fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Mengenal Domain .Me, Benarkah Website jadi lebih Personal?

Muhammad Rizqy

Tahukah Anda? Ada ratusan jenis ekstensi domain yang bisa menjadi pilihan ketika akan membuat sebuah website. Salah satu yang cukup unik dan populer adalah domain .me ini.

Memang banyak orang lebih familiar dengan .com. Namun, kini sudah semakin sulit menemukan nama domain yang tersedia dengan ekstensi ini. Oleh karena itu, sebaiknya mari mengenal .me sebagai alternatif.

Pengertian Ekstensi .Me

Pada awalnya, domain .me adalah sebuah ccTLD (country code Top Level Domain) untuk negara Montenegro. Kemudian, pada perkembangannya ekstensi ini tersedia secara global dan untuk umum.

Hal ini sangat menguntungkan, karena ekstensi tersebut sangat ringkas, unik, dan memberikan kesan personalized. Pasalnya, kata ‘me’ seolah menggambarkan diri sendiri.

Artinya, pengunjung langsung tahu bahwa website yang menggunakan domain ini bertujuan untuk personal branding. Baik itu diri pribadi, maupun suatu bisnis.

Kelebihan Penggunaan Ekstensi .Me

Tentu saja, saat ini sudah ada ratusan ribu website yang menggunakannya. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan mereka, ketahui dahulu kelebihannya, berikut ini.

1. Unik dan Singkat

Kelebihan pertama langsung tampak pada namanya. Hanya terdiri dari dua kata, tentu akan sangat mudah mengingatnya. Orang akan mudah menghafal nama website, karena ekstensinya simpel.

Di samping itu, kedua huruf pada ekstensi tersebut membentuk kata berbahasa inggris yang artinya saya. Tentu ini sangat mendukung personal branding. Bayangkan jika ekstensi ini menjadi alamat email, tentu akan lebih terasa akrab.

2. Merupakan Domain TLD

Nyatanya, .me ini merupakan TLD. Artinya, tentu website yang menggunakannya akan mendapatkan kepercayaan lebih dari pengunjungnya. Sebagaimana kita tahu, top level domain memiliki kredibilitas lebih di mata pengguna internet.

Anda juga bisa menjadikan domain ini sebagai investasi. Pasalnya, banyak orang mencari TLD unik untuk situsnya. Jadi, jika menemukannya, segera beli untuk menjualnya kembali di kemudian hari.

3. Tergolong Domain Aman

Apakah domain .me aman? Bisa jadi pertanyaan ini muncul di benak Anda, mengingat ekstensi ini tidak seterkenal .com. Faktanya, tidak perlu khawatir terkait keamanan website yang menggunakannya.

Terdapat tim yang bekerja sepanjang waktu untuk memastikan keamanan domain ini. Mereka juga mendeteksi apabila ada penyalahgunaan website yang menggunakan ekstensi tersebut.

Artinya, kredibilitas domain akan selalu terjaga. Penggunanya tidak akan mendapat kerugian akibat aktivitas tidak baik, karena sudah terlindung.

Beberapa ekstensi yang kurang populer memang terkenal sebagai tempatnya spam dan hoax. Namun, hal ini tidak terjadi pada .me, karena kerja keras tim dalam menjaga reputasinya.

4. Tersedia secara Global

Meskipun awalnya merupakan ccTLD, tetapi saat ini .me tersedia secara global. Siapa pun bisa mendaftarkannya. Baik itu perusahaan maupun untuk keperluan personal. Saat ini pun ada beberapa bisnis besar yang sudah menggunakannya.

Keuntungan jika suatu domain tersedia secara global adalah peluang untuk lebih terkenal semakin tinggi. Website Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas, bahkan lintas negara.

Berbeda dengan domain country code umumnya. Biasanya mesin pencarian akan menyarankan website tersebut hanya pada pengunjung lokal, sesuai dengan wilayahnya. Jadi, ruang lingkupnya hanya negara itu saja.

5.    Domain .Me Murah

Satu lagi keunggulan domain ini adalah tersedia dengan harga terjangkau. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkannya. Jadi, untuk blog pribadi, tentu akan menjadi sangat hemat.

Anda bisa menggunakannya untuk membuat website yang menyajikan portofolio, berbagai opini, maupun apa saja yang mencerminkan diri. Nama domain yang terkesan personal akan sesuai untuk hal itu.

Setelah mengenal domain .me lebih dalam, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk memilikinya. Beberapa kelebihannya tersebut akan membuat website yang Anda bangun lebih personal.

Baca Juga