fbpx

Hal Mendasar Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Apa Itu Bandwidth Website

Salah satu hal yang sering membuat bingung para pemilik baru adalah menentukan seberapa bandwidth yang diperlukan. Ya, penentuan ukuran ini tak bisa dilakukan secara asal karena dapat mempengaruhi kinerja website. Untuk itu, mari kita mulai dengan apa itu bandwith website terlebih dahulu.

Apa Itu Bandwidth Website dan Bagaimana Menghitungnya?

Anda mungkin enggan bertanya tentang apa itu bandwith website karena istilah bandwith ini memang sudah tak begitu asing. Nah, bandwith website adalah jumlah dan traffic yang dapat ditransfer antara website, pengunjung dan . Dengan kata lain, bandwith berhubungan erat dengan kecepatan dan tentu saja, anggaran yang perlu disiapkan untuk paket .

Ya, ini karena besaran bandwidth ini disediakan oleh penyedia layanan hosting yang digunakan website Anda. Semakin besar kapasitas bandwidth website ini, maka semakin cepat pula , konektivitas dan sistem situs. Seperti halnya bandwidth internet, dimana makin besar bandwidth, makin cepat pula koneksinya.

Hal penting berikutnya adalah memilih paket hosting untuk website yang kemudian menentukan besaran bandwidth yang bisa didapat. Untuk bisa memilih paket yang tepat, maka Anda perlu menghitung berapa bandwidth yang diperlukan. Perhitungan ini menjadi lebih krusial bagi jenis situs tertentu, e- misalnya, yang memiliki banyak pengunjung, pengguna dan konten di dalamnya.   

Rumus Perhitungan Bandwidth

Idealnya, Anda bisa melihat penggunaan per bulan untuk bisa memperkirakan berapa besar bandwidth yang diperlukan. Artinya, situs Anda harus sudah aktif selama setidaknya 1 bulan untuk bisa mendapatkan data seperti jumlah pengunjung dan page views. Anda juga perlu mengetahui nilai rata-rata ukuran halaman situs dan jenis konten yang ada di dalamnya (bisa didownload atau tidak)

Baca Juga :  Ini 2 Cara Melihat Ongkir J&T yang Benar

Rumus perhitungan bandwidth website ini adalah:

  • rata-rata jumlah pengunjung per hari x rata-rata page views tiap hari x rata-rata ukuran halaman x 31 x angka toleransi

Sementara rumus perhitungan bandwidth website dengan konten adalah:

  • [rata-rata jumlah pengunjung per hari x rata-rata page views tiap hari x rata-rata ukuran halaman website] + [jumlah download per hari x rata-rata ukuran file] x 31 x angka toleransi

Dari penjelasan di atas, angka 31 adalah jumlah hari dalam 1 bulan. Sementara angka toleransi atau room for yang artinya bisa Anda tentukan berdasarkan perkembangan website Anda. Anda bisa memulai dari angka 1 ke atas. Perkiraan ini juga perlu disesuaikan dalam satuan GB karena umumnya layanan hosting menggunakan satuan tersebut.

Baca Juga : Yuk Simak! Teknologi Hosting Cloudflare.Cdn

Besaran Bandwidth Website juga perlu mempertimbangkan faktor yang juga perlu Anda perhatikan pada saat akan memilih paket. Bahkan faktor-faktor berikut ini layak untuk Anda cermati sebelum menghitung rumus di atas. Nah, faktor yang dimaksud antara lain:

  • Adanya penyesuaian layout website yang juga mempengaruhi ukuran halaman situs
  • Traffic pengunjung dan pengguna situs yang terus meningkat
  • Terjadinya lonjakan traffic oleh hal-hal insidensial, misalnya hal viral yang diulas di situs Anda
  • Pertumbuhan website yang berjalan seiring terus bertambahnya konten 

Kesimpulan

Sampai di sini, pertanyaan tentang apa itu bandwidth website mungkin sudah semakin tercerahkan di benak Anda. Sebagai acuan, sebuah situs biasa dengan seribuan pengunjung per hari, rerata 100kb ukuran halaman, dan tidak menampung file besar atau melayani biasanya cukup dengan kapasitas 10GB saja tiap bulannya. Tentu, ini hanyalah perkiraan dan Anda pastinya memiliki preferensi dan kebutuhan yang bisa saja berbeda.