fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Inilah 10 Tips Mempercepat Loading WordPress

Yodik Prastya

WordPress sudah menjadi bagian penting dari sebuah website. Bahkan bagi Anda yang tidak menguasai coding sekalipun, pemakaian CMS ini dianggap paling mudah sekali dipelajari. Tidak hanya itu saja, WordPress juga dijadikan media paling penting bagi pemilik bisnis online atau e-commerce dalam memposting produknya.

Untuk menunjang kebutuhan dan transaksi penjualan bisa dijalankan lebih lancar, kinerja WordPress juga harus stabil serta cepat. Jika ingin menaikkan loading berikut ini beberapa tips dan cara untuk menyetingnya.

Tips Mempercepat Loading WordPress

Kecepatan loading yang buruk tidak hanya mengganggu pengalaman pengunjung, tetapi juga dapat memengaruhi peringkat SEO dan tingkat konversi situs Anda. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan langkah-langkah penting untuk mempercepat loading situs WordPress Anda tanpa harus menjadi ahli teknis.

Pilih Hosting Berkualitas Tinggi

Hosting yang buruk dapat menjadi penyebab utama kecepatan loading yang lambat. Pilihlah layanan hosting yang memiliki performa tinggi, server yang dioptimalkan, dan fitur caching yang baik. Hosting berbayar umumnya lebih unggul daripada hosting gratis dalam hal kecepatan dan dukungan.

Gunakan Tema Responsif dan Ringan

Tema WordPress yang kompleks dan berat cenderung memperlambat loading situs. Pilihlah tema yang responsif dan ringan, dengan kode yang terstruktur dengan baik. Hindari menggunakan tema yang memiliki banyak fitur yang tidak Anda butuhkan, karena ini dapat menambah beban server dan memperlambat loading.

Gunakan Plugin Secara Bijak

Plugin adalah keunggulan WordPress, tetapi penggunaan berlebihan dapat menghambat kinerja situs. Hapus atau nonaktifkan plugin yang tidak lagi Anda gunakan. Pilih plugin yang dikenal ringan dan dioptimalkan untuk performa terbaik.

Optimalisasi Gambar

Gambar yang besar dan tidak terkompresi adalah penyebab umum loading lambat. Sebelum mengunggah gambar, kompreslah menggunakan alat kompresi gambar. Silahkan memanfaatkan beberapa gambar berformat JPG pada poto dan format PNG pada gambar transparan.

Manfaatkan Caching

Caching adalah teknik yang menyimpan salinan halaman web sehingga pengunjung tidak perlu mengunduh konten yang sama setiap kali mengakses situs. Gunakan plugin caching untuk mengurangi waktu loading, seperti WP Super Cache atau W3 Total Cache.

Minimalkan Penggunaan JavaScript dan CSS yang Tidak Perlu

Script JavaScript dan CSS yang kompleks dan berlebihan dapat menghambat loading. Hapus atau gabungkan file-file tersebut agar mengurangi permintaan server dan meningkatkan kecepatan loading.

Perbarui WordPress dan Tema Secara Berkala

Penting untuk menjaga WordPress dan tema Anda tetap diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan seringkali mencakup perbaikan bug dan peningkatan performa yang dapat membantu mempercepat loading situs.

Gunakan Content Delivery Network (CDN)

CDN adalah jaringan server yang tersebar secara geografis. Menggunakan CDN akan membantu mengirimkan konten situs kepada pengunjung melalui server yang berlokasi lebih dekat dengan mereka, mengurangi waktu loading.

Hapus Spam dan Komentar Tidak Perlu

Komentar spam dan data tidak perlu lainnya dapat membebani basis data situs Anda. Demi menjaga kinerja tetap optimal, jangan lupa bersihkan berkala. Hal ini bisa menjadi kegiatan rutin bagi Anda yang ingin memaksimalkan kinerja WordPress.

Monitor Kinerja Situs

Gunakan alat monitoring kinerja situs seperti Google PageSpeed Insights atau GTmetrix untuk melacak kecepatan situs Anda dan mendapatkan saran perbaikan lebih lanjut.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat secara signifikan meningkatkan kecepatan loading situs WordPress Anda. Kecepatan yang lebih baik tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga membantu situs Anda mencapai potensi penuhnya dalam hal lalu lintas dan konversi.

Baca Juga