fbpx

Inilah 5 Fungsi Server yang Harus Diketahui

merupakan sebuah sistem komputer yang memiliki layanan khusus, yang mana pada umumnya berhubungan dengan penyimpanan . Data yang ada di dalam server ini pun merupakan beberapa jenis dokumen dan informasi yang begitu lengkap. Layanan ini bertujuan untuk memberikan keperluan bagi pihak klien` yang menyediakan akses informasi kepada pengguna.

Server ini mempunyai peranan penting untuk mengirim dan menerima data dan informasi secara lebih cepat. Di dalam bentuk fisiknya, server ini adalah sebuah jaringan komputer yang mempunyai ukuran yang sangat besar, yang mana mampu menampung komponen seperti processor dan RAM dengan kapasitas yang besar.

5 Fungsi Server yang Harus Diketahui

Bukan hanya mempunyai fungsi utama yaitu sebagai tempat penyimpanan data dan informasi yang memiliki kapasitas besar, dimana server juga mempunyai fungsi yang lain. Lalu apa saja yang menjadi fungsi server?

1. Melayani Permintaan Komputer

Fungsi server yang pertama yaitu melayani segala permintaan client, baik itu permintaan aplikasi maupun data yang ingin dijalankan. Sistem operasinya pun cepat, mudah dan aman dimana klien nantinya bisa bekerja dengan aman dan efektif.

2. Menyimpan Data juga Informasi

Fungsi server selanjutnya yaitu sebagai tempat penyimpanan data yang dikirimkan oleh klien, seperti jenis dokumen maupun informasi. Server ini pun harus mempunyai kapasitas yang besar supaya nanti bisa menampung data yang banyak.

3. Menyediakan Database 

Perusahaan besar pun nyatanya ada banyak yang memanfaatkan fungsi ini untuk mengaplikasikan segala data besar, yang mana semuanya tersimpanya dapat diolah dan diakses oleh si pengguna. Inilah fungsi server lainnya.

Baca Juga :  Belajar Tentang SEO dan Cara Kerjanya

4. Mengatur Transfer Data Juga File

Perangkat server ini jjuga mempunyai kapasitas seperti RAM dan hardisk yang tinggi, yang mana akan berfungsi untuk mengatur komunikasi dan transfer informasi pada client.

5. Mengamankan Serangan Terhadap Kejahatan

Serangan yang dimaksd merupakan serangan hacker, sehingga server ini nantinya akan berfungsi untuk melindungi komputer atau website dari serangan tersebut. Inilah fungsi server selanjutnya

4 Manfaat Server

Tentunya ada manfaat yang bisa bizzie dapatkan saat akan mengelola jaringan komupter dengan menggunakan server adalah:

1. Keamanan Data Akan Terjamin

Dengan hadirnya server maka bizzie pun akan bisa menyimpan dan menjaga seluruh data dengan lebih aman serta terkontrol setiap saat. Bukan hanya itu saja, data yang telah disimpan oleh klien pun juga bisa diakses dengan mudah dan cepat sesuai dengan keperluan.

2. Menghemat biaya

Tentu ini juga akan menghemat pengeluaran biaya untuk membeli kebutuhan sebuah perangkat penyimpanan data. Server ini pun nantinya akan dapat menyimpan kapasitas yang lebih besar daripada komputer pada umumnya. Dengan begitu, maka klien tidak perlu lagi membeli sebuah perangkat komputer yang banyak karena penyimpanan kapasitas server jauh lebih besar.

3. Manajemen Data Akan Lebih Mudah

Proses pengelolaan dokumen dan informasi yang diperlukan secara tepat akan lebih mudah. Bukan hanya itu saja, namun proses penanganan pun akan lebih cepat. Bukan hanya itu saja, dalam waktu panjang server ini pun akan menjamin penyimpanan data yang disimpan oleh klien. 

4. Memaksimalkan kinerja antar tim

Mampu mengoptimalkan kerja sama maupun kolaborasi di setiap tim maupun departemen. Yang mana dalam sebuah bisnis di bidang informasi dan akan mewajibkan setiap tim bekerja bukan hanya secara offline namun dituntut secara .  Jadi, server ini mempunyai peran penting untuk meningkatkan produktivias setiap karyawan di perusahaan.

Baca Juga : Apa Itu Web Server dan Fungsinya? Yuk Simak Ulasannya

Baca Juga :  5 Tren Desain Grafis Terbaik

3 Jenis-jenis Server

Nyatanya tidak cukup hanya memahami server, berikut jenis-jenisnya yang jjuga bizzie harus ketahui:

1. Mail Server

Mail server erupakan sebuahm penyedia fasilitas pengeolaan dan penyimpanan data  user yang memiliki protokol SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol layaknya seperti HTTP. Selanjutnya, POP3 atau Post Office Protokol ini berfungsi untuk menerima dan menyimpan email.

2. Web Server

server ini seperti perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan website atau laman. Server ini pun nyatanya banyak dipakai sebagai pusat pengaturan pada saat akan memproses website lalu kemudiann disimpan dalam berbagai data, seperti HTML, file CSS dan .

Nanti sebelum memunculkan tampilan website, ini akan menerima dan memproses permintaan . Barulah nanti hasil dikirimkan kembali beserta tampilan laman.

3. Application Server

Bisa dikatakan hampir sama dengan web server, application server ini memberikan layanan untuk memproses setiap permintaan akses dari klien yang terhubung dengan jaringan stabil. Komunikasi ini pun bisa memakai protokol HTTP.

Biasanya akan digunakan untuk mengerjakan suatu prosedur, seperti program script supaya nanti bisat berjalan optimal. 

Bagaimana dengan Cara Kerja Server

Pada umujnya, jika dilihat dari pengertian server, cara kerjanya sebenarnya begitu sederhana. Server ini adalah sebagai media penyedia data dan informasi yang sesuai perimintaan pengguna. Nanti setelah permintaan diterima oleh server, maka akan langsung diproses dan hasilnya kemudian akan dikirim kembali kepada komputer si pengguna.

Sebagai contoh, proses permintaan klien pada web server dengan mengetikkan alamat IP di browser. Lalu nanti, browser akan meminta informasi mengenai website terkait pada web server. Selanjutnya, web server ini akan bertugas mencari data pada server DNS lalu kemudian dikirmkan kembali untuk ditampilkan dalam bentuk website.

Bagaimana? Sekarang bizzie sudah memahami pengertian server, cara kerja, serta jenis-jenisnya serta seperti apa fungsi server bukan? Semoga ini bisa membantu bizzie semua.

Baca Juga : Remote Server Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Aplikasinya