fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Ini 3 Cara Meminta Pengindeksan Ulang URL (Recrawl) pada Google

Yodik Prastya

Cara meminta pengindeksan ulang URL (Recrawl) pada Google dapat Anda lakukan dalam 3 pilihan cara yang bisa dipilih sesuai preferensi. Anda yang ingin segera memastikan bahwa website ada di data indeks Google tak harus pasrah menunggu dan mengajukan permintaan ke mesin pencari. Cara ini juga berguna bagi Anda yang ingin Google mengindeks ulang URL tertentu yang baru saja Anda ubah.

Bagaiman Cara Meminta Pengindeksan Ulang URL (Recrawl) pada Google?

Sebelum mambahas bagaimana cara recrawl ini, mungkin ada baiknya jika sedikit kita ulas dulu tentang apa itu recrawl. Recrawl adalah permintaan dari pengguna kepada Google untuk memeriksa kembali URL untuk kemudian memperbarui informasi dalam indeks mereka. Dalam hal ini, Anda sebagai pengguna ingin meminta Google agar kembali merayapi URL yang telah diperbarui atau ditambahkan di website Anda.

Dengan kata, permintaan ini perlu Anda lakukan jika baru saja membuat halaman baru atau melakukan perubahan pada halaman Anda, seperti mengubah judul, konten, struktur maupun URL. Proses recrawl membantu Anda untuk memastikan bahwa Google akan menampilkan informasi yang paling baru dan paling relevan dari situs Anda kepada para penggunanya.

Anda bisa memilih setidaknya 3 cara untuk mengajukan recrawl yaitu menggunakan alat Pemeriksaan URL, mengirimkan Sitemap atau menggunakan layanan pihak ketiga. Berikut penjelasan langkah masing-masing:

Cara Meminta Recrawl ke Google Menggunakan Alat Pemeriksaan URL

Untuk meminta pengindeksan ulang URL, Anda perlu mengikuti langkah-langkah menggunakan alat Pemeriksaan URL berikut:

  1. Masuk ke Google Search Console menggunakan akun Google Anda
  2. Pilih properti situs web Anda dari menu drop-down (pojok kiri atas)
  3. Pada menu sebelah kiri, klik Inspeksi URL kemudian masukkan URL yang ingin di-recrawl di kolom pencarian
  4. Jika sudah sesuai, kik Enter
  5. Anda bisa segera melihat status URL yang sudah ada di indeks Google pada bagian bawah kotak pencarian. Namun bisa URL belum tersimpan di indeks Google, maka akan muncul pesan “URL tidak ada di Google”
  6. Apabila URL tidak ditemukan, klik Permintaan Pengindeksan hingga Anda melihat pesan konfirmasi bahwa permintaan Anda telah diterima
  7. Tunggu proses crawling ulang yang lamanya bisa bervariasi. Anda juga bisa memeriksa status permintaan tersebut pada halaman Inspeksi URL

Cara Meminta Recrawl ke Google Mengirim Sitemap ke Google Search Console

Sitemap adalah file XML berisi daftar URL dan metadata lain yang memudahkan bot Google dalam memahami struktur website Anda. Anda bisa memanfaatkan Sitemap ini untuk meminta recrawl ke Google dengan langkah sebagai berikut:

  1. Buat Sitemap website Anda dan pastikan sesuai dengan standar Google, tanpa ada kesalahan atau URL rusak. Anda bisa menggunakan alat online atau plugin untuk membuat Sitemap
  2. Setelah file XML siap, login ke Google Search Console menggunakan akun Anda lalu pilih properti website Anda
  3. Klik Sitemaps yang ada di bagian Indeks (menu sebelah kiri)
  4. Masukkan URL Sitemap pada kolom Tambahkan sitemap baru kemudian klik Kirim
  5. Tunggu Google memproses sitemap Anda kemudian menampilkan statusnya pada tabel Sitemaps
  6. Apabila statusnya Berhasil, maka Google sudah menerima sitemap Anda sekaligus berarti URL di dalam Sitemap akan segera diindeks. Namun jika statusnya Gagal, coba perbaiki Sitemap dan ulangi prosesnya

Cara Meminta Recrawl ke Google Menggunakan Ping-o-Matic

Anda juga bisa menggunakan layanan pihak ketiga seperti Fetch as Google atau Ping-o-Matic untuk recrawl ke Google. Ping-o-Matic misalnya, dapat mengirimkan permintaan ping ke berbagai mesin pencari dan direktori yang bisa Anda manfaatkan dengan cara berikut ini:

  1. Buka browser lalu website Ping-o-Matic (https://pingomatic.com/)
  2. Silakan isi data website Anda pada formulir yang meliputi nama website, alamat URL, dan alamat URL feed RSS atau Atom
  3. Berikutnya pilih mesin pencari dan direktori lalu klik tombol Send Pings untuk mengirim ping request
  4. Tunggu prosesnya selesai lalu lihat hasilnya pada bagian bawah formulir

Akhir Kata

Demikian cara meminta pengindeksan ulang URL (Recrawl) pada Google dalam 3 pilihan. Anda mungkin perlu bersabar untuk menunggu proses recrawl ini karena Google menggunakan banyak faktor untuk menentukan URL mana yang akan diindeks dan bagaimana mereka akan ditampilkan di hasil pencarian. Proses recrawl ini pun bisa memakan waktu mulai beberapa hari bahkan hingga beberapa minggu lamanya dan selama menunggu, Anda bisa terus memantai perkembangannya menggunakan laporan Status Indeks atau alat Pemeriksaan URL.

Anda bisa saja meminta recrawl menggunakan opsi lain seperti Mengirimkan sitemap (untuk banyak URL sekaligus) atau Menggunakan alat lain seperti Fetch as Google atau Ping-o-Matic (tidak disarankan). Namun menggunakan alat pemeriksa URL yang sudah dijelaskan di atas bisa dikatakan sebagai yang paling mudah.

Baca Juga