fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Ingin Memulai Bisnis Bengkel Mobil dan Motor? Simak Tips Selengkapnya

Wiliam

Memiliki keahlian khusus tentu menjadi nilai plus tersendiri karena bisa dimanfaatkan sebagai ladang mencari penghasilan. Salah satunya yang tidak pernah mati peluang bisnisnya yakni bidang otomotif. Jadi bagi Anda yang memiliki ketertarikan dan keahlian dalam bidang tersebut, sangat bisa memanfaatkannya untuk mencari uang.

Namun ternyata, untuk memulai bengkel mobil dan motor dan segala jenis otomotif lainnya diperlukan pengetahuan bisnis yang baik lho. Ini untuk meminimalisir kerugian dan mensukseskan usaha yang Anda rintis nantinya.

Kebutuhan masyarakat akan bengkel mobil dan motor begitu besar, dicari hampir setiap hari oleh banyak pengguna. Seperti yang kita ketahui bersama jika kedua kendaraan tersebut sangat umum digunakan dan bahkan semua orang memilikinya. Tidak heran jika bengkel motor dan mobil tidak pernah kehilangan pelanggan.

Bagaimana Tips Memulai Bisnis Bengkel?

Bagi yang tertarik dengan pelaung usaha satu ini, berikut akan dipaparkan beberapa tips memulai bisnis mobil dan motor yang bisa Anda tiru:

1. Persiapan Modal Usaha

Hal pertama yang harus dipersiapkan tentunya modal usaha. Sekuat apapun niat usaha yang dimiliki jika tidak disertai modal usaha sama saja bohong. Kita membutuhkan keduanya untuk merintis bisnis. Membuka usaha bengkel mobil dan motor membutuhkan sejumlah dana yang jumlahnya lumayan. Sebab ada banyak sekali peralatan dan bahan yang harus dibeli dan itu harganya tidak murah.

Beruntung jika tempat yang anda akan gunakan merupakan milik sendiri, pasti lebih hemat budget karena hanya perlu membeli peralatan, sparepart, serta bahan lain yang diperlukan sebagai langkah awal membuka usaha bengkel. Setiap budget yang diperlukan ini sebenarnya berbeda setiap orang, tergantung besar bengkel yang ingin dibuka.

2. Tentukan Jasa yang Ditawarkan

Kak kedua membuka usaha bengkel mobil dan motor yakni menentukan jasa seperti apa yang ditawarkan nantinya. Sesuai dengan namanya, usaha satu ini melayani perbaikan motor dan mobil, namun ada beberapa layanan yang mungkin tidak anda sediakan. Ini harus dipersiapkan dan dipikirkan secara matang sebelum akhirnya membuka bengkel.

Entah itu hanya menangani kerusakan kecil saja, atau bengkel yang anda buka bisa memperbaiki kerusakan yang tergolong parah.

Terkait lokasi pembukaan bengkel, pastikan untuk membukanya di tempat yang strategis seperti misalnya di pinggir jalan atau di jalan poros. Jika rumah anda terpencil, sebaiknya sewa lokasi bengkel agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

3. Menyiapkan Peralatan dan Bahan Bengkel

Mahal nya dengan bidang usaha lain, langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah modal terkumpul dan tempat usaha sudah fix saatnya mempersiapkan berbagai peralatan dan bahan yang diperlukan. Biasanya, peralatan untuk bengkel meliputi kunci-kunci, obeng, dan berbagai alat lain yang digunakan untuk memperbaiki mobil dan motor.

Pastikan Anda sudah memahami dengan jelas setiap fungsi dari alat yang dibeli agar memaksimalkan jasa bengkel anda nantinya. Itulah mengapa keahlian dalam bidang usaha satu ini amat diperlukan.

4. Mencari Distributor Sparepart Kendaraan

Sebelum bengkel l beroperasi, pastikan Anda sudah menemukan Pemasok Spare Part kendaraan yang lengkap, murah, dan berkualitas. Mengingat kendaraan selalu mengalami masalah sehingga ada kalanya harus ganti Sparepart. Sekarang sudah saatnya mencari supplier dengan harga yang bersaing, agar Anda bisa mengambil keuntungan dari sana.

Saat berlangganan, Anda tentu mendapatkan harga yang lebih murah dan lebih muda untuk mendistribusikan nya ke bengkel. Saat ini Sparepart bisa didapatkan secara online dan offline, semua tergantung akses dan juga inisiatif Anda dalam mencari supplier terpercaya.

5. Promosikan Jasa Bengkel

Semua sudah dipersiapkan dengan matang mulai dari bengkel yang tertata rapi, Sparepart yang lengkap, serta layanan jasa yang mencakup perbaikan kendaraan motor dan mobil sekarang saatnya mempromosikan jasa anda ke orang sekitar melalui mulut ke mulut ataupun sosial media.

Karena sekarang jamannya sudah digital, akan lebih baik untuk anda membuat sosial media sendiri dan mengisinya dengan konten agar bengkel anda lebih terkenal dan mampu menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh daerah. Jangan lupa untuk memasang pamflet di depan bengkel agar orang yang lewat bisa mengetahui layanan jasa apa yang anda tawarkan.

6. Meningkatkan Kualitas Layanan Bengkel

Jika terpenting berikutnya dalam mensukseskan usaha yakni dinilai dari kualitas pelayanan onar. Akan sangat menjengkelkan jika kita servis motor ataupun mobil di tempat yang pemiliknya tidak friendly bukan? Tidak hanya itu, selain fasilitas dan juga perlengkapan sparepart kendaraan yang lengkap, pelayanan ini bisa memikat pelanggan lain untuk berdatangan.

Berikan tempat tunggu yang nyaman untuk para pelanggan agar tidak bosan saat menunggu kendaraan mereka diperbaiki. Anda bisa menyediakan beberapa fasilitas seperti tempat duduk yang nyaman, televisi, atau mungkin beberapa sembilan gratis dengan syarat serta ketentuan berlaku.

Berikan Edukasi kepada karyawan anda untuk memberikan pelayanan terbaik, bersikap sopan dan ramah kepada setiap pelanggan baru yang datang. Kenyamanan yang didapatkan oleh konsumen ini akan membuat mereka untuk betah dan kembali lagi jika terjadi masalah pada kendaraan mereka.

7. Tawarkan Promo Menarik

Tips membuka bisnis bengkel motor dan mobil terakhir yakni tidak ragu memberikan pronya menarik kepada pelanggan. Ini merupakan strategi untuk menggaet konsumen lebih banyak dan lebih luas. Misalnya dengan memberikan potongan harga kepada mereka yang melakukan kunjungan atau servis kedua.

Atau mungkin anda bisa mencoba membuka jasa bengkel panggilan. Di mana konsumen akan merasa diuntungkan karena tidak perlu lagi repot keluar rumah. Penawaran ini bisa sangat bervariasi tergantung kreatifitas Anda dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar mereka tidak bosan untuk memakai jasa Anda

Nah, itulah mungkin beberapa tips membuka usaha bengkel motor dan mobil yang bisa Anda tiru. Bagi yang memang memiliki keahlian dan niat di bidang usaha ini, tentu informasi diatas akan sangat membantu.

Baca Juga