fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Fungsi Google My Business Untuk Bisnis Anda

Yanti puspita

Google my business adalah hal yang populer di dunia bisnis online saat ini, terutama jika Anda memiliki situs web. Apa fungsinya? Jika Anda pernah mencari toko atau lokasi secara online menggunakan mesin pencari Google dan menemukan berbagai nama toko di dalamnya, ini adalah jenis bisnis yang sudah terdaftar di Google My business.

Singkatnya, toko-toko yang Anda temukan telah mendaftarkan kehadirannya secara online. Apa saja langkah-langkahnya? langkahnya sangat sederhana, Anda hanya perlu mengunjungi halaman Google My business ini dan mendaftarkan jenis bisnis Anda di sana.

Tidak memiliki situs web? Tidak masalah, tapi masukkan nomor aktif yang bisa di hubungi. Google membantu bisnis agar lebih mudah di temukan di Internet. Portal ini juga di lengkapi dengan informasi lengkap tentang bisnis yang di lisensikan dari Google Bisnisku. Untuk informasi lengkap tentang Google My business, lihat ulasan berikut.

Apa Itu Google My Business?

GMB atau Google My business adalah fitur gratis yang sangat mudah di gunakan untuk pebisnis. Tujuannya adalah untuk mengelola kehadiran perusahaan Anda di portal Google dan Maps. Fitur ini memungkinkan suatu bidang usaha lebih di kenal oleh masyarakat.

Google membantu bisnis agar lebih mudah di temukan di Internet. Hal ini juga bertujuan sebagai media untuk branding bisnis yang mereka geluti. Biasanya, sebuah platform penjualan di lengkapi dengan berbagai informasi lengkap dan akurat tentang produk yang di jualnya.

Sebagai jantung dunia teknologi, Google selalu menerapkan inovasi tercanggih yang dapat memudahkan setiap penggunanya. Ini termasuk fitur Google My business. Jadi, bukan hanya media sosial yang bisa di jadikan forum bisnis. Google Bisnisku juga bisa menjadi referensi lain.

Fungsi Google My Business

Google My business adalah layanan gratis untuk pebisnis. Layanan ini di kembangkan oleh perusahaan Google, rilis awal sejak Juni 2014. Dengan membuat akun Google Bisnis, Anda dapat melihat dan menjangkau pelanggan, memposting pembaruan di profil bisnis Anda, berinteraksi dengan pelanggan, dan memungkinkan pelanggan menemukan lokasi bisnis Anda melalui situs web bisnis Anda di Google Maps.

Ada beberapa fungsi Google My Business atau Google Bisnisku untuk Anda para pebisnis dan konsumen diantaranya adalah sebagai berikut.

Tingkatkan visibilitas

Fungsi pertama Google My business adalah untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di Internet, terutama di semua layanan Google. Jadi, profil bisnis Anda bisa muncul di penelusuran Google, di Google Maps, di Google Belanja. Ini jelas merupakan keuntungan tersendiri bagi Anda, karena bisnis Anda akan di lihat lebih banyak orang di internet.

Mereka mungkin juga tertarik dan melakukan transaksi bisnis di toko Anda. Dengan meluncurkan halaman HootSuite, Google Bisnisku akan lebih baik di gunakan untuk toko fisik (toko offline). Jika Anda memiliki toko online, Anda dapat memanfaatkan alat Google lainnya, seperti Google Ads dan Google Analytics.

Promosikan bisnis

Fungsi Google My business selanjutnya adalah dapat di gunakan secara gratis sebagai tempat promosi bisnis. Dengan membuat profil bisnis di Google My business, Anda dapat memberi tahu lebih banyak orang tentang lokasi perusahaan Anda dan informasi lain yang terkait dengan bisnis Anda.

Dalam hal ini, promosi terutama di lakukan pada layanan Google lainnya, seperti Google Maps. Menurut data, ada lebih dari 1 miliar orang di dunia yang menggunakan layanan Google Maps. Nah, dengan Google My business, bisnis Anda juga berpeluang untuk di promosikan oleh aplikasi pemetaan digital populer ini.

Tidak hanya secara lokal, Google My business dapat mempromosikan toko fisik Anda secara global. Pelanggan akan lebih mudah untuk menemukan lokasi bisnis Anda.

Dapatkan pelanggan

Dengan berbagai keuntungan yang di peroleh dari Google MY business, Anda juga berpotensi mendapatkan lebih banyak pelanggan di toko. Selain itu, lokasi toko Anda dapat dengan mudah di temukan melalui layanan Google Maps. Jadi, siapa pun bisa menemukan toko Anda dengan cepat dan mudah.

Selain meningkatkan penjualan, Google MY business dapat membangun kredibilitas bisnis yang positif. Dengan informasi bisnis yang jelas, pelanggan akan lebih percaya diri dalam membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Tingkatkan peringkat mesin pencari Anda

Fungsi Google My business selanjutnya adalah meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Karena seperti yang Anda ketahui, Google adalah salah satu mesin pencari paling populer di dunia. Dengan memanfaatkan fitur-fiturnya, Google akan membantu bisnis Anda lebih mudah di temukan saat pelanggan mencarinya di Internet.

Selanjutnya, membuat profil Google My business juga dapat meningkatkan SEO lokal. Ini karena, khususnya, cantuman bisnis lokal lebih cenderung muncul saat orang menelusuri bisnis terdekat menggunakan peta Google mereka. Jadi, selain meningkatkan penjualan di toko fisik, SEO juga dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web toko online Anda.

Mendapatkan review pelanggan

Fungsi lain yang menguntungkan dari Google My business adalah Anda bisa mendapatkan ulasan pelanggan. Google My business menyediakan fitur ulasan, sehingga pelanggan yang mengunjungi toko Anda dapat memberikan pendapat jujur ​​mereka.

Ulasan pelanggan yang positif jelas dapat menguntungkan bisnis Anda, sehingga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dan menarik pelanggan baru. Anda juga dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui fungsi ulasan. Dengan cara ini, ulasan pelanggan dapat meningkatkan kesadaran merek bisnis Anda.

Cara Menggunakan Google My Business

Jadi bagaimana cara menggunakan Google My business untuk mendapatkan semua keuntungan di atas untuk bisnis? Berikut caranya:

Daftar untuk membuat akun

Jika Anda ingin menggunakan Google My business untuk keperluan bisnis, langkah pertama adalah mendaftarkan akun baru. Jangan khawatir, membuat akun di Google My business gratis. Anda juga dapat mengakses dan memperbarui kartu profil bisnis Anda kapan saja, di mana saja dengan aplikasi Google My business gratis untuk perangkat seluler, seperti Android dan iOS.

Isi informasi tentang bisnis secara lengkap

Setelah berhasil mendaftar sebagai akun bisnis baru, Anda perlu menambahkan beberapa informasi bisnis penting. Misalnya, nama bisnis, alamat bisnis, nomor telepon bisnis, jam buka bisnis. Anda juga dapat menambahkan foto kantor ke halaman profil Anda sebagai portofolio.

Verifikasi akun

Untuk mengaktifkan akun bisnis Google, Anda perlu memverifikasi akun. Setelah meninjau semua informasi tentang bisnis Anda dan memastikannya akurat, Anda siap memverifikasi diri Anda sebagai pemilik bisnis.

Anda dapat memverifikasi aktivitas Anda melalui email, pos, telepon, atau Google Search Console. Jika Anda memilih untuk memverifikasi bisnis Anda melalui pos, email, atau telepon, Google akan mengirimkan kode verifikasi kepada Anda.

Setelah menerima kode verifikasi, masukkan di profil Google My business milik Anda. Sementara itu, jika Anda memilih untuk memverifikasi bisnis Anda melalui pos, kode verifikasi akan tiba dalam waktu 14 hari melalui pengiriman pos.

Lakukan pembaruan rutin

Bahkan jika Anda sudah selesai membuat profil di Google My business, Anda harus tetap mengoptimalkan operasinya setiap saat. Misalnya terus update secara berkala. Oleh karena itu, jika ada perubahan pada bisnis Anda, seperti jam buka, lokasi, atau spesialisasi bisnis Anda, segera perbarui akun Google My business agar pelanggan mengetahui informasi penting ini.

Selain menjaga profil, Anda juga perlu memperhatikan interaksi pelanggan di bagian review. Pastikan Anda selalu menjawab pertanyaan dan ulasan pengguna. Dengan berinteraksi dengan komentator, bisnis Anda dapat membantu pelanggan yang sudah ada dan yang akan datang.

Membuat profil bisnis di Google My business adalah salah satu hal penting jika Anda menjalankan bisnis. Pasalnya, fitur Google My business gratis ini akan membantu bisnis Anda terlibat dengan audiens target Anda, serta memberikan informasi yang berguna kepada pelanggan saat ini dan calon pelanggan di masa mendatang.

Baca Juga