fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Intip 7+ Cara Buka Control Panel di Windows 10

Wiliam

Control Panel sudah dikenal sebagai salah satu alat manajemen bawaan resmi dari Windows. Yang mana telah memungkinkan bagi para penggunanya untuk bisa melihat, mengelola, sampai memodifikasi pengaturan dasar pada sistemnya. Jadi tidaklah heran, jika para pengguna sering kali memakai Control Panel dalam berbagai keperluan.

Namun dari berbagai keperluan yang ada, tak jarang pengguna hanya tahu mengenai dasar komputer saja dalam penggunaannya. Mereka semua tidak menyadari bahwasannya ada banyak sekali cara untuk bisa membuka Control Panel ini di Windows 10. Paling tidak ada 7+ cara buka Control Panel di Windows 10 yang wajib bizzie ketahui.

7+ Cara Buka Control Panel di Windows 10

Apabila saat ini bizzie sedang memakai komputer dengan penggunaan dari Windows 10 maupun 11. Maka setidaknya ada 7 cara buka Control Panel di Windows 10 yang bisa bizzie coba. Dimana seluruh cara ini bisa diikuti dengan mudah sesuai tahapannya. Dimulai dari : 

1. Cara Buka Control Panel di Windows 10 Memakai Search Box

Pertama-tama bizzie bisa memakai Search Box. Sebagian besar pengguna mengatakan bahwa cara tersebut telah menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan. Fitur dari Search Box ini ada pada pojok kiri Taskbar Windows dan umumnya berada tepat di samping tulisan Start Menu. Untuk bisa menggunakannya, berikut adalah tahapan yang bisa bizzie ikuti : 

  • Carilah ikon Search Box dan klik. Kemudian ketik saja tulisan Control pada kolom yang tertera di layar.
  • Selanjutnya adalah pilih Control Panel.
  • Jika sudah, maka jendela dari Control Panel akan langsung terbuka dengan sendirinya.

2. Cara Buka Control Panel di Windows 10 Memakai Menu Setting Windows

Selain cara pertama, ada juga cara lain yang bisa dilakukan yakni memakai bantuan Menu Setting Windows. Walau cara yang dijalankan agak sedikit panjang daripada poin sebelumnya. Namun cara ini masih mendominasi untuk tetap digunakan sampai detik ini. Perihal penggunaannya, berikut adalah tahapan yang bisa bizzie ikuti : 

  • Pertama langsung saja pilih Start Menu di Taskbar Windows, lalu tekan Menu Settings.
  • Jika sudah, maka lihat di bagian kolom yang bertuliskan Find a Setting dan ketik tulisan Control Panel.
  • Nantinya, dari daftar pencarian akan muncul Control Panel yang bizzie ingin buka sebelumnya.

3. Cara Buka Control Panel di Windows 10 Memakai Start Menu

Cara ketiga yang bisa bizzie ikuti adalah dengan memakai bantuan dari Start Menu. Apabila kedua cara sebelumnya tidak dapat dimengerti, maka bisa ikuti tahapan dari cara berikut : 

  • Bizzie harus lebih dulu menekan tulisan Start Menu yang tersedia di Taskbar.
  • Selanjutnya, scroll ke bawah sampai menemukan folder bertuliskan Windows System dan buka saja.
  • Jika sudah, maka temukan Control Panel. 
  • Untuk dapat mempermudah aksesnya. Maka bizzie bisa klik kanan CP ( Control Panel ) > klik More > lalu Pin to Taskbar.

4. Control Panel di Windows 10 Bisa Dibuka dengan Bantuan Windows Run

Opsi selanjutnya yang dapat bizzie ikuti adalah dengan memakai bantuan Windows Run. Dimana fiturnya bisa mencari atau bahkan membuka program yang berada persis di dalam sistem Windows. Perihal penggunaannya, bizzie bisa ikuti tahapan berikut ini : 

  • Sesuai standar, bizzie bisa mulai menekan tombol Windows pada Keyboard dan huruf R ( Windows + R bersamaan ). 
  • Jika sudah, maka Windows Run telah terbuka. 
  • Kemudian, bizzie bisa langsung saja menuliskan kata Control Panel pada kolom yang dimaksud. Lalu, klik OK atau ENTER demi bisa melanjutkannya sampai tahapan benar-benar selesai.

5. Task Manager Juga dapat Berfungsi untuk Membuka Control Panel pada Windows 10

Selanjutnya adalah menggunakan bantuan Task Manager. Berkat bantuan fitur yang satu ini, bizzie bisa leluasa memantau kondisi dari sumber daya perangkat yang saat ini sedang dijalankan. Tak sampai situ, bizzie juga bisa membuka Control Panel dengan mudah nantinya. Perihal pemakaiannya, maka bizzie bisa langsung ikuti tahapannya berikut ini : 

  • Pertama, pada area Taskbar bizzie klik kanan di area kosongnya. Lalu klik Task Manager atau bisa juga cara singkatnya menggunakan CTRL+SHIFT+ESC.
  • Jika sudah, langsung pilih menu File dan Run New Task.
  • Kemudian, bizzie bisa langsung ketikan kata Control Panel pada kolom pencarian dan OK / ENTER.

6. Cortana Berguna dalam Membuka Control Panel di Windows 10

Alternatif lainnya yang bisa bizzie gunakan adalah dengan memanfaatkan Cortana. Dimana ia sudah menjadi salah satu asisten virtual berbasiskan Voice Command. Fitur ini nantinya hanya bisa ditemukan pada pengguna Microsoft di Windows 10. Untuk dapat menggunakannya, maka bizzie bisa ikuti tahapan berikut : 

  • Pastikan lebih dulu bahwa bizzie sudah memiliki akun Microsoft di komputer maupun laptop.
  • Jika sudah punya, tanpa basa basi langsung saja buka aplikasi Cortana. Kemudian login menggunakan akun tersebut.
  • Apabila sudah ada di dalam aplikasinya, maka ketik saja kata Control Panel. Nantinya CP ini akan terbuka dengan sendirinya.

7. Cara Buka Control Panel di Windows 10 dengan CMD atau Command Prompt 

Selain memiliki fungsi utama untuk bisa menjalankan barisan perintah dan juga melakukan tugas tanpa adanya GUI. Melalui CMD ATAU Command Prompt, maka Control Panel yang terdapat pada Windows 10 nantinya bisa terbuka. Selain itu, bizzie juga bisa melakukan berbagai macam konfigurasi dasar pada Windowsnya. Yakni : mematikan Windows Update, memperbaiki kerusakan yang terjadi pada file sistem, sampai mampu memformat hard disk. 

Perihal cara penggunaannya, berikut adalah tahapan yang dapat diikuti : 

  • Pertama, bizzie bisa langsung buka Command Prompt menggunakan bantuan Mode Administrator.
  • Setelahnya, jalankan perintah sesuai dengan petunjuk yakni menekan OK / ENTER.
  • Jika sudah, tunggu sebentar sampai CP muncul dan terbuka dengan sendirinya.

Sesuai dengan informasi yang ada, dimana bizzie bisa mengetahui 7 cara buka Control Panel di Windows 10. Semua cara tersebut bisa digunakan dengan mudah, dan salah satu diantara semua caranya bisa untuk bizzie pakai.

Baca Juga