fbpx

Remote Server Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Aplikasinya

Tahu ? Untuk Anda yang hendak menciptakan suatu atau web, setidaknya perlu mengetahuinya. Remote adalah hal yang penting sebab kita menggunakan basis internet dalam operasionalnya. 

Memang dalam dunia ada banyak istilah-istilah asing yang terkadang cukup membingungkan. Tapi jangan khawatir. Simak ini lebih lanjut, ya!

Apa itu Remote Server?

remote server adalah

Supaya lebih mudah memahami, sebenarnya kita bisa mengetahui maknanya dari masing-masing kata saja. Server atau peladen dapat Anda definisikan sebagai bagian dari hardware atau komputer yang berguna memberikan layanan pada perangkat lain. Dalam hal ini adalah klien.

Lalu, remote sendiri berarti jarak jauh. Dengan kata lain, pengendalian yang bisa Anda lakukan, adalah secara nirkabel. Jadi, secara singkat remote server dapat Anda artikan operasional server yang pengendaliannya bisa dengan jarak jauh. Supaya pemahaman Anda bisa lebih baik, berikut definisi lain dari Techopedia.com.

Remote server adalah server yang menyediakan serangkaian layanan bagi pengguna yang terhubung secara jarak jauh dalam internet atau tertentu. Jaringan ini terkoneksi pada sistem internal organisasi, sehingga perlu izin atau autentikasi khusus untuk akses terhadap data.

Fungsi Remote Server

fungsi remote server

Apakah Anda sudah memahami pembahasan akan pengertian dari remote server? Bila sudah, maka kita bisa membahas mengenai apa saja kegunaan dari remote server.

Karena pengendaliannya yang dapat Anda lakukan secara jarak jauh, tentunya hal ini bisa memberikan berbagai kegunaan lain. Hal inilah yang membuat remote server disukai oleh banyak orang pada saat ini. Berikut ini beberapa fungsinya.

Baca Juga :  Fungsi dan Cara Menggunakan Google Trends Bagi Blogger

1. Kemudahan untuk Pemantauan dan Pengendalian Server

Remote server memiliki keunggulan dari segi kemudahan. Walaupun pengguna tidak dalam satu Local Area Network (LAN) yang sama, maka server tersebut tetap dapat diakses. 

Ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan dari kegiatan pemantauan ini. Seperti menghidupkan dan mematikan komputer atau server. 

2. Memungkinkan Hosting untuk Banyak Pengguna

Kemudian, karena dapat diakses secara jarak jauh pula, remote server berguna untuk melakukan hosting kepada banyak pengguna. Oleh karena itu, server-nya sendiri harus didukung oleh spesifikasi yang tinggi. Sehingga pelayanan atau hosting bisa berjalan tanpa hambatan.

3. Tingkat Keamanan yang Lebih Baik

Lalu alasan keamanan juga jadi tujuan para pengembang atau webmaster menggunakan remote server. Pengguna yang hendak menggunakan remote server, tentunya tidaklah sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diketahui agar server tersebut bisa diakses. 

Seperti kata , nama pengguna, serta alamat IP. Servernya sendiri bisa Anda letakkan di tempat yang tersembunyi agar tidak diketahui orang.

4. Memudahkan untuk Pemantauan Resource

Resource adalah salah satu hal pada sistem server yang perlu pemantauan. Dengan menggunakan remote server, pengecekannya dapat Anda lakukan dengan mudah. Ini tentu membuat pengontrolannya dapat lebih mudah dan pelayanan server bisa berjalan baik.

5. Maintenance Server dengan Lebih Mudah

Sebuah server tentunya bisa mengalami hal-hal yang tidak diinginkan sewaktu-waktu. Seperti mengalami crash, bug, atau kesalahan teknis lainnya. Dengan adanya remote server, maintenance bisa dilakukan secara cepat.

Aplikasi Remote Server

aplikasi remote server

Untuk melakukan operasional pada remote server, maka perlu aplikasi pihak ketiga. Kami sudah memiliki beberapa rekomendasi software yang bisa Anda gunakan untuk pemantauan server secara remote.

  • TeamViewer
  • RemoteDesktop
  • Windows Remote Connection
  • Zoho Assist
  • Unified Remote
  • DW Service
  • Chrome Remote Desktop
Baca Juga :  Mengenal Microsite, Micro Tapi Efeknya Macro!

Nah sekarang Anda sudah memahami bahwa remote server adalah hal yang sangat membantu untuk pengendalian pada server. Setelah memahami pengertian serta fungsinya, Anda bisa menggunakan layanan dari DewaBiz untuk kebutuhan web Anda.