fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital Marketing

Ide Konten Marketing yang Bisa Anda Coba

Wiliam

Salah satu hal utama yang mendasari sukses tidaknya digital marketing sebuah perusahaan atau bisnis adalah konten yang ditawarkan kepada para calon pelanggan. Semakin kreatif dan bervariatif konten yang disajikan, semakin mudah pula untuk menarik pelanggan. Olehnya itu, penting untuk memikirkan ide konten yang akan dibuat. 

Bagi Anda yang berkutat di pembuatan Content Marketing, mungkin pernah mengalami kebingungan terkait konten apa yang menarik untuk pengikut dan bisa meningkatkan engagement postingan. Pada artikel berikut ini akan dibahas beberapa ide konten marketing yang bisa Anda jadikan sebagai referensi agar postingan lebih bervariasi. Simak sampai selesai ya!

8 Ide Konten Marketing 

Sebelum mengunggah sebuah postingan, tentu saja Anda perlu melewati proses pembuatan konten tersebut. Yang mana, dalam prosesnya Anda membutuhkan sebuah ide menarik untuk meningkatkan engagement postingan tersebut. 

Berikut ini beberapa ide konten marketing yang patut Anda coba untuk membuat sosial media lebih hidup:

1. Konten informatif

Ide konten marketing yang pertama yaitu buatlah konten yang sifatnya informatif. Anda bisa membuat unggahan yang isinya memberikan pengetahuan kepada para pengikut terkait industri yang Anda geluti. 

Anda bisa membuat postingan berupa tips-tips sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang related dengan produk yang Anda tawarkan. Misalnya jika anda memiliki bisnis sablon maka anda bisa membuat postingan terkait cara mencuci baju agar tidak luntur dan lainnya. 

2. Foto dan video estetik

Ide konten selanjutnya yaitu buatlah unggahan foto dan video yang estetik. Misalnya jika ingin mempostingnya di Instagram dengan karakteristik estetika yang tinggi dibandingkan dengan media sosial lainnya tentu saja Anda perlu penyesuaian dalam postingan tersebut. 

Olehnya itu, agar bisa meningkatkan engagement postingan di Instagram maka Anda juga bisa membagikan konten-konten dengan konsep estetik dan mengkolaborasikannya dengan produk yang Anda miliki. 

Identitas sudah banyak digunakan oleh berbagai brand Agar postingan mereka enak dipandang. Ide ini sangat bisa diterapkan untuk menaikkan jumlah kunjungan ke profil sosial media Anda. 

3. Video tutorial

Ide konten selanjutnya adalah dengan membuat video tutorial. Jenis postingan ini banyak disukai audiens karena memberikan informasi terkait cara penggunaan produk yang ditawarkan sehingga calon pembeli bisa lebih paham terkait cara penggunaannya. 

Carilah hal-hal yang kemungkinan ingin diketahui oleh audiens dan menyelipkan manfaat produk Anda pada hal tersebut. Misalnya Anda menawarkan produk kosmetik seperti lipstik maka Anda bisa membuat video tutorial membuat ombre lips, agar bibir kelihatan tipis atau tebal, dan tutorial lainnya. 

4. Video unboxing

Ide konten selanjutnya yaitu membuat video unboxing. Video unboxing adalah video yang memperlihatkan   pembukaan paket secara detail. Biasanya, konsumen yang membeli produk secara online akan merekam proses mereka membuka paket sebagai bukti jika ingin melakukan return karena adanya kesalahan pada produk tersebut. 

Anda juga bisa membuat video jenis ini untuk memperlihatkan kepada para audiens apa saja yang akan mereka dapat ketika membeli produk Anda. Selain itu dalam video tersebut Anda bisa memperlihatkan packaging produk yang Anda tawarkan. 

Hal ini biasanya akan membuat audience lebih tertarik membeli karena bisa mengetahui apa saja yang akan mereka dapatkan sehingga bisa meningkatkan penjualan. 

5. Behind the scene

Ide konten marketing selanjutnya yaitu membuat postingan behind the scene atau cuplikan kejadian di balik layar.  

Video jenis ini terbukti bisa menghasilkan tinggi di berbagai platform sosial media titik Anda bisa menyoroti kegiatan-kegiatan dalam perusahaan anda seperti proses produksi, proses pengemasan, atau kegiatan karyawan sehari-hari. Anda bisa mengemasnya dengan editan yang lucu dan menarik agar audiens menonton video tersebut hingga selesai.

6. Q&A dan polling

Ide konten marketing selanjutnya yaitu membuat konten Q&A dan polling sebab keduanya merupakan konten interaktif  dengan para audiens.

Konten Q&A atau tanya jawab adalah konten yang anda buat untuk memberikan ruang kepada para audiens untuk menanyakan hal-hal yang ingin mereka ketahui terkait bisnis Anda. Dengan konten tersebut, Anda bisa lebih dekat dengan para followers, berbagi ilmu, bahkan bisa tahu selera followers.

Adapun untuk konten polling, Anda juga bisa lebih dekat dengan followers sebab bisa digunakan untuk memikat audiens. Pada konten ini, Anda bisa mengajukan pertanyaan kepada para audiens dan memberikan ruang untuk mereka menjawabnya. Anda bisa memanfaatkan diri ini untuk mengetahui apa yang followers Anda sukai.

7. Content challenge

Selanjutnya, Anda bisa membuat postingan yang berisi konten challenge. Jenis konten ini juga bisa membangun kedekatan dengan para audiens.

Anda bisa membuat konten pantangan misalnya challenge 30 hari makan buah, 30 hari pakai baju hitam, 30 hari menggunakan produk Anda, atau tantangan lainnya. Anda bisa mengajak para audiens untuk ikut serta dalam challenge yang Anda buat serta menyertakan hashtag tertentu agar challenge tersebut makin ramai. 

8. User-generated content

User Generated Content (UGC) adalah konten yang bisa mengukur sejauh mana produk Anda dikenali oleh audiens.  UGC merupakan bagian dari otomatisasi pemasaran oleh para pengguna baik itu berupa konten foto, ulasan ataupun video yang mereka unggah di sosial media. 

Konten ini biasanya berupa penilaian konsumen terkait produk Anda sehingga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen lain dan tentu akan meningkatkan penjualan. 

Itulah inspirasi konten marketing yang bisa Anda coba dan dijadikan referensi agar postingan dalam sosial media lebih bervariasi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga