fbpx

Inilah 5 Penyebab Blue Screen Pada Komputer

, bahwa penyebab dengan masalah Blue Screen ini nyatanya kerap menjadi masalah bagi para pengguna PC maupun laptop. Hal ini disebabkan, masalah Blue Screen ini sering membuat komputer restart sendiri.

Bahkan banyak pengguna baik laptop maupun PC pasti sering mengalami hal ini, yang mana ketika muncul pada layer ini akan sering mengganggu. Apalagi pada saat sedang dikejar deadline pekerjaan. Sebenarnya ada banyak jenis kerusakan atau masalah yang menyerang . Namun, untuk yang umum terjadi yaitu mengenai blue screen. Lalu apa sebenarnya pada komputer?

Cara Mengetahui Penyebab Blue Screen Pada Komputer

Sebelum mengetahui tentang penyebab Blue Screen pada komputer, terlebih dulu bizzie harus tahu menegenai, apa itu Blue Screen. Blue screen merupakan gagalnya perangkat elektronik baik itu komputer atau sejenisnya yang memakai sistem Windows, dan OS Windows dimana dia mengalami atau kesalahan sehingga dengan terpaksa harus dihentikan.

Biasanya, ketika muncul Blue Screen maka komputer secara langsung akan melakukan restart dengan sendirinya. Namun tidak berlangsung lama dan pasti akan menyala kembali seperti sedia kala. Oleh karena itu, apabila misalnya bizzie mengalami masalah seperti itu tidak perlu panik. Namun, jika dibiarkan begitu saja tentulah itu akan mengganggu ketika memakai komputer.

Oleh sebabnya, untuk mengatasi hal tersebut, maka bizzie harus mengetahui terlebih dulu apa yang menjadi penyebab komputer mengalami Blue Screen. Diantaranya:

1. RAM Rusak

Penyebab Blue Screen pada komputer yang pertama itu adalah RAM rusak. Jika Blue Screen muncul pesan atau tulisan PEN_LIST_CORRUPT atau DATA_BUS_ERROR, maka ada kerusakan pada RAM.

Baca Juga :  Domain Name Generator: Pengertian & Kegunaannya

Masalah ini bisa saja timbul karena pada komputer terpasang 2 slot yang berbeda jenis RAM. Misalnya, pada PC memakai RAM PC2100, sementara slot satunya lagi memakai RAM jenis PC2700.

Karena memang berbeda jenis atau tipe maka inilah yang nantinya akan mengakibatkan ketidakstabilan dari komputer. Oleh sebabnya, jangan salah kalau nanti secara perlahan setelah pemakaian RAM ini akan menyebabkan timbulnya Blue Screen pada komputer.

Penyebab lain jika misalnya komputer mendadak Blue Screen karena RAM, juga bisa disebabkan slot atau memori itu sudah mulai kotor. Solusinya, cukup bersihkan pada kaki pin RAM dengan memakai penghapus pensil.

2. Kerusakan VGA

Selain RAM, penyebab Blue Screen pada komputer untuk bagian hardware atau perangkat keras lainnya yaitu kerusakan pada VGA atau Graphic Card. Apabila nanti timbulkan karena VGA yang rusak, maka akan muncul pesan PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA.

Penyebab komputer Blue Screen dari VGA ini pun, karena video card ini juga sama mempunyai memori. Akan tetapi sebelum mengganti VGA tersebut, maka disarankan untuk bizzie bisa update drivernya terlebih dulu. Sebab bisa saja timbulnya Blu Screen ini memang karena belum update driver.

3. Hardware Bermasalah

Masing-masing dari komponen hardware yang ada pada komputer, juga menjalin komunikasi dengan perangkat keras lainnya. Komunikasi tersebut dilakukan melalui IRQ atau saluran permintaan.

Oleh sebab itu, masing-masing perangkat mempunyai channel tersendiri. Misalnya, untuk keyboard itu menggunakan channel IRQ1, dan lainnya. Dan channel itu harus single, tidak boleh 2. Apabila misalnya nanti dalam perangkat terdapat 2 channel, maka akan terjadi konflik pada komputer tersebut. Ini bisa menjadi penyebab Blue Screen pada komputer lainnya.

4. Laptop atau PC Overheat

Pemakaian komputer yang terus menerus dan disertai dengan bersamaan mengoperasikan program berat, maka dampaknya yaitu meningkatnya suhu pada komponen. Salah satunya adalah prosesor yang cepat panas dan akhirnya mengalami overheat. Lalu, karena terlalu panas, maka performa dari komputer pasti menurun. Oleh karena itu, untuk mengatasinya penting untuk memasang cooling pad. Dengan begitu maka suhu yang panas itu akan cepat turun.

Baca Juga :  Cara Upselling dan Cross Selling Demi Maksimalkan Penjualan

5. Virus atau Malware

Penyebab Blue Screen pada komputer lainnya yang membuat komputer Blue Screen yaitu adanya virus atau , yang sampai masuk jauh ke dalam OS Windows. Jadi, apabila virus tersebut menyerang sampai ke sistem operasi di tingkat terendah, maka bisa membuat tidak stabilnya sistem dalam komputer tersebut.

Tahukah bizzie, bahwa nyatanya ada banyak yang menjadi penyebab terjadinya komputer Blue Screen. Seperti power supply yang bermasalah, softwarenya yang tidak kompatibel dengan sistem dan lainnya.

Cara Mengatasi Laptop/PC yang Tiba-tiba Blue Screen

1. Melakukan Restart Pada Laptop/PC

Hal pertama yang harus bizzie lakukan yaitu dengan merestart laptop atau komputer bizzie terlebih dahulu. Restart dilakukan dengan cara menekan tombol restart kemudian tunggu sampai nanti komputer atau laptop selesai melakukan booting. 

2. Scan Malware

Malware ini pun bisa menjadi salah satu penyebab yang menyebabkan Windows nantinya akan mengalami ketidak stabilan dari sistem. Malware ini pun bisa merusak bagian paling dalam Windows. Untuk mengatasinya pun bisa dilakukan dengan melakukan scan antivirus pada Malware tersebut dengan memakai / antivirus.

3. Memeriksa Hardware Laptop

Apabila misalnya belum berhasil, maka lakukan pengecekan pada bagian hardware, cek bagian Hard disk terlebih dulu. Hard disk yang sudah rusak ataupun kurang baik ini pun nantinya bisa menyebabkan terjadinya Blue Screen pada laptop ataupun komputer.

Dengan penjelasan di atas, maka kini sudah bisa paham bukan apa yang menjadi penyebab Blue Screen pada komputer. Apabila hal itu terjadi maka, cara untuk mengatasinya maka bizzie bisa perhatikan seperti yang sudah dijelaskan.