fbpx

Fungsi dan Keunggulan SSD Hosting Pada Website

Mempunyai website tentu sangat menguntungkan bagi seseorang. Bagaimana tidak, dengan adanya website ini tentu dapat mempermudah proses promosi pada bisnis yang dimiliki. Memang banyak pengusaha yang memanfaatkan ini sebagai media promosi bisnis. Komponen penting dalam website adalah hosting atau server.

Keduanya bertujuan agar web yang dimiliki bisa muncul di hasil pencarian teratas di halaman Google. Untuk menampilkan website di halaman teratas Google tentu dengan memasukkan kata kunci atau . Hal ini memang sangat memudahkan pengguna sehingga website yang dimiliki dapat dikunjungi banyak orang.

Apa Fungsi SSD?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pemilik website memang membutuhkan hosting untuk kebutuhan website. Karena sangat banyak fungsi yang dimiliki dari server tersebut. Namun, pengguna juga harus menyediakan sejumlah biaya  jika ingin menyewa SSD hosting ini. Sebagai acuan, berikut fungsi dari SSD hosting untuk sebuah website yang dimiliki:

1. Dijadikan Penyimpanan Data Website

Fungsi dari SSD ini memang dijadikan sebagai penyimpanan untuk website yang dimiliki oleh pengguna. Karena pada dasarnya, setiap website memang mempunyai banyak file. Itulah mengapa, setiap situs wajib memiliki hosting. Apalagi jika website yang dimiliki tersebut menyajikan beragam informasi tentang perusahaan atau bisnis, tentu membutuhkan penyimpanan banyak.

Inilah mengapa banyak yang menggunakan SSD hosting ini sebagai penyimpanan sebab tergolong sangat aman digunakan pada web. Selain itu, website juga akan diakses dengan secara luas di pencarian . Bahkan performa yang dimiliki oleh SSD hosting ini memang sangat canggih jika dibandingkan dengan hardisk yang juga mempunyai fungsi yang sama.

2. Mempunyai Performa yang Baik

Tidak hanya  berfungsi untuk menyimpan file saja dari website yang dimiliki. Manfaat lain yang dimiliki dari SSD hosting ini karena mempunyai performa yang sangat baik untuk digunakan. Performa yang dimiliki server ini tentu sangat cocok digunakan dalam mengakses data yang akan dibutuhkan nantinya untuk sebuah website.

Baca Juga :  Cara Membuat Website Sekolah Termudah

Dengan begitu, kinerja dari website pun dapat dijalankan dengan cepat dan tentunya jauh lebih efisien. Selain itu, sangat banyak aktivitas yang juga bisa dilakukan dengan performa terbaik ini seperti mentransfer file, mencari file, dan beragam aktivitas lainnya. Semua itu tentu dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pemilik web dengan kecepatan yang dimiliki.

3. Sebagai Media Penyimpanan yang Lebih Hemat Daya

Jika pengguna menggunakan HDD tentunya membuat pengguna rugi. Bagaimana tidak, pengguna bisa saja membutuhkan daya yang lebih banyak dibandingkan jika menggunakan SSD. Dengan menggunakan SSD, daya yang dibutuhkan tentunya lebih hemat sehingga tidak membutuhkan tenaga listrik yang banyak. Sifatnya juga ramah lingkungan dan efisien sehingga lebih diminati banyak pengguna.

Selain itu, tegangan listrik yang digunakan tentunya sangat sedikit sehingga tagihan tidak menumpuk. Olehnya itu, sangat banyak pemilik website yang menggunakan SSD hosting ini untuk kebutuhan website yang dimiliki. Harga yang dibutuhkan untuk memiliki server ini pun tidak terlalu besar.

Keunggulan SSD

Setelah mengetahui fungsi dari SSD ini tentu ada juga keunggulan yang dimilikinya. Dimana keunggulan yang dimiliki tersebutlah yang menjadikan banyak pemilik website menggunakan SSD tersebut. Lantas apa saja keunggulan yang dimiliki? Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Baca Juga Berikut : Sudah Tahu Apa yang Menjadi Perbedaan SSD dan HDD?

1. Proses Olah Data Menjadi Lebih Cepat

Keunggulan yang dimiliki oleh SSD ini yakni dapat mengolah data website dengan lebih cepat. Hal ini disebabkan  oleh teknologi yang diterapkan pada SSD sehingga membuat proses pengolahan data menjadi cepat. Memang berbeda jika pengguna hanya menggunakan hardisk biasa untuk kebutuhan website yang dimiliki.

Umumnya, hardisk biasa hanya menggunakan sistem piringan yang dinamakan CD. Lalu, yang akan mengakses data tentunya membutuhkan waktu beberapa lama untuk mencari data yang diinginkan. Berbeda dengan SSD yang mempunyai rangkaian IC dan bermanfaat untuk mempercepat proses pengolahan data pada website.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Wordpress Hosting

2. Daya Tahan Lebih Tangguh

Mengenai daya tahan yang dimiliki oleh SSD ini tentunya tidak dapat diragukan lagi. Bagaimana tidak, daya tahan dari SSD tersebut memang jauh lebih tangguh jika dibandingkan dengan lainnya. Ketahanan daya tersebut tentu dilatarbelakangi oleh adanya solid state drive yang dimiliki. Nantinya alat tersebut mempunyai cara yang sangat unik.

Bekerja menahan panas sehingga panas tersebut tidak akan dikeluarkan sama sekali. Dengan begitu, ketahanan dari SSD tentunya mempunyai jangka yang sangat lama saat digunakan oleh pemilik website. Bahkan dapat dikatakan jika menggunakan SSD ini jauh lebih hemat daya dengan 3 watt saja dan berbeda dengan hardisk.

3. Mendukung Optimasi SEO

Menariknya, SSD ini bisa mendukung optimasi teknik SEO sehingga bisa dimanfaatkan untuk optimasi web. Hal ini tentu membuat pengguna lebih memilih menggunakan SSD ini pada web hosting yang dimiliki. Tujuannya agar bisa meningkatkan performa yang ada pada sebuah website bisa muncul di halaman pertama Google. Dengan begitu, website akan berjalan dengan baik.

Selain itu, website dapat digunakan juga dengan lebih mudah dan tentunya lebih cepat untuk diakses oleh pengguna lain. Nantinya, pengguna juga bisa memperoleh poin plus yang diberikan oleh Google. Itulah sebabnya, SSD ini banyak dijadikan incaran bagi para pemilik website karena bisa membuat performa web lebih bagus.

Itulah penjelasan terkait dengan fungsi dan keunggulan yang dimiliki dari SSD untuk sebuah website hosting yang dimiliki. Memang tujuan menerapkan SSD ini untuk membuat performa website agar lebih berkualitas dan tinggi. Apalagi keunggulan dimiliki yang dapat mendukung optimasi dari .

Baca Juga Artikel Berikut : Fungsi dan Keunggulan SSD pada Web Hosting