fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Informasi Seputar Cara Verifikasi Email JKN Mobile dan Lainnya

Wiliam

Bagi bizzie yang baru saja menggunakan BPJS, pasti saat ini sudah tahu akan keberadaan dari JKN Mobile. Dimana itu adalah salah satu aplikasi yang sangat penting dalam mendapatkan layanan kesehatan berbasis online. Hanya saja, para pengguna baru mengetahui dan belum tahu secara pasti seperti apa cara verifikasi email JKN Mobile.

Perihal cara dalam melakukan verifikasi akun JKN mobile ini telah dibagi menjadi dua. Pertama dikhususkan untuk para pengguna baru, dan yang kedua untuk para pengguna lama. Untuk dapat mengetahui semua informasi terkait verifikasi akun JKN Mobile. Maka bizzie bisa ikuti beberapa tahapan tutorialnya sekarang juga.

Step By Step Cara Verifikasi Email JKN Mobile

Sebetulnya, cara daftar maupun cara verifikasi email JKN Mobile bisa bizzie lakukan dengan mudah. Setiap pengguna, bebas untuk melakukannya menggunakan nomor handphone maupun email. Yang penting, nomor handphone beserta emailnya masih aktif digunakan sampai detik ini juga. Pada dasarnya, sebelum melakukan verifikasi adalah membuat akunnya terlebih dahulu.

Jika nantinya bizzie sebagai pengguna lama maupun baru telah memiliki akun JKN Mobile. Maka langkah selanjutnya adalah mengetahui seperti apa cara verifikasi email JKN Mobile ini. Dimulai dari : 

1. Step By Step Cara Verifikasi Email JKN Mobile Pengguna Lama 

Apabila bizzie merupakan pengguna lama dan telah memiliki BPJS Kesehatan. Maka, bizzie bisa langsung login ke dalam aplikasi JKN Mobile dengan cepat. Untuk caranya, berikut bizzie bisa ikuti : 

  • Mulanya, bizzie harus dapat memastikan diri bahwa telah mengunduh ataupun menginstal aplikasi JKN Mobile.
  • Selanjutnya, buka aplikasi dari JKN Mobilenya.
  • Jika sudah, langsung pilih opsi dengan tulisan Daftar Pengguna Mobile.
  • Nah, disini bizzie langsung melengkapi seluruh formulir yang telah tertera di layar ponsel dengan baik dan benar.
  • Nantinya, pihak aplikasi dari JKN Mobile akan langsung mengirimkan kode berupa OTP via email maupun SMS.
  • Kode yang bizzie dapatkan, sesegera mungkin untuk bisa langsung dimasukan. Agar kiranya, verifikasi akun JKN Mobile cepat terselesaikannya.

2. Step By Step Cara Verifikasi Email JKN Mobile Pengguna Baru

Bagi bizzie selaku pengguna baru BPJS Kesehatan. Maka, bizzie juga bisa melakukan verifikasi email JKN Mobile dengan cara sebagai berikut : 

  • Mula-mula, bizzie harus bisa memastikan apakah telah mendownload atau menginstal aplikasi JKN Mobile. Apabila sudah, langsung saja buka aplikasi tersebut. 
  • Setelah itu, bizzie dapat memilih opsi yang bertuliskan Daftar Peserta Baru & klik tanda Setuju. 
  • Tanpa basa basi, langsung lengkali form pendaftaran yang telah disediakan oleh pihak aplikasi dengan baik dan benar.
  • Kemudian, pilih bagian fasilitas kesehatan yang memang bizzie inginkan. Jika sudah, langsung masukan alamat email yang masih aktif demi bisa melakukan verifikasi akun JKN Mobile.
  • Nantinya, muncul kode OTP yang dikirimkan ke Bizzie. Nah, kode ini langsung saja masukan ke tempat yang diminta.
  • Lalu, langsungkan pembayaran untuk iuran pertamanya.

Cara ini benar-benar lancar jika memang bizzie mendapatkan kode OTP secara langsung. Karena dalam beberapa case, baik pengguna lama maupun baru, ada yang tidak mendapatkan pesan balik perihal kode OTP. Lantas, bagaimana jika itu terjadi ?…

Biasanya, hal tersebut sering terjadi dikarenakan adanya beberapa faktor. Seperti : terkena gangguan, erroring, yang memang asalnya tidak diketahui. Bisa saja dari providernya atau memang dari pihak JKN Mobile. Apabila masalah ini berlarut-larut, dalam artian tidak dapat kode OTP berulang kali. Maka silahkan saja hubungi pihak customer service dari JKN Mobile.

Informasi Penting Mengenai Aplikasi JKN Mobile

Setelah mengetahui adanya cara verifikasi email JKN Mobile, maka kini bizzie wajib tahu info penting seputar aplikasi tersebut. Dimana aplikasinya memiliki beberapa manfaat yang memang dapat membantu setiap penggunanya dengan mudah. Seperti halnya : 

1. Manfaat : Mudah Membantu Pengguna Lain untuk Mendaftar JKN Mobile

Hadirnya aplikasi JKN, tentu saja membuat bizzie sudah tidak harus repot lagi datang langsung ke kantor BPJS demi megantri nomor. Pendaftaran yang dilakukan bisa dengan mudah menggunakan aplikasi tersebut. Nah, aplikasinya memang ditujukan secara resmi untuk penerima upah, maupun non penerima upah. Selain itu, bisa juga bagi seseorang yang sudah mendaftarkan kartu BPJS sebelumnya.

2. Manfaat : Tanpa Harus Mengantri, Tetap Bisa Ambil Nomor Antrian

Sebagai pengguna, bizzie tentu saja mendapatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan antrian secara online. Apabila nantinya bizzie ingin berobat ke salah satu rumah sakit yang telah terdaftar dalam BPJS. Maka, antrian pasien bisa bizzie dapatkan secara online. Manfaat tersebut sudah sejalan dengan ketetapan dari pemerintah.

Dimana pemerintah senantiasa menghimbau ke seluruh masyarakat, agar kiranya tidak berkerumunan di rumah sakit. Kemungkinan melihat dari resiko yang ada, dimana banyak orang yang sakit. Jadi sebisa mungkin, antrian jangan terlalu panjang dan menghalangi orang-orang disekitar sana nantinya.

3. Manfaat : Mengatasi Setiap Keluhan atau Masalah Via Online

Karena via daring, bisa saja bizzie kedepannya mendapatkan beberapa masalah terhadap kesalahan teknis dari program JKN Mobile. Apabila masalah yang diterima perihal pelayanan mengecewakan atas fasilitas kesehatannya. Maka, bizzie bisa mengadukannya secara online. Nah nantinya, fasilitas kesehatan ini akan langsung merespon keluhan yang ada.

Dengan diadakannya layanan seperti itu, tentu saja bizzie jadi jauh lebih mudah dalam menyampaikan semua pengaduan yang ada. Bayangkan saja jika ini terjadi secara manual. Pastinya bizzie sangat repot harus datang terlebih dahulu ke kantor BPJS. Kalo deket sih gak papa ya bizzie, tapi kalau jauh kan lumayan memakan waktu dan ongkos.

Demikianlah informasi seputar cara verifikasi email JKN Mobile yang bisa bizzie dapatkan. Semoga saja semua cara dan informasi ini bisa membantu para pengguna lama dan baru dalam mengenal aplikasi JKN Mobile.

Baca Juga