fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Ingin Menjaga Kerahasiaan Data Pribadi? Inilah Cara Mengunci Control Panel yang Mudah Dilakukan

Wiliam

Secara umum, sebagai pengguna Windows 10, tentunya kita sangat jarang mengunci atau menutup akses ke Control Panel. Jika pun perlu melakukannya, sebenarnya kita bisa membuat user account yang bersifat lokal dengan hak akses standar (bukan administrator), sehingga bagian-bagian penting seperti Control Panel dan Settings tidak dapat diakses oleh pemakai komputer.

Namun, jika bizzie memang benar-benar ingin tahu cara mengunci control panel sehingga tidak bisa dibuka, bizzie dapat menggunakan Registry Editor maupun Group Policy Editor untuk melakukannya. Cara mengunci control panel yang akan dibahas berikut ini adalah dengan menggunakan Windows 10 sebagai media praktik. Meskipun di sini digunakan Windows 10 sebagai contoh, tetapi cara mengunci control panel di bawah ini sebenarnya juga berlaku untuk versi Windows sebelumnya seperti Windows 8/8.1.

1. Cara Mengunci Control Panel Menggunakan Group Policy

Sebelumnya, mohon bizzie perhatikan, jika bizzie menggunakan Windows 10 Home edition, bizzie tidak akan bisa menggunakan cara mengunci control panel ini karena Group Policy Editor tidak termasuk dalam paket penjualan Windows 10 Home. Apabila bizzie ingin menutup akses Control Panel pada Windows 10 Home, gunakan cara cara mengunci control panel kedua yang akan kami sampaikan di bawah ini, yakni menggunakan Registry Editor.

Cara Pertama: Cara mengunci control panel yang pertama, bizzie Group Policy Editor dengan cara mengetik edit group policy di Start Menu.

Cara Kedua: Jika jendela Group Policy Editor sudah terbuka, bizzie arahkan boks navigasi ke User Configuration > Administrative Templates > Control Panel. Setelah itu, pada sisi kanan bizzie cari opsi Prohibit access to Control Panel and PC Settings. Bizzie klik ganda opsi tersebut guna membuka jendela Properties.

Cara Ketiga: Cara mengunci control panel berikutnya, pada jendela Properties, bizzie pilih opsi Enable untuk mengunci akses Control Panel dan Settings. Jika sudah, lanjutkan dengan klik OK. Apabila suatu saat bizzie ingin kembali membuka Control Panel, bizzie bisa atur kembali jendela Properties di atas ke Not Configured.

2. Mengunci Control Panel Menggunakan Registry

Cara Pertama: Terlebih dahulu, bizzie Registry Editor dengan cara mengetik regedit di Start Menu kemudian tekan Enter. Bizzie pilih Yes apabila User Account Control muncul.

Cara Kedua: Silakan bizzie cari kunci berikut ini:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer

Cara Ketiga: Pada sisi kanan, bizzie klik kanan pada tempat kosong dan lanjutkan klik New => DWORD (32-bit) Value setelah itu beri nama NoControlPanel.

Cara Keempat: Terakhir, bizzie klik ganda pada kunci yang baru saja dibuat, lalu ubah kolom Value menjadi 1 untuk mengunci Control Panel.

Jika bizzie ingin mengembalikan seperti semula, isi kolom Value dengan nilai 0 atau bizzie hapus saja kunci NoControlPanel.

Cara Mengunci Control Panel di Windows Xp

Beberapa cara mengunci control panel di Windows Xp adalah sebagai berikut:

Cara Pertama: Pertama, bizzie jalankan Registry Editor dengan cara klik start>Run, lalu ketik regedit dan enter.

Masuk ke sub key HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}\InProcServer32

Klik ganda data string [(Default)] dan bizzie gantikan isinya dari shell32.dll. Contohnya: Shell32.dll-

Sekarang, bizzie akses control panel, maka bizzie akan menemukan pesan No Page To Display. Untuk mengembalikannya seperti semula, bizzie cukup kembalikan shell32.dll- menjadi shell32.dll. (tanpa tanda adanya minus).

Catatan: Jika cara ini belum berhasil, silahkan restart komputer bizzie.

Cara Kedua: cara mengunci control panel berikutnya, bizzie ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, bizzie klik Start dan pilih Run.

Lalu bizzie ketik gpedit.msc dan klik OK.

Dalam Group Policy Editor, cara setting pilihan: User Configuration => Administrative Settings +> Control Panel.

Di jendela rincian, bizzie klik dua kali point Prohibit access to the Control Panel.

Berikutnya pilih dan Klik Enabled dan klik OK.

Dengan bizzie mengaktifkan pengaturan ini, bizzie tidak melihat lagi icon control panel di start menu maupun di windows Explorer

Cara Mengunci Control Panel di Windows 7

Cara Pertama: Cara mengunci control panel di windows 7, bizzie dapat melakukannya dengan cara:

Pertama bizzie klik start Ketik gpedit.msc dalam kotak pencarian tekan Enter.

Pada jendela Group Policy Editor, bizzie arahkan ke User Configuration \ Administrative Templates lalu pilih Control Panel.

Di kolom kanan, bizzie klik ganda pada opsi Prohibit access to the Control Panel.

Di jendela berikutnya, bizzie pilih Enable, lalu pilih OK, kemudian tutup keluar dari Group Policy Editor Lokal.

Setelah berhasil diaktifkan, maka icon atau menu Control Panel tidak lagi terlihat di menu Star.

Apabila bizzie mencoba untuk mengetik Control Panel ke dalam kotak pencarian di menu Start, pastinya bizzie akan mendapatkan pesan larangan.

Cara Kedua: cara mengunci control panel bisa dilakukan dengan cara:

Dengan mengedit Registry.

Bizzie klik Start, ketik regedit kemudian tekan enter.

Setelah berhasil masuk ke jendela registry, bizzie cari registry HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Policies\Explorer.

Setelah itu, bizzie klik kanan pada kotak bagian kanan dan bizzie klik Create a New DWORD (32-bit) Value.

Selanjutnya bizzie buat nama value tersebut NoControlPanel, lalu klik kanan pada value NoControlPanel tersebut, terakhir klik Modify.

Berikutnya isi value datanya dengan nilai 1.

Kemudian bizzie restart komputer untuk mengaktifkannya.

Untuk dapat menampilkan kembali, bizzie ubah nilai valuenya menjadi 0.

Nah, cara mengunci control panel di atas, dapat membantu bizzie dalam mengunci Control Panel. Ini akan memungkinkan bizzie untuk mengatur siapa yang dapat mengakses Control Panel dan melindungi komputer dari serangan malware. Selain itu, cara ini juga akan membantu menjaga kerahasiaan data dan memungkinkan bizzie untuk melacak siapa yang mengakses Control Panel. Semoga bermanfaat.

Baca Juga