fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Ingin Tahu Cara Membuat Notifikasi dengan Codeigniter? Simak Selengkapnya!

Wiliam

Notifikasi adalah alat yang digunakan untuk memberikan informasi singkat dan tepat mengenai peristiwa dari aplikasi perangkat tersebut. Sayangnya, sampai dengan sekarang belum banyak yang paham mengenai cara membuat notifikasi dengan Codeigniter.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara membuat notifikasi dengan Codeigniter. Sedangkan untuk bizzie yang ingin membuat notifikasi di perangkat sendiri bisa simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Notifikasi dengan Codeigniter

1. Menambahkan Support Library

Cara membuat notifikasi dengan Codeigniter yang pertama, yaitu menambahkan support library terlebih dahulu. Selain itu, bizzie juga harus melakukan verifikasi bahwa untuk file build.gradle level sudah menyertakan dependensi sebagai berikut :

dependencies {implementation “com.android.support:support-compat:28.0.0”}

Ada satu catatan yang harus bizzie ingat, bahwa di dalam grup ini juga harus menyertakan support compact sebagai dependensi transitif. Maka dari itu di saat sudah menggunakan API Support dari library lainnya, maka diberikan akses ke notificationcompat tanpa harus lagi melakukan dependensi yang sudah disebutkan diatas.

2. Membuat Notifikasi Dasar

Ada satu notifikasi di dalam bentuk yang paling dasar dan ringkas. Bahkan, ada juga beberapa orang yang menggunakan notifikasi yang diciutkan dan hanya menampilkan sejumlah teks konten saja. Di dalam cara membuat notifikasi dengan codeigniter kali ini bisa langsung di klik oleh pengguna untuk meluncurkan aktivitas dari aplikasi perangkat tersebut.

3. Menetapkan Konten Notifikasi

Untuk memulainya, bizzie hanya perlu menetapkan beberapa konten dan saluran notifikasi menggunakan objek “NotificationCompat.Builder”. Sebagai berikut contoh yang bisa digunakan untuk membuat notifikasi dengan Codeigniter:

●   Ikon kecil yang ditetapkan “setSmallicon()” ini menjadi salah satu konten yang bisa dilihat oleh pengguna.

●   Judul yang ditetapkan “setcontenttitle()”.

●   Teks, isi yang ditetapkan “setContentText()”.

●   Prioritas notifikasi yang ditetapkan “setPriority().

Perhatikan, bahwa untuk konstruktur “NotificationCompact.Builder” ini mengharuskan bizzie memberikan ID saluran. Selain itu, hal ini juga diperlukan untuk kompatibilitas dengan perangkat versi lama dan baru.

Secara default, untuk konten teks notifikasi dipotong agar pas di dalam satu kotak baris. Ada satu hal perlu diingat kembali, di saat ingin mendapatkan notifikasi lebih panjang bizzie bisa mengaktifkan notifikasi menggunakan “setStyle()”.

4. Membuat Saluran dan Menetapkan Kepentingannya

Untuk cara membuat notifikasi dengan Codeigniter selanjutnya adalah bizzie harus melakukan pendaftaran saluran notifikasi aplikasi ke sistem dan meneruskan instance “notificationchannel” ke “createnotificationchannel()”.

Karena harus membuat saluran notifikasi sebelum melakukan posting, bizzie harus menjalankan salah satu kode di saat sudah berhasil dimulai. Bahkan, di dalam cara membuat notifikasi dengan Codeigniter ini aman digunakan.

Perhatikan, bahwa konstruktor “notificationchannel” adalah “importance” yang menggunakan salah satu konstanta dari clas “nitificationmanager”. Di dalam parameter yang satu ini bisa digunakan untuk menentukan cara interupsi pengguna untuk setiap notifikasi masuk di dalam saluran tersebut.

Meski bizzie harus menetapkan kepentingan atau prioritas notifikasi seperti yang sudah ditunjukkan di atas, akan tetapi sistem tidak memberikan jaminan kepada perilaku pemberitahuan tersebut. Di dalam beberapa kasus, untuk sistem ini mungkin bisa mengubah tingkat kepentingan dari beberapa faktor lainnya.

5. Menetapkan Tindakan untuk Mengetuk Notifikasi

Setiap notifikasi harus diberikan respon ketukan. Bahkan, untuk respon ketukan ini digunakan untuk membuka aktivitas di dalam aplikasi tersebut dan sesuai dengan notifikasi. Untuk melakukannya, bizzie harus menentukan inten konten yang ditentukan dengan objek “pendingintent” dan meneruskan ke “setcontentintent()”

Perhatikan juga kode ini untuk memanggil “setautocancel()” secara otomatis untuk menghapus notifikasi di saat pengguna melakukan ketukan. Metode “setflags()” yang ditunjukkan di bagian atas ini bisa membantu menjaga pengalaman navigasi yang diharapkan pengguna setelah membuka aplikasi menggunakan notifikasi.

Namun, di dalam keputusan atau tidaknya bergantung kepada jenis aktivitas apa yang akan dimulai. Sebagai berikut penjelasan lengkap dari cara membuat notifikasi dengan Codeigniter:

●   Aktivitas yang tersedia khusus untuk memberikan respon notifikasi. Tidak ada lagi alasan bagi para pengguna untuk menuju ke aktivitas ini selama pengguna aplikasi secara normal. Jadi, aktivitas tersebut akan memulai tugas baru dan bukanya ditambahkan ke tugas data sebelumnya yang sudah di aplikasi tersebut. Di dalam hal ini merupakan jenis intent yang sudah dibuat diatas.

●   Aktivitas yang ada di dalam alur aplikasi reguler tersebut. Untuk hal ini, bizzie bisa memulai aktivitas harus membuat data sebelumnya. Sehingga, harapan pengguna yaitu untuk bisa menombol kembali dan naik agar tetap diarahkan.

6. Menampilkan Notifikasi

Untuk membuat notifikasi dengan Codeigniter, maka bisa panggil “notificationmanagercompact.notify()” dan diteruskan menggunakan ID unik notifikasi tersebut. Satu hal perlu diingat untuk menyimpan ID notifikasi yang diteruskan ke “notificationmanagercompact.notify()” karena bizzie nantinya ingin melakukan pembaharuan atau menghapus notifikasi.

7. Menambahkan Tombol Tindakan

Notifikasi bisa menawarkan sampai dengan tiga tombol dan tindakan yang memungkinkan pengguna merespon dengan cepat. Contohnya, seperti menunda pengingat atau bahkan membalas pesan teks.

Akan tetapi, tombol tindakan tersebut seharusnya tidak digunakan untuk duplikasi tindakan yang dijalankan ketika pengguna mengetuk notifikasi tersebut. Di dalam menambahkan tombol tindakan, bizzie bisa meneruskan kode “PendingIntent” ke metode “AddAction()”.

Untuk cara membuat notifikasi dengan codeigniter ini hampir sama dengan menyiapkan tindakan ketuk default notifikasi. Akan tetapi tidak memunculkan aktivitas dan melainkan melakukan hal lain seperti memulai broadcastreceiver yang akan digunakan untuk menjalankan tugas di latar belakang. Sehingga, tindakan tersebut mengganggu aplikasi yang sudah terbuka sebelumnya.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai perihal cara membuat notifikasi dengan codeigniter dan semoga bermanfaat.

Baca Juga