fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Inilah Fungsi Saturation Pada Aplikasi Edit Foto

Wiliam

Mari mengenal apa itu fungsi saturation pada aplikasi edit foto agar hasilnya terlihat bagus. Edit foto menggunakan aplikasi edit foto sebelum posting media sosial menjadi hal umum yang dilakukan oleh banyak orang.

Guna membuat tampilan foto yang menarik, baik itu lebih cerah atau estetik, tidak sedikit pengguna yang melakukan pengaturan disana-sini. Saat ini, sebagian besar aplikasi edit foto menyediakan fitur menarik yang bisa digunakan untuk memberikan hasil foto lebih menarik.

Salah satunya adalah fitur saturation. Saturation merupakan fitur yang paling umum dan banyak digunakan di dalam proses editing foto. Namun, apa fungsi saturation pada aplikasi edit foto?

Nah, di kesempatan kali ini akan menjelaskan lebih detail mengenai fitur editing yang saat ini umum dan tersedia di banyak aplikasi photo editor. Apa bizzie merasa penasaran? Langsung saja cek ulasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Saturation?

Sebelum masuk ke pembahasan inti dari fungsi saturation pada aplikasi edit foto , maka dimulai dari segi pengertian terlebih dahulu. Saturation merupakan ukuran atau nilai kecerahan warna di foto.

Semakin tinggi nilai saturation, maka semakin cerah pula warna dari foto tersebut. Sebaliknya semakin rendah nilai saturation, maka warna foto akan terlihat buram. Fitur colour saturation di dalam aplikasi edit foto bisa bizzie gunakan untuk mengatur kecerahan. Sehingga, untuk foto yang bizzie miliki bisa terlihat lebih tajam lagi.

Apa Itu Fungsi Saturation Pada Aplikasi Edit Foto?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa fungsi teknis dari fitur saturation adalah mengatur kecerahan warna di foto. Namun di dalam editing, kehadiran fitur saturation ini menawarkan lebih dari hal tersebut.

Fitur ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan nilai dari sebuah foto. Untuk lebih jelas, sebagai berikut adalah penjelasan mengenai apa fungsi saturation pada aplikasi edit foto  :

1. Mempertajam Tampilan Foto

Salah satu fungsi saturation pada aplikasi edit foto adalah untuk mempertajam kualitas foto. Pengaturan saturasi ini bisa membuat foto menjadi lebih hidup dan berkesan.

Di dalam perihal ini, bizzie bisa menaikkan nilai saturasi warna sesuai dengan keinginan guna mendapatkan hasil foto dengan warna lebih tajam. Bahkan, bizzie bisa mendapatkan hasil foto ideal.

2. Memberikan Nilai Estetik

Pengaturan saturasi warna juga bisa memberikan nilai estetik di hasil foto bizzie. Di dalam hal ini, bizzie bisa mengatur saturasi sesuai dengan kebutuhan dan objek foto yang ingin dijadikan highlight. Saat ini, ada banyak tutorial yang memberikan tips setting saturasi guna memberikan eksan foto estetik di suatu foto.

3. Menentukan Titik Fokus Pada Foto

Di setiap foto pasti mempunyai titik fokus dari objek yang sudah dipotret. Titik fokus dari foto ini bisa dipertegas dengan cara menggunakan pengaturan saturasi yang tepat.

Dengan mengatur saturasi warna yang tepat, maka bizzie bisa memberikan penekanan pada titik fokus objek pada foto. Selain itu, hal ini juga akan membantu di dalam menyampaikan tema dan tujuan foto bizzie.

4. Membantu Pencahayaan Pada Foto

Di dalam fotografi, pencahayaan merupakan salah satu elemen paling penting. Selain itu, setiap tema foto juga mempunyai pencahayaan yang berbeda-beda atau tidak sama.

Fitur saturation ini bisa digunakan untuk membantu di dalam mengatur pencahayaan di dalam foto. Sehingga, tema di foto tersebut bisa terlihat lebih standout dan menarik lagi.

5. Menyesuaikan Kualitas Foto Pada Saat Dicetak

Fungsi lain dari fungsi saturation pada aplikasi edit foto kali ini jarang disadari oleh pengguna. Penyesuaian kualitas foto saat dicetak ini harus diperhatikan guna mendapatkan hasil menarik dan tidak pecah.

Seperti yang diketahui, bahwa banyak dari kalangan masyarakat yang merasa kesal di saat hasil cetakan fotonya pecah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, bizzie bisa memanfaatkan fitur satu ini. Sudah banyak juga yang menggunakan fitur ini dan hasilnya benar-benar menarik.

Cara Menggunakan Fitur Saturation

Setelah membahas perihal pengertian dan fungsi saturation pada aplikasi edit foto, bagian berikutnya adalah cara menggunakan fitur ini. Fitur saturation ini pada umumnya bisa ditemukan di semua jenis aplikasi edit berbasis profesional. Seperti Adobe Photoshop Express, Photo Director dan lain-lain.

Biasanya, fitur saturasi ini juga bisa ditemukan di bagian pengaturan warna maupun kecerhana. Kebanyakan aplikasi edit foto saat ini sudah menggunakan konsep slider guna mempermudah pengguna untuk mengatur saturasi warna melalui fitur ini.

Namun, ada juga aplikasi edit foto yang menyediakan konsep scale. Dengan hal tersebut, maka memungkinkan bizzie untuk mengatur saturasi warna dengan menggunakan angka tertentu.

Penggunaan fitur saturation di dalam hal editing foto sendiri pada umumnya juga disandingkan dengan pengaturan fitur hue. Hue merupakan fitur yang memungkinkan editor atau pengguna untuk memilih jenis warna apa yang ingin dipertajam.

Hal Penting Terkait dengan Saturation

Di dalam pengaturan saturasi warna, memperhatikan tingkat kecerahan dan kontras di foto adalah hal sangat amat penting. Jika tingkat saturasi warna terlalu tinggi, maka kecerahan foto akan menjadi terlalu tinggi dan kontas foto akan terlalu rendah Sebaliknya di saat pengaturan saturasi terlalu rendah, maka kecerahan foto akan menjadi terlalu rendah dan kontras foto menjadi tinggi.

Sekian sedikit penjelasan mengenai fungsi saturation pada aplikasi edit foto. Singkatnya, fitur saturasi warna ini bisa digunakan untuk mencerahkan datau mempertajam want adi foto. Semoga ulasan di atas tentang apa fungsi saturation pada aplikasi edit foto bisa bermanfaat.

Baca Juga