fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Inilah Cara Mengubah Nama Aplikasi Pada Android dan Icon dengan Mudah

Wiliam

Aplikasi adalah sesuatu hal yang tidak asing lagi di perangkat seluler yang digunakan oleh bizzie. Dari semua pengguna perangkat seluler Android maupun iOS ini sudah menggunakan aplikasi guna melakukan operasional.

Akan tetapi, apakan bizzie pernah berpikir untuk melakukan perubahan tampilan perangkat seluler menjadi berbeda. Icon dan nama aplikasi di perangkat seluler ini bisa diganti oleh bizzie.

Kebanyakan orang melakukan pergantian nama dan icon aplikasi dengan dukungan launcher keren yang bisa di download pada halaman Google. Disini, akan dibahas lengkap perihal cara mengubah nama aplikasi pada Android. Simak lebih lengkap dibawah ini mengenai cara mengubah nama aplikasi pada Android.

Cara Mengubah Nama Aplikasi Pada Android

1. Aplikasi Awesome Icons

Cara mengubah nama aplikasi pada Android yang pertama bisa dilakukan, yaitu download dan install aplikasi Awesome di Google Play Store. Setelah itu, install aplikasi tersebut.

Pada saat membuka aplikasi Awesome, bizzie akan langsung diarahkan ke dalam menu “quick start” terlebih dahulu. Di dalam halaman tersebut, bizzie bisa melihat deretan aplikasi ANdroid dan developernya.

Di bagian bawah juga ada fitur kamera dan frame yang bisa dipilih oleh bizzie. Pilih saja salah satu fitur kamera untuk melakukan perubahan icon di dalam aplikasi dengan hasil jepretan foto secara langsung.

Icon frame yang akan diganti sebagai icon aplikasi ini bisa menggunakan gambar yang disimpan. Selanjutnya, klik pada fitur yang paling kiri dan memilih menu “create shortcut”. Dibagian launch, bizzie bisa memilih aplikasi yang ingin diganti namanya. Setelah itu, pilih icon aplikasi untuk melakukan pergantian nama dan icon. Pilih saja nama maupun gambar yang cocok diterapkan pada aplikasi tersebut.

Apabila cara mengubah nama aplikasi pada android yang pertama ini sudah dilakukan, maka bizzie bisa langsung memilih menu “save”. Akan tetapi, di saat bizzie melihat hasil aplikasinya menjadi dua jenis dan pertama original kedua sudah di edit. Maka dari itu, bizzie bisa langsung saja memilih aplikasi yang kedua dan menghapus aplikasi pertama.

2. APK Editor

APK Editor adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan perubahan icon dan nama aplikasi. APK Editor ini juga bisa digunakan oleh bizzie secara gratis maupun berbayar. Apabila bizzie ingin menggunakan APK Editor dengan mode root atau non root juga bisa dilakukan.

Akan tetapi, untuk kesempatan kali ini akan dibahas cara mengubah nama aplikasi pada android tanpa menggunakan non root. APK Editor ini bisa digunakan untuk melakukan edit aplikasi bawaan dan install. Bizzie juga bisa install aplikasi satu ini di Google Play Store.

Install aplikasi APK Editor terlebih dahulu di Google Play Store dan buka aplikasinya. Apabila proses instalasi sudah selesai, maka bisa langsung melakukan perubahan icon dan nama aplikasinya.

Pada menu utama dari APK Editor, bizzie bisa langsung memilih menu “select apk from app”. Cari aplikasi yang akan dilakukan perubahan nama dan iconnya. Setelah itu, pilih juga fitur “common edit” agar bisa masuk ke dalam proses edit.

Ketika ingin melakukan perubahan icon, maka bisa langsung memilih menu “launcher icon” dan memilih salah satu gambar yang akan dijadikan sebagai icon. Satu hal perlu diingat, untuk pilihan gambar yang akan dijadikan icon aplikasi ini harus mempunyai format .png.

Apabila bizzie ingin melakukan perubahan nama aplikasi, maka bisa dilakukan pada menu yang sebelumnya. Setelah semuanya selesai, maka bizzie bisa memilih menu “save” untuk menyimpan hasil edit aplikasi tersebut.

Uninstall aplikasi yang dijadikan sebagai bahan edit terlebih dahulu. Setelah itu, install aplikasi yang sudah bizzie edit di dalam media penyimpanan perangkat seluler digunakan oleh bizzie.

3. Nova Launcher

Nova Launcher merupakan salah satu aplikasi yang mempunyai fitur paling lengkap di perangkat seluler Android. Pada aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan untuk menerapkan cara mengubah nama aplikasi pada android.

Caranya juga sangat mudah, yaitu tinggal install aplikasi Nova Launcher di Google Play Store. Bahkan, untuk bizzie juga bisa melakukan download di Google. Ketika ingin melakukan pergantian nama maupun icon, maka harus install terlebih dahulu Nova Launcher.

Setelah itu, buka menu “Nova Setting” dan masuk ke “look dan feel”. Pilih icon theme dan pilih salah satu yang paling keren dan diinginkan oleh bizzie. Semua icon pada aplikasi Android ini akan melakukan perubahan.

Meski ada beberapa aplikasi yang iconnya dan namanya sama saja. Bizzie bisa langsung saja masuk ke dalam menu “Nova Setting” dan pilih salah satu aplikasi yang ingin dilakukan perubahan iconnya.

Setelah itu, akan muncul banyak sekali menu pilihan dan pilih “suntung” atau melakukan edit sesuai dengan keinginan. Pilih salah satu gambar yang diinginkan oleh bizzie akan dijadikan sebagai icon. Pilih menu “save” dan gambar yang harus dibuatkan icon dengan format .png. Ketika ingin diletakkan pada home screen harus mempunyai ukuran 192 x 192 pixel.

Masih banyak lagi alat yang bisa membantu di dalam proses cara mengubah nama aplikasi pada android. Akan tetapi, untuk beberapa pilihan di atas sangat mudah sekali digunakan dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara mengubah nama aplikasi pada android. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang ingin melakukan perubahan nama dan icon aplikasi sesuai dengan apa yang diinginkan.

Baca Juga