fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessPengetahuanTechnology

Mengenal Influencer Marketing yang Akan Sangat Membantu Bisnismu

Yanti puspita

Influencer marketing biasa digunakan oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan pemasarannya di era digital saat ini. Tapi sebelum itu taukah kamu apa itu influencer marketing? Jika kamu belum mengetahuinya. Maka saat ini kamu berada di kondisi yang tepat, karena informasi di bawah ini akan membantumu menjawab pertanyaan tersebut.

Apa Itu Influencer Marketing?

Taukah kamu apa itu influencer marketing? Influencer marketing merupakan sebuah layanan yang di tawarkan oleh para influencer online untuk memasarkan produk atau layanan bisnis yang kamu kelola. Influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi calon pembeli suatu produk atau jasa dengan cara mempromosikan atau merekomendasikannya di media sosial.

Tujuan pemasaran influencer adalah untuk meningkatkan pengenalan dan kesadaran merek. Hal ini karena influencer memiliki ikatan emosional yang kuat dengan audiensnya. Oleh karena itu, mereka bisa mempengaruhi pilihan dan perilaku penontonnya.

Apa Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis?

Manfaat influencer marketing untuk bisnis sangat lah banyak. Jadi, jika kamu adalah seorang pembisnis, maka dengan menggunakan influencer marketing adalah hal yang tepat. Berikut manfaat influencer marketing bagi bisnis:

Meningkatkan Brand Awareness

Influencer marketing berguna untuk memperluas jangkauan dan posisimu di pasar. Pengguna media sosial bisa mempelajari lebih lanjut tentang brand dan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Kontribusi yang diberikan influencer untuk meningkatkan kesadaran brandmu adalah salah satu manfaat terpenting dari pemasaran media sosial. Perlu kamu ketahui bahwa bermitra dengan influencer yang bisa terhubung dengan audiens setia, guna mempengaruhi apakah brandmu menjadi pemimpin di industri.

Membantu Menjangkau Target Audiens dengan Mudah

Sebelum kamu memutuskan untuk berkolaborasi dengan seorang influencer, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu ciri-ciri konten influencer tersebut. Selanjutnya tentunya kamu mengetahui apakah produk atau jasa yang kamu jual kompatibel dengannya.

Intinya adalah influencer yang menyebut brandmu di media sosial kemungkinan besar akan menghasilkan penjualan. Di sinilah semakin banyak konsumen yang mencari influencer untuk mendapatkan saran tentang produk atau layanan apa yang akan dibeli.

Karena media sosial telah menjadi “rumah kedua”, kemungkinan besar kamu bisa menjangkau target audiens yang besar. Jika brandmu ingin meningkatkan penjualan, influencer marketing bisa membantu kamu meningkatkan angka penjualan secara signifikan.

Influencer Menghubungkan Kamu dengan Milenial dan Gen Z

Generasi milenial semakin menikmati dan berkontribusi terhadap popularitas media digital. Jadi, jika kamu ingin menarik pasar milenial atau Gen Z, mengenal apa itu influencer marketing sangat penting untuk kamu ketahui. Menarik konsumen dari segmen audiens ini memberikan nilai luar biasa bagi brandmu dan akses tak ternilai ke salah satu demografi paling menguntungkan.

Generasi milenial menganggap media sosial sebagai sumber informasi untuk berbelanja. Riset Animoto menyebutkan bahwa 70% keputusan pembelian di kalangan milenial dipengaruhi oleh media sosial suatu brand.

Selain itu, generasi Z saat ini juga penting untuk dicermati karena telah melampaui generasi Millenial sebagai generasi terbesar yang mewakili 40% konsumen global. Pertumbuhan populasi Generasi Z dan daya beli sebesar $143 miliar menjadikannya salah satu kekuatan konsumen paling berpengaruh di pasar saat ini.

Memberikan Manfaat dengan Jangka Panjang

Seperti SEO, mengenal apa itu influencer marketing dan menerapkannya akan memberikan bersifat jangka panjang. Jangan berharap untuk melihat efek instan pada angka penjualan dari satu postingan influencer.

Merek harus melihat investasi dalam pemasaran influencer sebagai strategi jangka panjang karena ini merupakan bagian penting dalam membangun hubungan, bukan sekadar promosi (penjualan keras). Membangun kepercayaan antara brand dan konsumen membutuhkan waktu, begitu pula influencer dalam melakukan marketing.

Membangun Kredibilitas Kepercayaan

Influencer telah membangun hubungan, kepercayaan, dan kredibilitas dengan penggemarnya. Orang-orang menghargai konten dan rekomendasi dari influencer.

Penelitian menunjukkan bahwa jumlah pengguna remaja yang terhubung dengan influencer, dibandingkan selebriti tradisional, adalah 70%. Dan 60% pengguna mengonfirmasi bahwa mereka lebih menyukai ulasan YouTuber favorit mereka dibandingkan bintang TV dan film mainstream.

Dengan membagikan konten influencer, kamu akan langsung menarik perhatian audiens. Karena saat melibatkan penonton, mereka bisa membagikan konten, mendorong keterlibatan, dan membangun kepercayaan terhadap brand. Dengan mengenal apa itu influencer marketing dan menerapkannya, tentu saja hal ini akan sangat membantumu membangun kepercayaan.

Menghemat Anggaran

Saat ini semakin sulit bagi bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan mereka karena biaya iklan berbayar terus meningkat. Namun di sinilah pemasaran influencer dapat membantu menekan biaya.

Biaya seorang influencer sangat bergantung pada jumlah audiensnya. Selain itu, influencer marketing membuka peluang baru bagi brand untuk bersaing dengan strategi yang lebih efisien dan optimal di situs media sosial seperti YouTube dan Instagram.

Influencer bisa membantumu mencapai ROI yang besar, meningkatkan penjualan, dan menghemat lebih banyak uang. Cara umum untuk menurunkan biaya dengan influencer marketing adalah dengan menegosiasikan kesepakatan kemitraan di mana influencer mendapatkan komisi berdasarkan kinerja.

Bantuan Strategi Pemasaran Konten

Membuat konten baru dan menarik tidak selalu mudah. Jika kamu kehabisan ide, influencer bisa membantu proses pengembangan konten. Kamu bisa bekerja dengan influencer untuk membuat konten berkualitas tinggi dan melibatkan audiensmu. Bagaimana, banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengenal apa itu influencer marketing bukan?

Menghemat Waktu

Untuk membuat sebuah iklan, pastinya kamu memerlukan cukup waktu untuk membuat gambar, menyalin, dan menjadwalkan iklan di platform. Bekerja sama dengan influencer akan membantumu melakukan outsourcing pekerjaan di atas dan menghemat banyak waktu.

Influencer marketing akan mempromosikan brandmu setiap hari di channel yang berbeda oleh orang-orang populer. Apalagi di saat pasar sedang stagnan, konten yang dibuat oleh influencer semakin populer.

Banyak influencer memproduksi konten dari rumah atau studio mereka, yang pada gilirannya, kemitraan pemasaran influencer akan membantu brand membuat konten baru dari jarak jauh setiap saat. Selain itu, konten bermerek yang dibuat oleh influencer juga bisa diposkan ulang atau digunakan kembali oleh perusahaan untuk kampanye pemasaran.

Hal ini juga bisa menghemat banyak waktu dan uang. Dilansir Engaiodigital, dengan melibatkan pembuat konten, 40% pengiklan telah menghemat anggaran untuk produksi konten.

Memberikan Nilai

Mengenal apa itu Influencer marketing dan bekerja sama dengan influencer bertujuan untuk menyediakan konten yang memberikan solusi permasalahan guna merangsang emosi audiens. Influencer peka terhadap kebutuhan pengikut dan penggemarnya dan bisa dengan mudah membuat konten yang juga akan memberikan nilai kepada konsumen sasarannya.

Cocok untuk Bisnis Apapun

Influencer biasanya mempunyai keahlian di bidangnya masing-masing. Contohnya seperti kesehatan, kebugaran, perjalanan, kuliner, kecantikan, bisnis, dan masih banyak lagi.

Tidak peduli seberapa besar bisnismu dan apa industrimu, selalu ada tempat untuk semua orang, selama kamu mengidentifikasi influencer yang paling sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

Nah, bagaimana sudah mengetahui apa itu influencer marketing dan segala manfaatnya? Yuk terapkan layanan influencer marketing dan bekerja sama dengan beberapa influencer favorit untuk meningkatkan kualitas bisnismu.

Baca Juga