fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Inilah Cara Mengatasi Layar HP Terbalik Paling Jitu

Wiliam

Mengembalikan tampilan layar HP terbalik merupakan sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan, karena sistem operasi HP umumnya sudah dilengkapi dengan pengaturan orientasi secara mendasar. Dengan menggunakan pengaturan ini, Bizzie lebih leluasa untuk memutar tampilan layar HP sesuai dengan kebutuhan mulai dari kondisi normal ke atas menjadi terbalik ke bawah atau miring ke kanan atau kiri.

Opsi untuk memutar orientasi layar HP pun sangat mudah digunakan. Bahkan saking mudahnya, Bizzie terkadang mengaksesnya tanpa sengaja dan membuat tampilan menjadi terbalik atau miring begitu saja.

Maka dari itu, Bizzie tidak perlu khawatir jika hal tersebut terjadi. Bizzie soalnya bisa sangat mudah untuk mengembalikan tampilan layar terbalik tersebut sendiri. Bahkan, tanpa bantuan dari orang – orang yang lebih ahli.

Bagi Bizzie yang belum tahu, ada dua cara mengatasi layar HP terbalik yang bisa digunakan. Daripada membuat Bizzie semakin penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkap mengenai cara mengatasi layar HP terbalik dibawah ini.

Penyebab Layar HP Terbalik

Sebelum membahas cara mengatasi layar HP terbalik, Bizzie juga harus paham terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Sebagai berikut beberapa penyebab layar HP terbalik yang harus Bizzie ketahui :

1.  Sengaja Diubah Oleh Teman

Penyebab kali ini mungkin saja dilakukan. Namanya orang iseng, biasanya tidak ada tujuan secara khusus. Teman yang sengaja mengatur rotasi agar miring 90° atau 270°, hingga posisi terbalik 180°  pasti sudah tahu cara mengatasi layar HP terbalik.

Namun, pemilik HP akan merasa kebingungan san mengira ada masalah serius pada perangkat tersebut. Keisengan teman ini tidak termasuk berbahaya. Teman yang melakukan ini barangkali hanya bermain-main atau bergurau saja.

2. Salah Pencet Tombol  Kombinasi

Penyebab kali ini juga mungkin saja terjadi tanpa disengaja. Mungkin di saat mengetikkan atau menggunakan tombol kombinasi, secara tidak sengaja malah kepencet layar terbalik. Kesalahan menggunakan tombol ini akan membuat layar HP miring sampai benar-benar terbalik.

3. Kesalahan Pada Saat Merubah Pengaturan

Setelah melakukan pembaharuan di HP, biasanya ada yang tidak terdeteksi di registry. Termasuk bagian pengaturan bisa saja mengalami perubahan yang membuat layar HP berubah. Kesalahan kali ini mungkin saja terjadi pada HP, setelah melakukan update.

4. Keinginan Melihat Perspektif Lain

Perspektif lain yang dimaksud kali ini adalah sengaja mengatur rotasi layar terbalik supaya melihat gambar ilustrasi dua sisi atau membaca ebook agar setiap halaman bisa terbaca secara keseluruhan. Alasan kali ini tentu sengaja dilakukan oleh pihak pemilik HP sesuai dengan keinginan dan tujuan.

Masalah perubahan display HP bisa menyebabkan rotasi layar HP terbalik. Untuk mengatasi hal tersebut, Bizzie bisa mengikuti cara mengatasi layar HP terbalik dibawah ini.

Cara Mengatasi Layar HP Terbalik

Untuk kasus layar terbalik mungkin akan memperluas akses root. Maka dari itu, Bizzie harus mempersiapkan install aplikasi Root Explorer terlebih dahulu.

Root Explorer bisa Bizzie download di Google Play Store maupun halaman Google. Apabila sudah install aplikasi Root Explorer, sekarang bisa membuka aplikasi dan masuk ke dalam direktori root atau sistem.

Cari file dengan nama build. prop, setelah ketemu sentuh agak lama file tersebut dan pilih opsi open with tems editor. Di saat teks editor sudah terbuka, Bizzie viaa mencari line yang bertuliskan ro.sf.hwrotation=120 dan ubah menjadi ro.sf.hwrotation=0.

Pilih save dan apabila ada file build.prop.bak, maka Bizzie bisa menghapus pesan teks tersebut. Melakukan reboot HP Android Bizzie. Satu catatan harus Bizzie ingat, di build.prop tidak ada baris kata ro.sf.hwrotation=120. Silahkan langsung menambahkan sendiri dibagian paling bawah.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh yang Terbaik

Masalah layar HP terbalik terjadi, karena boot img tidak cocok dengan device Bizzie. Selain itu, untuk memperbaiki layar sentuh error dan terbalik adalah install aplikasi boot.img asli atau boot.img stock rom.

Caranya berbeda diantara Android yang satu dengan lainnya. Untuk Android dengan chipset Mediatek, Bizzie bisa flash boot.img menggunakan SP flash tool.

Sedangkan, untuk chipset lain bisa melakukan flash dengan update script melalui CWM. Untuk masalah ini, kali ini Bizzie bisa mencari tahu di halaman internet dengan keyword di grup Android masing-masing.

Cara Mengatasi Layar HP Terbaik ke Service Center

Apabila sudah menggunakan 2 cara mengatasi layar HP terbalik di atas tapi tetap gagal, maka Bizzie bisa langsung saja berkunjung ke tempat service center terdekat. Sebelum menggunakan cara mengatasi layar HP terbalik, Bizzie harus tahu dimana lokasi tempat service centernya.

Seperti yang diketahui, bahwa setiap HP mempunyai tempat service berbeda-beda. Maka dari itu, kamu harus mengumpulkan informasi seputar tempat service agar tidak salah berkunjung.

Lakukan konsultasi terhadap para ahli pada tempat service tersebut agar bisa membantu Bizzie di dalam permasalahan tersebut. Satu hal penting lainnya yang harus diperhatikan, bahwa layar HP miring ini bisa terjadi pada salah satu komponen.

Maka dari itu, Bizzie harus melakukan perbaikan atau merubah pada komponen tersebut. Hindari membuka mengotak-atik mesin HP sendiri, karena rawan terjadinya kerusakan pada beberapa komponen lainnya.

Apabila harus melakukan perbaikan komponen untuk cara mengatasi layar HP terbalik, Bizzie bisa meminta garansi. Biasanya, pihak service center akan memberikan masa garansi kurang lebih 2 bulan.

Itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara mengatasi layar HP terbalik. Semoga penjelasan diatas bisa memberikan banyak manfaat dan membantu,ya.

Baca Juga