fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Guest Post Adalah: Definisi, Tips Membuat dan Manfaat

Yanti puspita

Dalam dunia pemasaran terdapat berbagai macam strategi yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk. Anda mungkin sudah familiar dengan content marketing dan sudah menerapkannya dalam promosi properti. Namun, pernahkah Anda mendengar apa itu guest post?

Guest post atau guest blogging merupakan teknik pemasaran yang cukup unik. Strategi ini memungkinkan Anda untuk dapat bekerja sama dengan orang lain dalam pemasaran. Yuk, simak penjelasannya seperti apa guest post berikut ini!

Guest Post Adalah

Dengan melihat namanya, Anda mungkin bisa menebak tentang apa itu guest post. Jika diartikan secara langsung, guest post adalah postingan yang diunggah oleh tamu, bukan pemilik blog. Ini berarti Anda akan menjadi penulis tamu dan mengunggah konten ke situs web orang lain untuk mempromosikannya.

Guest post adalah bagian dari pemasaran konten dan optimisasi mesin pencari (SEO). Teknik ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan domain dan nilai SEO situs Anda. Selanjutnya, Anda juga dapat melakukan promosi menggunakan konten. Juga, jika situs web yang Anda pilih memiliki lalu lintas tinggi.

Guest post terbagi menjadi 2 jenis yaitu berbayar dan tidak berbayar. Guest post berbayar berarti penulis tamu harus membayar biaya kepada pemilik blog. Sedangkan free guest post artinya penulis dapat mempublikasikan artikel tanpa harus membayar.

Tips Untuk Membuat Guest Post yang Baik

Ada beberapa tips membuat guest post yang baik, bagi anda yang ingin menulis di blog orang lain, yaitu:

Temukan blog yang tepat

Tips pertama adalah menemukan blog yang tepat. Proses menemukan blog yang tepat bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin.

Anda dapat menemukan guest post gratis yang tersedia di internet atau Anda juga dapat mencari guest post berbayar. Selain kedua cara tersebut, Anda juga bisa mencari referensi melalui beberapa teman Anda sekaligus mengetahui kualitas blog yang akan Anda tulis selanjutnya.

Kenali blog sebelum Anda menulis

Tips kedua, tentu saja, Anda harus mengenali blog yang akan Anda tulis untuk membuat backlink ke blog Anda. Pastikan blog yang Anda posting selanjutnya cocok dengan blog Anda. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti kesesuaian konten atau hal-hal yang dibahas dalam blog.

Jika blog Anda tentang perjalanan, Anda dapat mencari guest post dengan konsep yang sama. Hal lain yang jelas adalah kualitas blog yang harus Anda perhatikan.

Tetapkan tujuan menulis

Setelah Anda mengidentifikasi blog tempat Anda akan menulis, tips selanjutnya adalah menetapkan tujuan Anda untuk menulis di blog orang lain. Anda dapat menentukan atau mempertimbangkan tujuan tulisan Anda. Apakah untuk meningkatkan kesadaran merek atau untuk meningkatkan lalu lintas blog Anda?

Jika Anda telah menetapkan tujuan menulis, Anda dapat membuat artikel atau konten yang sesuai dengan tujuan Anda. Oleh karena itu, Anda juga dapat membuat teks jangkar beserta jenis tautan yang akan Anda gunakan dalam artikel di blog orang lain.

Tentukan topik yang akan ditulis

Setelah Anda menetapkan tujuan menulis, Anda dapat menentukan kata kunci atau keyword dan topik mana yang akan Anda posting di blog orang lain. Jika Anda sudah menentukan topik, Anda pasti bisa membuat artikel berkualitas di blog orang lain.

Saat memilih topik, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal. Dimulai dengan topik yang sedang diteliti dan berdasarkan blog Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencari beberapa topik yang paling banyak dibaca di blog orang lain tempat Anda menjalankan strategi ini.

Membuat artikel untuk memecahkan masalah

Secara umum, orang yang menggunakan internet adalah orang yang ingin memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan informasinya. Anda dapat memanfaatkan ini untuk membuat artikel yang akan menarik bagi orang-orang yang mencari banyak hal di Google.

Anda bisa memulainya dengan beberapa masalah atau informasi sederhana yang biasa dicari oleh para pengguna internet. Selain itu, pastikan juga artikel Anda dapat menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan informasi pengguna internet. Sehingga artikel Anda dapat menarik lebih banyak pembaca.

Membuat konten yang menarik

Selain artikel yang dapat memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan informasi pengguna internet. Tentunya Anda juga perlu membuat artikel yang menarik agar orang tertarik membaca artikel yang Anda tulis. Anda bisa memulai dengan judul yang mantap yang menarik pengguna internet untuk membaca.

Selain itu, Anda juga dapat membuat artikel unik atau berbeda dari beberapa artikel dengan tema atau topik yang sama yang sudah ada di Google. Jadi, artikel Anda terlihat orisinal dan berada di halaman pertama Google.

Perhatikan keseusaian informasinya

Tips selanjutnya untuk membuat guest post yang baik adalah dengan memperhatikan kesesuaian informasinya. Intinya adalah sebuah artikel yang selain memiliki tema atau topik yang menarik. Isi konten sesuai dengan apa yang diharapkan pembaca dan bukan hoax.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Karena ketika seseorang tertarik membaca artikel Anda, namun isi artikel Anda tidak seperti yang mereka harapkan. Sehingga hal ini akan dapat mempengaruhi kredibilitas blog anda. Oleh karena itu, harap perhatikan baik-baik poin ini.

Tips terakhir untuk membuat guest post adalah dengan menggunakan link yang tepat. Jika Anda ingin membuat link yang benar, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Dimulai dengan anchor text dan bahkan link yang mengarah ke blog Anda.

Anda harus dapat menggunakan kalimat anchor text alami dan tidak tampak seperti Anda harus berada dalam sebuah artikel. Kemudian, cocokkan link dengan konten halaman blog yang menjadi tujuan dari anchor text tersebut.

Manfaat Guest Post

Apa manfaat guest post?

Efek positif atau manfaat dari guest post. Guest post dapat bersifat mutualisme atau saling menguntungkan antara pemilik blog web dan penulis tamu.

Manfaat bagi pemilik blog web:

Berikut ini adalah manfaat yang bisa diperoleh bagi pemilik web blog dari guest post:

Menambahkan pembaruan ke artikel

Semakin sering artikel diperbarui dari web blog, semakin baik web blog tersebut. Semakin tinggi konten, semakin tinggi target pengunjung.

Meningkatkan Trafik

Semakin banyak Anda memposting di blog web, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan lalu lintas.

Meningkatkan penghasilan

Semakin banyak artikel akan meningkatkan traffic/pengunjung web blog. Peningkatan trafik umumnya berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan. Dengan kata-kata singkat; Meningkatkan traffic/pengunjung, meningkatkan pendapatan.

Manfaat untuk Penulis Tamu:

Tingkatkan merek

Menulis di blog orang seperti beriklan melalui blog orang, penulisnya akan lebih terkenal

Tautan balik dari posting / artikel juga dikenal sebagai tautan kontekstual, ini dianggap berkualitas tinggi oleh mesin pencari seperti Google. Backlink yang berkualitas tinggi sangat berguna untuk meningkatkan nilai web blog sehingga mendapat posisi (SERP) yang baik di mesin pencari.

Nilainya, katanya, 1 backlink berkualitas tinggi lebih dari 1000 backlink biasa. Di dunia nyata, Back-link ini seperti pendukung, orang-orang yang merekomendasikan.

Meningkatkan trafik

Dengan meningkatkan posisi web blog kita di search engine/mesin pencari maka trafiknya akan semakin tinggi. Juga, menulis di blog web orang akan menjadi sumber trafik untuk web.

Meningkatkan penghasilan

Peningkatan trafik berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan. semakin besar lalu lintas web kita semakin besar pendapatan.

Baca Juga