fbpx

Hosting VPS Adalah Satu Diantara Jenis Hosting yang Bisa Dipilih

Jika dilihat dari pengguna, yang banyak menggunakan Hosting VPS adalah datang dari kalangan web owner. Yang mana web tersebut susah memperoleh traffic lebih dari limit paket yang dimiliki oleh Shared Hosting. Namun web tersebut belum butuh resource yang berasal dari server.

Bisanya VPS sendiri memberikan penawaran berupa paket hosting yang jumlahnya lebih dari satu. Untuk itulah nantinya tinggal dipilih saja yang sesuai dengan yang diperlukan. Kebutuhan akan VPS Hosting sendiri bisa didasarkan atas kondisi waktu tertentu, berikut beberapa penjelasan selebihnya:

Apa Itu Hosting VPS?

Dalam mengelola suatu website, pengetahuan tentang Hosting VPS adalah perkara yang cukup penting. VPS sendiri merupakan singkatan dari Virtual Private Server yang merupakan suatu hosting dalam bentuk virtual. Yang dapat dikatakan meniru dari area server khusus yang terdapat pada shared hosting.

Sejumlah orang tertarik untuk menggunakan VPS Hosting lantaran menganggap harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Hal ini dapat membuat nama VPS menjadi melambung, dan populer di berbagai macam kalangan. Walaupun harga yang dimiliki cukup terjangkau, namun VPS ini cukup mumpuni.

Terbukti dengan adanya kinerja yang cukup bagus di website, kemudian sisi keamanan terjaga dan cukup handal saat dipakai. Di samping itu, nantinya pihak pengguna akan mempunyai akses root menuju ke server. Dengan begitu, pengguna lebih bebas dalam menginstal maupun memodifikasi lingkungan.

Bahkan bagi pihak penyedia SaaS, keberadaan dari VPS Hosting merupakan pilihan yang tepat. Bahkan tidak hanya itu saja, VPS Hosting juga cocok dipakai oleh seorang pemrogram, kemudian pembuat game, pebisnis dan lainnya.

Biasanya pihak yang menyediakan layanan VPS Hosting yang melakukan pemasangan lapisan virtual di bagian atas Sistem Operasi. Untuk mempermudah dalam hal ini, umumnya alam menggunakan teknologi bernama virtualisasi.

Dengan berbekal lapisan ini membuat pengguna mampu melakukan penginstalan sistem operasi maupun perangkat lunak secara mandiri. Pasalnya VPS ini, sudah melakukan pemisahan file milik pengguna dengan file milik pengguna lainnya dengan cara yang cukup efektif.

Kelebihan dan Kekurangan Hosting VPS

Seperti halnya yang lain, Hosting VPS sendiri juga hadir dengan beberapa kelebihan di samping sejumlah kekurangan yang ada. Pembahasan lebih lanjutnya mengenai hosting VPS ini adalah sebagai berikut:

1. Kelebihan

Hosting VPS mempunyai beberapa kelebihan untuk penggunanya. Mulai dari akses menuju root sampai dengan sumber daya yang dimiliki sebagaimana ulasan berikut:

  • Kelebihan pertama pengguna mampu melakukan perubahan pengaturan sebagaimana yang diinginkan. Hal ini lantaran VPS ini sudah mempunyai akses menuju root.
  • Mempunyai IP secara khusus tentang publik.
  • Server yang dimiliki lumayan stabil.
  • Software ini bisa dilakukan penginstalan pada bagian layanan VPS.
  • Mempunyai sumber daya pribadi seperti CPU, RAM dan lainnya.

2. Kekurangan

Tentunya selain terdapat kelebihan yang menjadi pertimbangan. Ternyata software ini hadir dengan sejumlah kekurangan yang pekerjaan diwaspadai sebagaimana ulasan berikut:

  • Kekurangan pertama dari hosting VPS yaitu kurang cocok dipakai oleh pengguna yang masih dalam tahap pemula.
  • Biaya yang diperlukan tergolong lebih besar ketimbang shared hosting.
  • Dari sisi perangkat lumayan rumit untuk dikelola.
  • Calon pengguna perlu memahami dua sistem operasi yang meliputi Linux serta Windows guna melakukan pengaturan VPS.
  • Selain itu pengguna juga dituntut untuk mampu memahami tentang server dengan cukup baik.

Itulah beberapa informasi tentang Hosting VPS adalah satu diantara jenis hosting yang ada. Seperti yang dijabarkan di atas bahwa hosting ini, mempunyai beberapa kelebihan sekaligus beberapa kekurangan. Untuk itulah, pengguna perlu pertimbangan yang sebaik mungkin.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!