fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

GeneralSEO

Inilah 21 Istilah Penting Dalam Seo Yang Wajib Anda Tahu

Yanti puspita

Istilah penting dalam SEO – SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya mengoptimasi sebuah website untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian Google secara organik. SEO berperan dalam meningkatkan kinerja di mesin pencari. SEO juga merupakan strategi untuk meningkatkan peringkat website atau blog.

Dengan mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian, pasti traffic website Anda juga akan meningkat. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang SEO, ada baiknya pahami beberapa istilah penting dalam SEO. Hal ini dikarenakan banyak istilah yang perlu dipahami agar tidak terjadi kebingungan dalam penerapannya.

21 Istilah Penting SEO Yang Harus Diketahui Pemula

SEO dalam pemasaran digital adalah proses meningkatkan lalu lintas web sekaligus membuat situs web muncul di halaman pertama mesin pencari Google. Untuk melakukannya, tentunya Anda perlu menerapkan berbagai teknik SEO yang ada.

Namun sebelum bisa menerapkan teknik SEO ini, mari pahami dulu istilah penting dalam SEO yang akan dibahas di bawah ini.

1.      Anchor Text

Anchor text adalah istilah penting dalam SEO yang berupa teks atau kata-kata. Dimana Anda akan menyisipkan tautan/tautan internal untuk mengarahkan audiens ke halaman web lain atau ke bagian tertentu dari halaman yang sama.

Umumnya Anchor Text ditandai dengan warna dan/atau gaya teks yang berbeda. Ini digunakan sebagai navigasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

2.      Kata Kunci

Kata kunci istilah penting dalam SEO yang digunakan sebagai topik utama artikel. Istilah Kata kunci juga sekaligus memberi tahu mesin pencari saat robot sedang melakukan crawling di situs web Anda.

3.      SEO On Page

Selanjutnya, istilah penting dalam SEO yang berupa teknik optimisasi mesin pencari dan di lakukan pada halaman web untuk meningkatkan peringkat umumnya di sebut SEO On Page. Tujuannya adalah membuat halaman web lebih relevan dengan mesin telusur dan pengguna, sehingga meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas organik ke situs web.

4.      SEO Off Page

SEO Off-Page adalah teknik optimisasi mesin pencari yang di lakukan di luar halaman web untuk meningkatkan peringkatnya dalam hasil pencarian organik. Tujuan penerapan SEO Off Page adalah untuk meningkatkan otoritas dan popularitas website di mata mesin pencari dan pengguna.

5.      Latent Semantic Indexing (LSI)

LSI adalah istilah penting dalam SEO yang berupa teknik analisis semantik yang di gunakan oleh mesin pencari untuk menentukan hubungan antara kata kunci dan pencarian pengguna.

LSI bekerja dengan menganalisis hubungan antara kata kunci yang di gunakan dalam konten situs web, dan membangun profil semantik untuk konten tersebut.

6.      Backlink

Link dari website lain yang mengarah ke website Anda di sebut backlink. Adanya backlink berkualitas adalah salah satu teknik SEO Off-Page yang paling penting untuk di lakukan. Hal ini di karenakan backlink merupakan sinyal bagi mesin pencari bahwa situs Anda sering di jadikan rujukan atau referal.

7.      Do Follow Link

Do Follow Link adalah salah satu istilah penting dalam SEO yang berarti tautan atau hyperlink. Yang memberikan nilai SEO (Search Engine Optimization) dan memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti tautan dari satu situs ke situs lainnya.

Dalam hal ini, do follow link ini menandakan mesin pencari untuk mengikuti dan mengindeks situs web yang di tautkan. Dan juga memberikan otoritas atau kepercayaan kepada situs web yang mendapatkan tautan tersebut.

8.      No Follow Link

No Follow Link juga merupakan salah satu istilah penting dalam SEO yang memiliki arti link yang memungkinkan pengunjung mengklik link tersebut namun tidak memberikan sinyal SEO kepada mesin pencari.

9.      Call to Action (CTA)

CTA adalah istilah penting dalam SEO yang berupa instruksi atau undangan yang di tujukan kepada pengunjung situs web untuk melakukan tindakan tertentu. CTA juga dapat di gabungkan dengan penawaran khusus atau diskon untuk meningkatkan daya tarik dan konversi.

10.  Meta Description

Deskripsi meta adalah salah satu istilah penting dalam SEO yang memiliki arti tag HTML yang di gunakan untuk memberikan deskripsi singkat tentang konten halaman atau situs web. Deskripsi ini biasanya muncul di bawah judul halaman di hasil mesin pencari dan memberikan deskripsi singkat tentang konten di halaman tersebut.

11.  Keyword Stuffing

Keyword Stuffing adalah tindakan memasukkan kata kunci atau frasa berulang kali ke halaman atau konten situs web, terlepas dari konteks dan kualitas konten.

12.  Cloaking

Cloaking adalah tindakan menyajikan konten berbeda ke mesin telusur dan pengguna situs web. Ini adalah istilah penting dalam SEO yang buruk dan mungkin melanggar pedoman yang di tetapkan oleh Google.

13.  ALT Text

ALT Text adalah deskripsi teks alternatif yang di sediakan untuk gambar di halaman web. Ini di gunakan untuk membantu mesin pencari memahami konten gambar di halaman situs, untuk meningkatkan peringkat situs dalam hasil pencarian gambar.

14.  Meta Title

Meta title atau judul meta adalah istilah penting dalam SEO yang berupa tag HTML yang di gunakan untuk memberi judul atau nama pada halaman web. Istilah Meta title umumnya muncul di bagian atas jendela browser dan juga di tampilkan di hasil mesin pencari sebagai judul halaman sebuah web.

15.  Meta Tag

Tag HTML yang umum di gunakan untuk memberikan informasi mengenai halaman web ke mesin pencari dan browser seperti halnya Google di sebut Meta Tag.  Meta tag ini dapat berupa deskripsi halaman, kata kunci, pembuat halaman web, dll.

16.  Schema MarkUp

Schema MarkUp adalah jenis istilah penting dalam SEO yang merupakan kode yang di tempatkan pada halaman web untuk memberikan informasi yang lebih detail kepada mesin telusur tentang konten halaman.

17.  Featured Snippet

Featured Snippet adalah istilah penting dalam SEO yang berupa alat pencarian di mesin pencari yang menampilkan jawaban langsung terkait dengan pertanyaan atau pencarian pengguna di bagian atas halaman hasil pencarian.

18.  SERP

Search Engine Results Page atau yang umum di singkat SERP ini adalah halaman hasil mesin pencari. Ini adalah halaman web yang di tampilkan oleh mesin pencari, seperti Google atau Bing, setelah pengguna memasukkan kata kunci atau frase pencarian.

19.  Query

Query adalah istilah penting dalam SEO yang di gunakan dalam konteks mesin pencari. Dan mengacu pada kata kunci atau frase yang di masukkan pengguna untuk mencari informasi di internet. Saat pengguna memasukkan Query, mesin pencari akan menemukan dan menampilkan halaman web yang paling relevan dan berguna untuk kueri tersebut di halaman hasil pencarian.

20.  Canonical

Canonical adalah elemen HTML yang di gunakan untuk memberi tahu mesin pencari bahwa satu halaman web adalah salinan dari halaman web lain dan bahwa halaman tersebut tidak asli atau utama. Anda perlu mengatur Canonical ini agar Google tidak menemukan duplikat konten di mesin pencari.

21.  Sitemap

Sitemap adalah istilah penting dalam SEO yang merupakan file XML atau HTML yang mencantumkan semua halaman web di situs web dan struktur hierarkisnya. Peran sitemap ini adalah untuk membantu mesin telusur memahami struktur situs web Anda dan mengindeks halaman dengan lebih efisien.

Istilah penting dalam SEO yang telah di jelaskan di atas tidak mencakup semua kebutuhan SEO. Tetapi tetap memberikan pengetahuan yang berguna bagi Anda dalam memahami istilah-istilah SEO. Dengan istilah penting dalam SEO ini, sekarang Anda bisa memahami beberapa hal yang terlibat dalam analisis SEO untuk konten website.

Baca Juga