fbpx

7 Fungsi VPS untuk Tingkatkan Kinerja dan Kualitas Website

adalah sebuah teknologi virtual yang mana sumber daya dari fisik dapat terbagi menjadi beberapa bagian server virtual. Teknologi ini banyak digunakan oleh perusahaan besar sebagai tempat penyimpanan. Sebenarnya, apa sih fungsi VPS?

Secara umum, VPS sebenarnya tidak hanya untuk kepentingan perusahan yang berbasis saja. VPS bisa untuk FTP server, membuat sebuah server, dan masih banyak lagi.

Ada banyak fungsi lain VPS, terutama untuk meningkatkan kualitas website milik Anda. Apa saja?

7 Fungsi VPS dalam Meningkatkan Kualitas Website

fungsi VPS

Adapun fungsi dari VPS yang kerap dimanfaatkan oleh user dan bisa memberi Anda manfaat adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Efisiensi Green Platform 

Beberapa tahun terakhir, banyak orang yang membicarakan perihal ramah lingkungan. Nah, penggunaan VPS bisa menjadi salah satu cara efektif untuk  mewujudkan green platform ramah lingkungan.

Dengan teknologi VPS, jejak-jejak karbon akan berkurang dalam jumlah yang besar. Pasalnya, Anda akan memperoleh seluruh sumber daya jika memiliki server khusus. Dan ini berarti Anda satu-satunya yang bisa memanfaatkan keuntungan tersebut.

2. Membuat Kualitas Web Server Meningkat

Selanjutnya, fungsi VPS (Virtual Private Server) adalah untuk meningkatkan stabilitas web server. 

Ini yang membuat kualitas dari server web menjadi lebih baik dengan adanya teknologi VPS. Sebab, sangat jarang ada server yang hanya di-host dalam satu node saja.

Baca Juga :  Cara Menonaktikan Semua Plugin Tanpa Masuk Admin

3. Berperan Sebagai Sumber Daya Khusus

Sama seperti dedicated hosting, VPS juga berfungsi sebagai sumber daya khusus bagi sebuah website. Website akan memperoleh seluruh sumber daya yang ada di VPS.

Hal ini bisa terjadi karena jumlah CPU dan RAM pada VPS lebih banyak dari shared hosting. Dengan begitu, traffic tinggi bisa Anda peroleh saat mengoperasikan beberapa berkat adanya fungsi VPS yang satu ini.

4. Meningkatkan Kinerja Website

Tingkat kinerja sebuah website akan meningkat saat sebagian besar sumber daya terarah ke sana. Selain itu, daya pemrosesan dan kapasitas website pun akan meningkat. Ini membuat konten akan lebih cepat dimuat di pengunjung.

Dengan kondisi tersebut, tingkat konversi dan kunjungan pun menjadi lebih tinggi. Search Engine Result Page (SERP) juga mengalami peningkatan secara peringkat.

5. Sebagai Media Pelayanan ke Pelanggan

Fungsi lainnya yaitu berperan sebagai media pelayanan untuk pelanggan. Bagaimana maksudnya?

Saat terjadi masalah pada layanan hosting, VPS akan memiliki perwakilan layanan pelanggan. Ini akan membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang mengganggu. 

Selain itu, layanan ini juga akan memberi rekomendasi penawaran terbaik yang mendukung kebutuhan bisnis Anda.

6. Sebagai Server Remote Desktop

Dengan VPS, Anda bisa mengoperasikan komputer atau server secara remote. Ini berkat fungsinya yang berperan sebagai server remote desktop.

And juga bisa menjalankan bot/robot, spinner, mengunggah dan mengunduh file, menjalankan aplikasi forex secara remote. Kemampuan Anda dalam mengontrol server sudah tidak lagi terbatas pada lokasi tertentu saja.

7. Backup Server

Agar layanan selalu bisa berjalan dengan normal, Anda akan membutuhkan VPS. VPS memiliki fungsi untuk melakukan backup server yang meliputi surel, basis data, web, dan juga berkas.

Baca Juga :  Panduan Verifikasi Google Webmaster Tool dengan Lengkap

Seluruh layanan tersebut secara kondisi fisik berada pada logical yang berbeda. Dengan adanya backup server ini akan meminimalisir kehilangan data dan kerusakan.

Jadi, saat Anda membuat keputusan untuk membangun blog atau website untuk berbisnis, sebaiknya gunakan VPS. Dengan begitu, kinerja Anda dalam mengelola blog atau website akan sangat terbantu.

Selain itu, fungsi VPS juga sangat banyak. Tak hanya sebagai backup server, VPS juga berperan sebagai server remote desktop dan sumber daya khusus serta bisa membuat kualitas web meningkat. Anda bisa memanfaatkan layanan dewabiz untuk menyewa layanan VPS.