footer(); ?>
</body>

Selain itu, Anda juga bisa  kode <?php get_footer(); ?> ada di file php (misalnya di page.php, single.php, dan sebagainya). Lakukan secara teliti agar tidak ada yang terlewat.

4. Periksa user profile

Penyebab lain bar admin tidak muncul adalah karena user profil yang tidak diisi dengan benar. Maka dari itu, pastikan bahwa user profile telah terisi lengkap dan benar, utamanya pada bagian nama.

5. Gunakan function

Alternatif lain yang juga layak untuk Anda lakukan adalah dengan menggunakan function. Caranya adalah dengan menambahkan kode dibawah ini ke file function.php maupun file kustom function yang Anda gunakan:

function admin_bar(){
if(is_user_logged_in()){
add_filter( ‘show_admin_bar’, ‘__return_true’ , 1000 );
}
}
add_action(‘init’, ‘admin_bar’ );

6. Bersihkan cache

Apabila semua sudah Anda coba, mungkin masalah terletak pada browser yang Anda gunakan untuk mengakses WordPress. Untuk memastikannya, coba buka tab baru dalam mode penyamaran (incognito) di aplikasi browser Anda. Selanjutnya coba untuk login dari tab tersebut. 

Apabila pada tab samaran tersebut bar admin bisa ditampilkan, maka sepertinya Anda perlu menghapus cache browser terlebih dahulu. Bisa saja bukan, cache yang sudah terlalu menumpuk memicu masalah pada proses menampilkan elemen web yang diakses?

7. Pastikan versi WordPress sudah terbaru

coba ingat kapan terakhir kali Anda memperbarui versi WordPress Anda? Jika Anda sudah lupa, mungkin ini saat yang tepat untuk memeriksa pembaruan. Perbarui WordPress Anda dengan mengunduhnya dari situs resmi penyedia.

Kesimpulan

itulah 7 cara mengatasi Admin Bar WordPress tidak muncul yang bisa Anda coba. Ingat, jangan terburu panik dan tetap tenang. Lakukan penelusuran masalah secara sistematis untuk menghindari masalah yang lebih parah.

Baca Juga