fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Software

Filezilla Adalah: Berikut Fitur dan Cara menggunakannya

Yanti puspita

FileZilla adalah salah satu software klien FTP (FTP client) yang sangat populer dan banyak di gunakan oleh para pengembang, baik profesional maupun pemula. FileZilla gratis di gunakan karena bersifat open source dan cross-platform.

Namun FileZilla juga menyediakan versi Pro atau berbayar dengan fitur yang ditingkatkan. Software ini hadir untuk memudahkan pengguna dalam mengupload, mendownload dan mengelola file berbagai ukuran dari web hosting yang digunakan tanpa melalui control panel.

Setelah kamu mengetahui definisi filezilla. Maka selanjutnya kamu juga harus mengetahui fitur dan cara menggunakannya. Penasarankan apa saja fitur dan cara menggunakannya? Mari simak ulasan berikut, karena kami akan menjelaskan secara detail  tentang semuanya kepada para pembaca.

Fungsi dan Fitur Filezilla Adalah

Tak hanya terkenal dengan tampilannya yang ramah, FileZilla adalah software yang mendukung berbagai sistem operasi. Hal inilah yang membuat software ini populer pada kalangan klien FTP. Selain itu FileZilla juga memiliki berbagai fungsi dan fitur, antara lain:

Fitur FileZilla Site Manager

Fitur Site Manager filezilla adalah fitur yang membantu Anda mengelola dan membuat daftar situs FTP dan detail loginnya. Sederhananya, fitur ini untuk menghubungkan website ke Filezilla. Untuk melakukannya, cukup akses pengelola situs ini dengan menekan Ctrl + S untuk Windows atau CMD + S untuk Mac OS.

Message Log

Fungsi message log yang muncul di bagian atas jendela menampilkan keluaran tupe konsol. Log ini menunjukkan perintah yang di kirim oleh Filezilla dan respons yang diterima dari server.

File and Folder View

File and folder view menyediakan antarmuka grafis untuk FTP. Pengguna dapat menelusuri folder dan mengedit serta melihat isinya di komputer dan server lokal. Dengan menggunakan fitur ini, Anda juga dapat melakukan drag and drop untuk mentransfer file.

Transfer Queue

Transfer queue akan muncul di bagian bawah jendela. Fitur ini menunjukkan status real-time dari setiap antrian aktif atau transfer file.

Mempercepat Transfer File

Transfer file dari client ke server dapat di lakukan tanpa Filezilla. Tapi itu membutuhkan waktu yang lama. Di sinilah Filezilla hadir untuk mempercepat proses transfer file, yang mungkin tidak banyak berdampak pada proyek kecil.

Namun, ketika Anda mengerjakan proyek besar, kecepatan transfer file Filezilla berguna. Selain itu, Filezilla juga dapat menyediakan transfer file. Karena mentransfer file dari server ke klien dan sebaliknya merupakan proses yang sangat rentan.

Dukungan SFTP

Filezilla mendukung transfer file SFTP dan FTPS (FTP over SSL/TLS). Artinya Filezilla dapat di gunakan untuk mentransfer file menggunakan koneksi terenkripsi yang aman.

Mendukung Google Drive, One Drive, Amazon S3 Dropbox dll

Bagi pengguna Filezilla Pro, Anda dapat mentransfer file ke penyedia cloud yang di dukung. Pada saat ini Filezilla mendukung transfer file ke layanan penyimpanan file Google Drive, One Drive, Amazon S3, Dropbox, Microsoft Azure, Google Cloud Storage dll.

Dapat Menjalankan Beberapa Transfer Server Secara Bersamaan

Salah satu fitur favorit dari Filezilla adalah kemampuan untuk menjalankan banyak tab atau login dan terhubung ke beberapa server secara bersamaan. Namun tergantung kecepatan internet dan jumlah file yang di transfer. Untuk mengoptimalkan setiap proses, pengguna juga dapat membatasi jumlah koneksi server secara bersamaan dari menu server.

Koneksi Client Server

Inilah fungsi utama Filezilla dan mengapa seorang engineer harus menggunakan Filezilla. Meskipun praktis untuk menghubungkan klien dan server secara normal, cara ini sangat tidak efisien dan memakan waktu.

Namun dengan bantuan Filezilla, proses ini menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu Filezilla juga menyediakan GUI yang sangat sederhana bagi penggunanya, sehingga tidak perlu mengetikkan terlalu banyak perintah dan mengontrol semuanya melalui GUI yang ada.

Menyediakan GUI (Graphic User Interface)

Fungsi Filezilla adalah membuat hidup para engineerlebih mudah. Fitur yang sangat penting di sini adalah hadirnya graphic user interface. GUI ini memungkinkan pengguna mentransfer file dengan mudah.

Berbeda jika Anda tetap harus menggunakan baris perintah. Segala sesuatu di sana seperti teks dan pengguna harus mengetikkan setiap perintah. GUI-nya membuat tampilan menjadi lebih menyenangkan dan tentunya mudah di gunakan.

Cara Menggunakan Filezilla Adalah

Filezilla sangat mudah di gunakan, terutama jika Anda berpengalaman dan sering bekerja dengan koneksi client-server. Nah untuk memperjelasnya khususnya bagi Anda yang masih awam. Berikut ulasan singkat tentang cara menggunakan Filezilla adalah:

  1. Buat akun di cPanel melalui akun FTP
  2. Masukkan semua informasi yang di butuhkan dan masukkan unlimited pada kolom input
  3. Catat password akun FTP Anda karena akan selalu di gunakan saat menggunakan Filezilla di kemudian hari
  4. Kemudian klik tombol Buat Akun FTP
  5. Setelah membuat akun FTP, klik Siapkan klien FTP dan masukkan informasi koneksi FTP Anda seperti server FTP, port, dan nama pengguna
  6. Buka Filezilla untuk mulai terhubung ke server
  7. Anda dapat menggunakan site manager atau quick connect untuk membuat koneksi
  8. Jika Anda menggunakan Quick Connect, cukup klik Quick Connect dan masukkan semua informasi yang di perlukan sesuai dengan tanggal Anda membuat akun FTP lama Anda.
  9. Kemudian klik “Connect”
  10. Jika Anda menggunakan Site Manager, maka dapat mengklik File, lalu klik Site Manager
  11. Isi semua informasi yang di perlukan dan sambungkan

Menggunakan Filezilla adalah cara yang mudah untuk membuat koneksi client-server. Karena semuanya di lakukan dengan satu klik saja, tanpa memikirkan penggunaan perintah yang terkadang sulit di ingat dan kurang familiar bagi pemula.

Cara Menginstal Filezilla Adalah

Karena Filezilla adalah software gratis, maka Anda dapat langsung mengunduh dan menggunakannya. Untuk mengetahui cara instalasinya, langsung saja ikuti langkah-langkah yang kami bagikan di bawah ini:

  1. Silakan gunakan Filezilla sesuai sistem operasi Anda terlebih dahulu. Dalam cara ini, kami akan menggunakan sistem operasi Windows sebagai contoh.
  2. Setelah mengunduh, buka file dan klik “I Agree” di halaman pertama untuk menyetujui persyaratan Filezilla
  3. Klik tombol “Next” untuk setiap kotak dialog yang muncul pada layar untuk memulai proses instalasi. Tunggu beberapa saat hingga instalasi selesai.
  4. Setelah selesai, lalu klik tombol “Finish” untuk menutup dialog instalasi
  5. Buka aplikasi Filezilla yang sudah di install tadi
  6. Klik “OK” di jendela dialog yang muncul
  7. Filezilla siap di gunakan

Cara menginstal filezilla di atas merupakan cara yang umum di lakukan. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal instalasi jika menggunakan sistem operasi lain.

Kesimpulan

Menggunakan FileZilla adalah solusi mudah dan cepat untuk membuat koneksi antara klien dan server atau hosting. Jika Anda juga membutuhkan pengelolaan server yang lebih baik, maka menggunakan layanan ini adalah pilihan yang tepat.

Kami menawarkan berbagai layanan terkait server. Jika Anda membutuhkan dedicated server, cloud server, hosting atau bahkan domain, Anda dapat menghubungi kami langsung.

Demikian definisi filezilla, fitur, cara menggunakan dan cara menginstalnya yang bisa kami sampaikan. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda para pemakai FileZilla yang belum tahu secara keseluruhan cara menggunakannya.

Baca Juga