fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Inilah Cara Mengetahui IP Client dari Server Terpercaya

Wiliam

Satu pertanyaan yang sampai dengan saat ini masih sering muncul adalah cara mengetahui ip client dari server. Perkembangan teknologi yang terus berkembang seperti sekarang ini memberikan banyak sekali metode atau cara bisa digunakan untuk mengetahui IP client.

Pada kesempatan kali ini juga akan dibahas lengkap mengenai cara mengetahui ip client dari server. Sedangkan, untuk bizzie yang ingin mengetahui IP client bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian IP Addres

Sebelum membahas mengenai cara mengetahui IP client dari server, maka bisa dimulai dari segi pengertian terlebih dahulu. Pada dasarnya, Internal Protocol (IP) addres ini deretan angka biner yang disusun dengan kisaran diantara 32 bit – 128 bit.

Selain itu, IP Addres ini bisa digunakan sebagai alamat identifikasi masing-masing komputer. Hadirnya IP versi IPv6 ini digunakan untuk memberikan antisipasi, ketika IPv4 sudah mulai kehabisan daya tampung.

Mengingat, kemajuan teknologi ini bisa mendorong juga semakin berkurangnya persediaan IP Addres di seluruh dunia. Semakin tinggi bit di dalam IP Addres komputer ini akan menghadirkan koneksi yang lebih cepat.

Setelah IP Addres di dalam jaringan komputer. Ada juga istilah lain yang juga harus diketahui oleh bizzie, yaitu DNS server dan DHCP server. Ketiga istilah ini mempunyai peran yang sangat penting, untuk menunjang penggunaan komputer bizzie di dalam suatu sistem jaringan.

Biasanya, pada DHCP server client akan menerima pengalamatan IP Addres yang sudah diatur secara otomatis. Pasangan, DNS server adalah penggunaan IP Addres bisa digunakan untuk mengatur hanya di lpv4.

Cara Mengetahui IP Client dari Server Menggunakan Komputer

Cara mengetahui ip client dari server menggunakan komputer ini bisa dilakukan dengan meminta bantuan dari command prompt, mengakses control panel dan pengaturan wifi. Sebagai berikut penjelasan lengkap di cara yang satu ini :

1. Membuka Command Prompt

●       Pertama, bizzie bisa langsung saja membuka “start menu” dan mengetikkan “run”. Ketikkan juga “cmd” dan pilih “ok”.

2. Memasukkan Perintah Ipconfig

Di dalam command prompt, bizzie bisa mengetikkan perintah ipconfig dan memilih menu “enter”. Untuk alamat IP ini akan muncul dan dijadikan sebagai penanda cek IP ini sudah berhasil dilakukan oleh bizzie.

Cara Mengetahui IP Client dari Server Menggunakan Control Panel

Lakukan beberapa langkah sebagai berikut, untuk cara mengetahui ip client dari server menggunakan control panel :

1. Membuka Control Panel

Klik menu “start” di Windows dan mencari “control panel” menggunakan fitur pencarian tersebut.

2. Membuka Pengaturan Internet

Di dalam halaman control panel, bizzie bisa membuka pengaturan internet dan memilih “network and sharing center”. Setelah itu, memilih sub menu “view network status and tasks”.

3. Memilih Koneksi yang Akan Digunakan

Setelah itu, akan muncul beberapa menu dan pilih saja “wifi” yang akan digunakan.

4. Membuka Detail Koneksi

Status Wifi yang bizzie gunakan ini akan muncul dan memilih menu “details”. Setelah itu, akan muncul secara detail koneksi beserta dengan alamat IP yang dibutuhkan oleh bizzie.

Cara Mengetahui IP Client dari Server Menggunakan Network & Internet

Sebagai berikut cara mengecek IP client menggunakan Network & Internet :

1. Membuka Pengaturan Wifi

Bizzie bisa membuka menu pengaturan “wifi” di perangkat yang sedang digunakan. Pilih juga ikon “wifi” yang berada di bagian pojok kanan atau  di bawah toolbar.

2. Membuka Properties Wifi

Setelah itu, bizzie membuka properties wifi dan scroll sampai dengan bawah. Bizzie akan menemukan informasi lengkap mengenai alamat IP client.

Cara Mengetahui IP Client dari Server Menggunakan Android

Pada saat menggunakan Android, ada dua cara mengetahui ip client dari server yang bisa dilakukan. Sebagai berikut penjelasan mengenai dua cara tersebut :

1. Menggunakan Pengaturan Wifi

Ketika bizzie sedang menggunakan jaringan wifi di smartphone yang digunakan. Sebagai berikut cara untuk mengetahui alamat IP client dari server :

●   Membuka “pengaturan” – “connections” – “wifi”.

●   Klik pada menu jaringan wifi yang bizzie sedang gunakan.

●       Informasi IP Addres ini akan terlihat di informasi wifi.

2. Menggunakan About Phone

Ketika bizzie sedang menggunakan mobile data, sebagai berikut cara yang bisa digunakan : “settings” – “about phone” – “status” di perangkat telepon.

Cara Mengetahui IP Client dari Server Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Tidak hanya menggunakan kedua cara diatas saja. Ada lagi cara mengetahui IP client dari server di aplikasi pihak ketiga, sebagai berikut beberapa langkah yang bizzie harus lakukan :

1. Download Aplikasi Cek IP

Seperti yang diketahui, bahwa untuk saat ini banyak sekali aplikasi pengecek IP addres. Salah satu aplikasi yang bisa bizzie gunakan adalah My IP Addres.

2. Membuka Aplikasi My IP Addres

Bizzie hanya cukup membuka aplikasi My IP Addres dan alamat IP perangkat smartphone yang digunakan akan muncul secara otomatis.

Meski banyak sekali cara mengetahui IP client dari server yang bisa digunakan. Akan tetapi, beberapa cara yang sudah disebutkan diatas ini paling mudah dilakukan dan banyak berhasilnya dibandingkan gagal.

Pilih saja salah satu cara mengetahui IP client dari server yang menurut bizzie paling mudah dilakukan. Ketika masih bingung, bizzie bisa membuka tutorial video di salah satu halaman internet mengetahui cara cek IP client dari server.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap dan jelas mengenai cara mengetahui IP client dari server. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang ingin tahu perihal IP Client.

Baca Juga