fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

5+ Fakta tentang Domain ID yang Menarik & Menguntungkan

Muhammad Rizqy

Pernah dengar istilah domain .id (dot id)? Ini merupakan Top Level Domain untuk region khusus Indonesia. Terdapat berbagai informasi menarik tentang domain ini, termasuk juga fakta tentang domain ID.

Eksistensi nama domain ID memang cukup menarik, apalagi untuk kita para pebisnis dan perusahaan yang pangsa pasarnya hanya terbatas di Indonesia. 

Fakta tentang Domain ID

Domain ID memiliki berbagai fakta yang menarik. Fakta tentang domain ID adalah:

1. Ramah dengan SEO

Semua pemilik website pasti berharap semua kontennya sudah sesuai dengan SEO dan akan mendapatkan peringkat teratas di kolom pencarian. Nah, domain ID sendiri cukup bersahabat dengan SEO.

Kenapa bisa begitu? Google sendiri akan cenderung mendeteksi website ccTLD dengan domain ID. Terutama dalam merelevansikan kata kunci tertentu terkait hal yang populer di Indonesia. 

Ini akan sangat membantu pemilik website yang hanya berfokus pada wilayah Indonesia saja. Sebab, dengan domain sekelas .com misalnya, persaingan untuk mendapatkan peringkat teratas sangat sulit.

2. Tersedia Nama Domain yang Melimpah

Sering kali calon pemilik website kesusahan dalam mencari nama domain yang tersedia untuk domain besar seperti .com. Sudah susah-susah mencari, eh ternyata sudah ada yang menggunakannya. 

Kasus demikian akan kecil kemungkinannya jika kita memanfaatkan domain ID. Kenapa? Sejauh ini, pengguna domain ID memang sedikit daripada beberapa domain besar lainnya.

Jadi, peluang kita untuk mendapatkan nama domain sesuai keinginan, atau setidaknya relevan dengan nama perusahaan jadi lebih besar. 

3. Memiliki Kecepatan Waktu Akses Website Lebih Tinggi

Waktu tunggu akses ke suatu website akan sangat berpengaruh pada lalu lintas pengunjung website. Semakin lambat website, tentu jumlah pengunjungnya akan semakin sedikit karena kebanyakan pengunjung kurang sabar menunggu loading.

Namun, dengan domain ID, potensi website lemot akan berkurang. Salah satu alasannya adalah karena DNS atau Domain Name Servernya berlokasi di Indonesia. Otomatis ini akan berpengaruh pada kecepatan akses website

Dengan begini, pengunjung website akan merasa nyaman tanpa harus menunggu. Secara tidak langsung, lalu lintas website juga ikut ramai.

4. Kredibilitas Website Meningkat

Salah satu syarat pembuatan domain ID terbaru adalah penyertaan data diri yang relevan, bahkan sesuai dengan kartu tanda pengenal KTP. Termasuk juga penggunaan dokumen-dokumen penting lainnya. 

Oleh karena itu, kemungkinan besar pemilik website untuk melakukan penipuan pada konten jadi lebih kecil. Secara tidak langsung, ini akan membantu meningkatkan kredibilitas website dan perusahaan itu sendiri. 

5. Keamanan Lebih Optimal

Karena penggunaan domain ini harus menyertakan dokumen tertentu termasuk kartu tanda pengenal KTP, tentu datanya akan tersimpan di PANDI atau Pengelola Nama Domain Internal Indonesia. 

PANDI sendiri juga sudah memberikan klaim jika penggunaan domain ID (.id) aman dari tindakan atau aktivitas yang berpotensi melawan hukum. Apabila terdapat pengguna atau pemilik website yang melakukan pelanggaran, bisa saja hak kepemilikannya akan gugur. 

Oleh karena itu, penggunaan domain ID bisa jadi lebih aman dan nyaman. Baik untuk pemilik maupun pengakses website dengan domain ID.

Selain kelima fakta di atas, ada juga fakta lain, yaitu regulasi yang jelas. Sebab, domain ini sudah memiliki legalitas hukum di Indonesia melalui surat peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 23 tahun 2013. 

Jadi, ada berbagai informasi menarik yang mendorong kita untuk lebih memilih penggunaan domain ID. Mulai dari regulasi jelas, keamanan yang terjamin, hingga lalu lintas yang lebih tinggi. 

Setelah mengetahui berbagai fakta tentang domain ID, apakah Anda tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut? Atau bahkan Anda ingin menggunakannya untuk domain perusahaan? Siap-siap Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari penggunaan domain ini.

Baca Juga